BibTex Citation Data :
@article{Lenpust50212, author = {Ario Prakoso and Muhamad Prayogo}, title = {Pengaruh Motion Graphic di SMK 54 Jakarta terhadap Peningkatan Pemahaman tentang Perpustakaan}, journal = {Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan}, volume = {10}, number = {1}, year = {2024}, keywords = {perpustakaan sekolah; pendidikan pemakai; motion graphic}, abstract = { Penetapan Pandemi Covid-19 oleh pemerintah membuat banyak kegiatan yang gagal dilaksanakan. Salah satu contohnya yaitu kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) di SMKN 54 Jakarta pada tahun ajaran 2021-2022 tidak dapat terlaksana, sehingga mengakibatkan siswa tidak mendapatkan pendidikan pemakai perpustakaan. Dampaknya banyak siswa yang tidak tahu tentang koleksi, layanan, dan fasilitas yang ada di perpustakaan. Pada penelitian ini bertujuan untuk menarik minat siswa dan siswi untuk lebih mengenal perpustakaan di SMKN 54 Jakarta dengan cara menggunakan motion graphic . Selain itu juga sekaligus untuk melaksanakan pendidikan pemakai yang sempat tidak terealisasikan selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pre Eksperimen desain dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design . Hasil uji normalitas pre-test mendapatkan nilai sebesar 0,117 > 0,05, dan pada post-test mendapatkan nilai sebesar 1,131 > 0,05 hal ini menunjukkan bahwa seluruh data terdistribusi secara normal. Hasil yang diperoleh dari paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 pada taraf signifikan 5%. Hasil 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukkan adanya signifikansi positif yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima yakni adanya pengaruh motion graphic di SMKN 54 Jakarta terhadap peningkatan pemahaman tentang perpustakaan. }, issn = {2540-9638}, pages = {13--20} doi = {10.14710/lenpust.v10i1.50212}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/lpustaka/article/view/50212} }
Refworks Citation Data :
Penetapan Pandemi Covid-19 oleh pemerintah membuat banyak kegiatan yang gagal dilaksanakan. Salah satu contohnya yaitu kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) di SMKN 54 Jakarta pada tahun ajaran 2021-2022 tidak dapat terlaksana, sehingga mengakibatkan siswa tidak mendapatkan pendidikan pemakai perpustakaan. Dampaknya banyak siswa yang tidak tahu tentang koleksi, layanan, dan fasilitas yang ada di perpustakaan. Pada penelitian ini bertujuan untuk menarik minat siswa dan siswi untuk lebih mengenal perpustakaan di SMKN 54 Jakarta dengan cara menggunakan motion graphic. Selain itu juga sekaligus untuk melaksanakan pendidikan pemakai yang sempat tidak terealisasikan selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pre Eksperimen desain dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil uji normalitas pre-test mendapatkan nilai sebesar 0,117 > 0,05, dan pada post-test mendapatkan nilai sebesar 1,131 > 0,05 hal ini menunjukkan bahwa seluruh data terdistribusi secara normal. Hasil yang diperoleh dari paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 pada taraf signifikan 5%. Hasil 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukkan adanya signifikansi positif yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima yakni adanya pengaruh motion graphic di SMKN 54 Jakarta terhadap peningkatan pemahaman tentang perpustakaan.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-21 03:32:08
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan and Library Science Studies, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan and Library Science Studies, Universitas Diponegoro and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Agreement (CTA) Form can be downloaded here. The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail, scanned document:
Dr. Heriyanto (Editor-in-Chief)Editorial Office of Lentera PustakaLibrary Science, Universitas DiponegoroJl. Prof. Soedarto, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Central Java, Indonesia 50275Telp: +62-24-76480619Email: lenterapustaka@live.undip.ac.id