skip to main content

Sistem Tindakan Kepemimpinan Transaksional di Perpustakaan Ganesha Stembayo Yogyakarta

*Dwi Wijatiningsih  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
Labibah Zain  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
Received: 24 Jun 2020; Revised: 3 Mar 2021; Accepted: 12 Apr 2021; Published: 30 Jun 2021.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini berfokus pada sistem tindakan pada kepemimpinan transaksional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sistem tindakan yang ada pada kepemimpinan transaksional di Perpustakaan SMK N 2 Depok Sleman Yogyakarta atau lebih dikenal dengan Perpustakaan Stembayo Yogyakarta. Teori yang digunakan pada penelitian yaitu teori fungsionalisme struktural yang berfokus melahirkan sebuah teori sistem tindakan dengan empat tahapan yaitu; adaptation, goal, integrasi, latensi (AGIL) dan sebuah teori kepemimpinan transaksional dengan empat ciri yaitu; contigen reward, active management by exception, passive management by exception, laissez-faire. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan teknik pengambilan data wawancara tidak terstruktur, dan informan penelitian ini adalah Kepala Perpustakaan Ganesha Stembayo. Penelitian ini memiliki hasil temuan strategi agar staff perpustakaan mampu mencapai tujuan dari tugas yang diberikan. Strategi yang dilakukan antara lain memberikan motivasi, selalu mengingatkan untuk bekerja sesuai dengan tupoksi, staff perpustakaan diikutsertakan dalam pelatihan, memberikan reward sesuai prestasi kerja yang dicapai, dan diikut sertakan dalam kompetisi. Kepala Perpustakaan Ganesha Stembayo dalam pencapaian sistem hubungan memiliki strategi agar seluruh tugas yang diberikan kepada staff perpustakaan mencapai tujuan sesuai prosedur, dengan menerapkan plan-do-evaluate-followup (merencanakan-melaksanakan-evaluasi-tindak lanjut). Hasil lainnya menunjukkan bahwa seorang pemimpin dengan gaya transaksional berusaha menjadi mitra kerja ketika seorang staff perpustakaan tidak mampu mencapai tujuannya. Ini dilakukan dengan menunjukkan kesalahan dengan bahasa yang baik dan tidak bernada tinggi agar staff perpustakaan tidak merasa tertekan.

Fulltext View|Download
Keywords: sistem tindakan; kepemimpinan transaksional; sistem tindakan

Article Metrics:

  1. Bugin, B. (2011). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Universitas Airlangga Press
  2. Burhanudin, B., & Kurniawan, A. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transaksional dan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Bank BRI Purworejo. Coopetition. Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(1), 7-18
  3. Dewi, I. C., & Herachwati, N. (2010). Analisis Dampak Kepemimpinan Transaksional Dan Transformasional Terhadap Pembelajaran Organisasi Pada PT Bangun Satya Wacana Surabaya. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 3(3). https://doi.org/10.20473/jmtt.v3i3.2405
  4. James, O. (2013). Transformational vs. Transactional Leadership Theories: Evidence in Literature. International Review of Management and Business Reseacrch, 2(2), 355–361
  5. Kristina. (2015). Urgensi Kepemimpinan Transformatif bagi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Pustakaloka, 7(1), 55–78
  6. Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif (Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  7. Mullins, J., & Linehan, M. (2006). Are public libraries led or managed?. Library Review, 55(4), 237–248. https://doi.org/10.1108/00242530610660780
  8. Narang, A., & Kumar, J. (2016). Leadership Competencies for Librarians. International Journal of Library Science, 14(3), 30-40
  9. Ratnamiasih, I., & Warenih, W. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional pada Kinerja Pegawai Bappeda Kota Bandung. TRIKONOMIKA, 13(2), 119. https://doi.org/10.23969/trikonomika.v13i2.607
  10. Razak, Z. (2017). Perkembangan Teori Sosial: Menyongsong Era Post Modernisme. Jakarta: Balai Aksara
  11. Ritzer, G. (2012). Teori Sosiologi Modern (8 ed.). Jakarta: Predana Media
  12. Ritzer, G. (2018). Handbook Teori Sosial (3 ed.). Bandung: Nusa Media
  13. Robbins, S. (2010). Manajemen Edisi Kesepuluh (10 ed.). Jakarta: Erlangga
  14. Sarwono, J. (2011). Mixed Methods Cara Menggabungkan Riset Kuantitatif dan Riset Kualitatif Secara Benar. Jakarta: Elex Media Komputindo
  15. Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
  16. Susilawati, H. (2017). Fokus pengguna sebagai good service care di kantor perpustakaan dan arsip daerah kabupaten gunung kidul. IQRA: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 11(2), 78-94
  17. Yuki, G. (2010). Kepemimpinan dalam Organisasi (5 ed.). Jakarta: Indeks

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-25 00:52:07

No citation recorded.