skip to main content

Penggunaan Instagram Sebagai Sarana Pemasaran: Studi Kasus Taman Baca Masyarakat Kolong Ciputat

*Umi Roikanah  -  Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia, Indonesia
Margareta Aulia Rachman scopus  -  Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia, Indonesia
Received: 18 Nov 2019; Revised: 3 Feb 2021; Accepted: 8 Mar 2021; Published: 30 Jun 2021.

Citation Format:
Abstract

Instagram tidak hanya digunakan masyarakat untuk berbagi foto dan video, melainkan juga untuk bisnis, pemasaran bahkan promosi perpustakaan. TBM Kolong Ciputat menggunakan Instagram sejak Januari 2017 dan per-September 2019 telah membagikan 829 posts foto dan video, telah mengikuti 1.258 akun, dan telah memiliki pengikut sebanyak 2.734 akun. Akun @tbmkolong aktif membagikan berbagai konten seperti kegiatan yang akan atau sudah berlangsung di TBM Kolong Ciputat. Untuk itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan Instagram di TBM Kolong Ciputat. Penelitian ini merupakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terhadap pengurus TBM Kolong Ciputat, pengunjung TBM Kolong Ciputat dan pengikut di akun Instagram @tbmkolong. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan Instagram sebagai pemasaran untuk sosialisasi, promosi, dan menyebarkan informasi mengenai kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh TBM Kolong Ciputat untuk masyarakat luas. Instagram @tbmkolong sudah menerapkan bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion).  Namun demikian, penggunaan Instagram ternyata tidak terlihat bermanfaat bagi warga sekitar khususnya anak-anak dan warga sekitar TBM karena warga sekitar dan anak-anak tidak memiliki akses pada internet dan mereka bukan pengguna Instagram.  Instagram hanya bermanfaat bagi TBM Kolong Ciputat sebagai media komunikasi dan eksistensi bagi pihak luar.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PEMASARAN: STUDI KASUS TAMAN BACA MASYARAKAT KOLONG CIPUTAT
Subject
Type Research Instrument
  Download (4MB)    Indexing metadata
Keywords: pemasaran perpustakaan; promosi perpustakaan, taman baca masyarakat

Article Metrics:

  1. Asri, T. M., & Megawati, F. (2018). Design and application of promotion through socialmedia (instagram) in the vocational reading room. Edulib, 8(2), 156–166
  2. Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita
  3. Bamigbola, A. A. (2013). Application of Marketing Strategies and Mix to Digital Information Services (DIS): Nigerian University Libraries Perspective. Library Philosophy and Practice (e-journal) , 961
  4. Belch, G. E., & Belch, M. A. (2015). Advertising and promotion: an integrated marketing communications perspective. United States: Mc Graw Hill Education
  5. Canty, N. (2012). Social media in libraries: it's like, complicated. Alexandria, 23(2), 41-54.
  6. Chowdury, G. G. (2008). Librarianship: an introduction. London: Facet Publishing
  7. Dhiman, A. K., & Sharma, H. (2009). Services Marketing Mix in Library and Information Centres. ICAL - Advocacy and Marketing , 456-460
  8. Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga
  9. Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing. England: Pearson
  10. Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
  11. Patil, S. K., & Pradhan, P. (2014). Library promotion practices and marketing of Library services: A role of Library professionals. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 133, 249-254
  12. Prasetyawan, A. (2019). Strategi Bauran Pemasaran Perpustakaan di Era Digital. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 3(1), 8-14
  13. Rachman, Y. B & Putri, D.A., (2018). Social media application in Indonesian academic libraries. Webology, 15(1), p.162. Available at: http://www.webology.org/2018/v15n1/a162.pdf
  14. Sharma, A. K., & Bhardwaj, S. (2009). Marketing and Promotion of Library Services. ICAL- Advocacy and Marketing, 461-466
  15. Sutarno, N. S. (2006). Manajemen Perpustakaan: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Sagung Seto
  16. Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi ketiga. Yogyakarta: ANDI

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-11-20 22:38:22

No citation recorded.