BibTex Citation Data :
@article{Lenpust26594, author = {Umi Roikanah and Margareta Rachman}, title = {Penggunaan Instagram Sebagai Sarana Pemasaran: Studi Kasus Taman Baca Masyarakat Kolong Ciputat}, journal = {Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan}, volume = {7}, number = {1}, year = {2021}, keywords = {pemasaran perpustakaan; promosi perpustakaan, taman baca masyarakat}, abstract = { Instagram tidak hanya digunakan masyarakat untuk berbagi foto dan video, melainkan juga untuk bisnis, pemasaran bahkan promosi perpustakaan. TBM Kolong Ciputat menggunakan Instagram sejak Januari 2017 dan per-September 2019 telah membagikan 829 posts foto dan video, telah mengikuti 1.258 akun, dan telah memiliki pengikut sebanyak 2.734 akun. Akun @tbmkolong aktif membagikan berbagai konten seperti kegiatan yang akan atau sudah berlangsung di TBM Kolong Ciputat. Untuk itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan Instagram di TBM Kolong Ciputat. Penelitian ini merupakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terhadap pengurus TBM Kolong Ciputat, pengunjung TBM Kolong Ciputat dan pengikut di akun Instagram @tbmkolong. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan Instagram sebagai pemasaran untuk sosialisasi, promosi, dan menyebarkan informasi mengenai kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh TBM Kolong Ciputat untuk masyarakat luas. Instagram @tbmkolong sudah menerapkan bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion). Namun demikian, penggunaan Instagram ternyata tidak terlihat bermanfaat bagi warga sekitar khususnya anak-anak dan warga sekitar TBM karena warga sekitar dan anak-anak tidak memiliki akses pada internet dan mereka bukan pengguna Instagram. Instagram hanya bermanfaat bagi TBM Kolong Ciputat sebagai media komunikasi dan eksistensi bagi pihak luar. }, issn = {2540-9638}, pages = {1--18} doi = {10.14710/lenpust.v7i1.26594}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/lpustaka/article/view/26594} }
Refworks Citation Data :
Instagram tidak hanya digunakan masyarakat untuk berbagi foto dan video, melainkan juga untuk bisnis, pemasaran bahkan promosi perpustakaan. TBM Kolong Ciputat menggunakan Instagram sejak Januari 2017 dan per-September 2019 telah membagikan 829 posts foto dan video, telah mengikuti 1.258 akun, dan telah memiliki pengikut sebanyak 2.734 akun. Akun @tbmkolong aktif membagikan berbagai konten seperti kegiatan yang akan atau sudah berlangsung di TBM Kolong Ciputat. Untuk itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan Instagram di TBM Kolong Ciputat. Penelitian ini merupakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terhadap pengurus TBM Kolong Ciputat, pengunjung TBM Kolong Ciputat dan pengikut di akun Instagram @tbmkolong. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan Instagram sebagai pemasaran untuk sosialisasi, promosi, dan menyebarkan informasi mengenai kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh TBM Kolong Ciputat untuk masyarakat luas. Instagram @tbmkolong sudah menerapkan bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion). Namun demikian, penggunaan Instagram ternyata tidak terlihat bermanfaat bagi warga sekitar khususnya anak-anak dan warga sekitar TBM karena warga sekitar dan anak-anak tidak memiliki akses pada internet dan mereka bukan pengguna Instagram. Instagram hanya bermanfaat bagi TBM Kolong Ciputat sebagai media komunikasi dan eksistensi bagi pihak luar.
Note: This article has supplementary file(s).
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-05 09:23:55
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan and Library Science Studies, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan and Library Science Studies, Universitas Diponegoro and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Agreement (CTA) Form can be downloaded here. The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail, scanned document:
Dr. Heriyanto (Editor-in-Chief)Editorial Office of Lentera PustakaLibrary Science, Universitas DiponegoroJl. Prof. Soedarto, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Central Java, Indonesia 50275Telp: +62-24-76480619Email: lenterapustaka@live.undip.ac.id