skip to main content

Analisis Manajemen Pencitraan Pada Akun Instagram @rafflesia_membaca dalam Upaya Promosi Gerakan Literasi di Provinsi Bengkulu

*Alfiani Puspita  -  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bengkulu, Indonesia
Nurhayati Darubekti  -  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bengkulu, Indonesia
Fransiska Timoria Samosir  -  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bengkulu, Indonesia
Received: 16 Jan 2022; Revised: 13 Jun 2022; Accepted: 14 Jun 2022; Published: 29 Jun 2022.

Citation Format:
Abstract

Tingkat literasi masyarakat Provinsi Bengkulu masuk dalam kategori rendah yakni 37,41%. Hal tersebut dapat diatasi dengan meningkatkan citra dari gerakan literasi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Komunitas Rafflesia Membaca melakukan manajemen pencitraan merek digital melalui akun instagram @rafflesia_membaca dalam upaya promosi gerakan literasi di Provinsi Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif analitis dengan model analisis SOSTAC. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap lima informan, dokumentasi, dan kajian pustaka, serta menggunakan teknik triangulasi untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan manajemen pencitraan secara digital yang telah dilakukan Komunitas Rafflesia Membaca yakni analisis situasi, penentukan tujuan, penyusunan strategi, penentuan taktik, melakukan tindakan, dan kontrol. Akan tetapi, terdapat beberapa indikator yang tidak dilaksanakan yaitu penentuan waktu, perencanaan program dan pelatihan. Komunitas Rafflesia Membaca telah melakukan tahapan manajemen pencitraan secara digital yang sesuai dengan tahapan pada model SOSTAC. Hal ini dapat disimpulkan bahwa upaya pencitraan yang dilakukan melalui akun instagram @rafflesia_membaca mampu mempromosikan gerakan literasi di Provinsi Bengkulu dan menarik perhatian pengikut instagram di berbagai kalangan untuk mengikuti kegiatan literasi secara langsung.

Fulltext View|Download
Keywords: literasi; pencitraan merek digital; promosi

Article Metrics:

  1. Bäck, L., Ingman, E., Lalwani, D., Müller, M., Sørensen-, C., Bäck, L., Ingman, E., Lalwani, D., Müller, M., & Sørensen-behm, C. (2018). Digital Brand Management : A Company and Consumer Perspective. Arcada Working Papers, 1, 1–28. https://www.theseus.fi/handle/10024/141477
  2. Canty, N. (2012). Social media in libraries: it’s like, complicated. Alexandria, 23(2), 41-45.
  3. Chaffey, D., & Smith, P. (2008). eMarketing eXcellence: Planning and Optimizing Your Digital Marketing (3rd ed.). Elsevier ’ s Science & Technology Rights Department
  4. Hennig-Thurau, T., Malthouse, E. C., Friege, C., Gensler, S., Lobschat, L., Rangaswamy, A., & Skiera, B. (2010). The impact of new media on customer relationships. Journal of Service Research, 13(3), 311–330. https://doi.org/10.1177/1094670510375460
  5. Holt, D. (2016). Branding in the age of social media. Harvard Business Review, 2016(march), 1–11
  6. Jaiswal, A., & Upadhyay, P. (2018). Digital Branding – As Building of Consumer’s Experiences. SSRN Electronic Journal, 84–92. https://doi.org/10.2139/ssrn.3306559
  7. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34. In Mobile Devices: Tools and Technologies (Issue 2). https://doi.org/10.37438/jimp.v1i1.7
  8. Purbohastuti, A. . (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212–231
  9. Rahayu, A. (2015). Strategi Komunikasi Pemasaran Kota Solo Sebagai Destinasi Mice (Meeting, Incentive Trip, Conference, Exhibition). Universitas Sebelas Maret
  10. Smith, P. R. (2019). PR Smith’s SOSTAC - Guide To Your Perfect Digital Marketing Plan
  11. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta
  12. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
  13. We Are Social & Hootsuite. (2020). Indonesia Digital report 2020. Global Digital Insights, 247. https://doi.org/https://datareportal.com/reports/digital-2020-global-digital-overview
  14. Zuhri, M. A. M. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Library Based Community (Studi Kasus Komunitas Perpustakaan Jalanan Solo @Koperjas). Universitas Diponegoro

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.