BibTex Citation Data :
@article{Lenpust44801, author = {Rizqy Nasution and Retno Sayekti and Rina Devianty}, title = {Meningkatkan Pemanfaatan Institutional Repository Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan}, journal = {Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan}, volume = {8}, number = {2}, year = {2022}, keywords = {iain padangsidimpuan; institutional repository; perpustakaan universitas}, abstract = { Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan, kemampuan, faktor yang mempengaruhi serta hambatan yang dihadapi mahasiswa IAIN Padangsidimpuan dalam memanfaatkan Institutional Repository (IR). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa IAIN Padangsidimpuan lebih banyak mengetahui Institutional Repository (IR) dari Word of Mouth Communication daripada melalui kegiatan User education, ini berarti melalui Word of Mouth Communication ini efektif dalam menyampaikan informasi.Kemampuan mahasiswa IAIN Padangsidimpuan dalam memanfaatkan Institutional Repository (IR) adalah mampu dilihat dari pencarian informasi menggunakan pencarian spesifik lebih dominan menggunakan pencarian berdasarkan subyek dan divisi. Faktor yang mendorong mahasiswa IAIN Padangsidimpuan memanfaatkan Institutional Repository (IR) kemudahan dalam akses, efisien waktu, fitur-fitur yang mudah dipahami, memenuhi tugas kuliah, pandemi Covid-19 dan open access. Hambatan yang dihadapi mahasiswa IAIN Padangsidimpuan dalam memanfaatkan Institutional Repository (IR) yaitu repository yang tiba-tiba error, kuota/jaringan mahasiswa IAIN Padangsidimpuan. Dari temuan ini dapat diketahui bahwa perpustakaan terkhususnya perpustakaan perguruan tinggi harus lebih meningkatkan pelatihan, workshop yang kreatif dan inovasi tentang Institutional Repository. }, issn = {2540-9638}, pages = {109--122} doi = {10.14710/lenpust.v8i2.44801}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/lpustaka/article/view/44801} }
Refworks Citation Data :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan, kemampuan, faktor yang mempengaruhi serta hambatan yang dihadapi mahasiswa IAIN Padangsidimpuan dalam memanfaatkan Institutional Repository (IR). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa IAIN Padangsidimpuan lebih banyak mengetahui Institutional Repository (IR) dari Word of Mouth Communication daripada melalui kegiatan User education, ini berarti melalui Word of Mouth Communication ini efektif dalam menyampaikan informasi.Kemampuan mahasiswa IAIN Padangsidimpuan dalam memanfaatkan Institutional Repository (IR) adalah mampu dilihat dari pencarian informasi menggunakan pencarian spesifik lebih dominan menggunakan pencarian berdasarkan subyek dan divisi. Faktor yang mendorong mahasiswa IAIN Padangsidimpuan memanfaatkan Institutional Repository (IR) kemudahan dalam akses, efisien waktu, fitur-fitur yang mudah dipahami, memenuhi tugas kuliah, pandemi Covid-19 dan open access. Hambatan yang dihadapi mahasiswa IAIN Padangsidimpuan dalam memanfaatkan Institutional Repository (IR) yaitu repository yang tiba-tiba error, kuota/jaringan mahasiswa IAIN Padangsidimpuan. Dari temuan ini dapat diketahui bahwa perpustakaan terkhususnya perpustakaan perguruan tinggi harus lebih meningkatkan pelatihan, workshop yang kreatif dan inovasi tentang Institutional Repository.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2025-01-21 07:54:06
Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan by Universitas Diponegoro is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA).
4. The Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA) license allows re-distribution and re-use of a licensed work on the conditions that the creator is appropriately credited and that any derivative work is made available under "the same, similar or a compatible license”. Other than the conditions mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.