BibTex Citation Data :
@article{Lenpust49483, author = {Arja Kusuma and Darma Darma and Suci Sari}, title = {Analisis Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi di Perpustakaan Universitas Bangka Belitung Berdasarkan Engagement Rate, Impression dan Reach}, journal = {Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan}, volume = {9}, number = {2}, year = {2023}, keywords = {instagram; promosi perpustakaan; engagement rate, impresion; reach}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media sosial instagram sebagai media promosi di perpustakaan Universitas Bangka Belitung berdasarkan engagement rate , impression dan reach . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, data yang digunakan adalah data insight dari konten instagram yang dibatasi dari bulan Juli sampai dengan September 2022. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan persamaan engagement rate yang dikemukan oleh Mackenzie Taylor dan untuk meginterpretasikan data menggunakan engagement rate value range yang dikemukan oleh Amar. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas nilai engagement rate media sosial instagram sebagai media promosi berada pada level low engagement rate . Hal tersebut mengindikasikan tingkat keefektifitasan media sosial instagram sebagai media promosi masih rendah. Oleh karena itu, guna meningkatkan keefektifitasnya, dalam memposting konten yang memuat informasi penting seperti informasi tentang pengumuman, informasi tentang cara memanfaatan perpustakaan, informasi tentang jenis layanan di perpustakaan, perlu mempertimbangkan penggunaan tipe postingan reel , sedangkan untuk konten yang memuat informasi tentang dokumentasi kegiatan perpustakaan bisa mempertimbangkan penggunaan tipe postingan carousel , dan untuk konten yang memuat informasi tentang ucapan bisa mempertimbangkan penggunaan tipe postingan single image . }, issn = {2540-9638}, pages = {105--116} doi = {10.14710/lenpust.v9i2.49483}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/lpustaka/article/view/49483} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media sosial instagram sebagai media promosi di perpustakaan Universitas Bangka Belitung berdasarkan engagement rate, impression dan reach. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, data yang digunakan adalah data insight dari konten instagram yang dibatasi dari bulan Juli sampai dengan September 2022. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan persamaan engagement rate yang dikemukan oleh Mackenzie Taylor dan untuk meginterpretasikan data menggunakan engagement rate value range yang dikemukan oleh Amar. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas nilai engagement rate media sosial instagram sebagai media promosi berada pada level low engagement rate. Hal tersebut mengindikasikan tingkat keefektifitasan media sosial instagram sebagai media promosi masih rendah. Oleh karena itu, guna meningkatkan keefektifitasnya, dalam memposting konten yang memuat informasi penting seperti informasi tentang pengumuman, informasi tentang cara memanfaatan perpustakaan, informasi tentang jenis layanan di perpustakaan, perlu mempertimbangkan penggunaan tipe postingan reel, sedangkan untuk konten yang memuat informasi tentang dokumentasi kegiatan perpustakaan bisa mempertimbangkan penggunaan tipe postingan carousel, dan untuk konten yang memuat informasi tentang ucapan bisa mempertimbangkan penggunaan tipe postingan single image.
Note: This article has supplementary file(s).
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-03 20:25:33
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan and Library Science Studies, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan and Library Science Studies, Universitas Diponegoro and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Agreement (CTA) Form can be downloaded here. The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail, scanned document:
Dr. Heriyanto (Editor-in-Chief)Editorial Office of Lentera PustakaLibrary Science, Universitas DiponegoroJl. Prof. Soedarto, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Central Java, Indonesia 50275Telp: +62-24-76480619Email: lenterapustaka@live.undip.ac.id