skip to main content

Pengembangan Display Pohon Berbasis QR Code dan Infografis Pada Arboretum INSTIPER Yogyakarta

Mochammad Riski Destrianto orcid  -  UPT Perpustakaan Pusat, INSTIPER Yogyakarta, Indonesia
*Helmi Afroda orcid  -  Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, INSTIPER Yogyakarta, Indonesia
Received: 7 Feb 2023; Revised: 14 Apr 2023; Accepted: 6 May 2023; Published: 15 Jul 2023.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengelolaan dan pembuatan produk kemas ulang informasi arboretum oleh Perpustakaan INSTIPER Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development (R&D), dengan tiga tahapan yaitu; 1. Analisis potensi dan masalah, 2. pengumpulan data, 3. pembuatan produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembuatan produk pengelolaan koleksi arboretum berbasis QR Code dan infografis pada Arboretum INSTIPER Yogyakarta. Penelitian ini menghasilkan langkah kerja dalam pengelolaan dan pengemasan koleksi arboretum di INSTIPER Yogyakarta. Workflow dalam pengembangan display pohon di arboretum tersebut memiliki 5 tahapan, yaitu: 1. identifikasi; 2. riset konten; 3. desain grafis; 4. display; 5. pembuatan katalog. Produk ini dapat diaplikasikan pada platform lain, seperti media sosial, website, LMS (learning management system), hingga media cetak. Produk ini juga multi kolaboratif, pustakawan bukan satu-satunya yang terlibat dalam produksi. Kegiatan ini menjadi ruang kolaborasi dengan elemen lainnya seperti mahasiswa, dosen, hingga pengelola arboretum. Selain itu, produksi yang mudah dan bebas biaya ini sangat cocok diimplementasikan oleh pengelola arboretum, perpustakaan atau lembaga dokumentasi lainnya dengan dana yang minim. Menimbang, bahwa di Indonesia masih ada lembaga dokumentasi baik independen atau milik pemerintah yang memiliki dana inovasi dan pengembangan terbatas.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Copyright Transfer Agreement
Copyright Transfer Agreement
Subject Supplementary File
Type Copyright Transfer Agreement
  Download (557KB)    Indexing metadata
Keywords: arboretum; kemas ulang informasi; infografis, qr code

Article Metrics:

  1. Abidin, A. (2022). Disparbud Buat Arboretum Digital, Pohon-pohon di Hutan Kota Trenggalek Bisa Dipelajari lewat QR Code [Berita Online]. Tribunjatim.com. https://jatim.tribunnews.com/2022/02/20/disparbud-buat-arboretum-digital-pohon-pohon-di-hutan-kota-trenggalek-bisa-dipelajari-lewat-qr-code
  2. Ahrenholz, S. L. (2022). Improving North Dakota’s Arboretum: Utilizing Liwing Museums to their Greatest Capacity [Thesis]. North Dakota State University
  3. Buckley, A. (2012). The Story of the Realia Collections at UT Austin: How Three-Dimensional Teaching Objects Can Intersect with Digital Libraries. Texas Conference on Digital Libraries Proceedings. 2012 Texas Conference on Digital Libraries (TCDL), Austin. https://tdl-ir.tdl.org/handle/2249.1/57157
  4. Davis, M., & Quinn, D. (2014). Visualizing Text: The New Literacy of Infographics. Reading Today; Newark, 31(3), 16–18
  5. Destrianto, M. R., & Afroda, H. (2022). Peran Blended Librarian dalam Produksi Infografis di Institut Pertanian STIPER Yogyakarta. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 6(2), 107–116. https://doi.org/10.14710/anuva.6.2.107-116
  6. Ellison, J. W., & Coty, P. A. (1987). Nonbook Media: Collection Management and User Services. American Library Association
  7. Gustiani, S. (2019). Research And Development (R&D) Method As A Model Design In Educational Research And Its Alternatives. Holistics Journal, 11(2)
  8. Harrington, M. C. R., Bledsoe, Z., Jones, C., James, M., & Pring, T. (2021). Designing a Virtual Arboretum as an Immersive, Multimodal, Interactive, Data Visualization Virtual Field Trip. Multimodal Technologies and Interaction, 5(18), 1–25. https://doi.org/doi.org/ 10.3390/mti5040018
  9. Hernández-Fernández, A., & Morera-Vidal, F. (2022). Infographics, a better medium than plain text for increasing knowledge. Grafica, 10(19), 23–40. https://doi.org/10.5565/rev/grafica.204
  10. Hidayat, W. N. (2020, April 15). Perbedaan antara Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Pengembangan (R&D) [Academic Blog]. Learning Inovation Research Group. http://wahyunur.blog.um.ac.id/perbedaan-antara-penelitian-kuantitatif-kualitatif-dan-pengembangan-rd/
  11. Instiper Yogyakarta. (2019). STAFEP (Stiper Techno Agro Forest Edu Park). Instiper Yogyakarta
  12. Koelsch, B. A. (2007). Research and Instructional Uses of Ephemera and Realia in Academic Library Archival Collections [University of North Carolina]. http://www.ils.unc.edu/MSpapers/3269.pdf
  13. Kunze, K. N., Vadhera, A., Purbey, R., Singh, H., Kazarian, G. S., & Chahla, J. (2021). Infographics Are More Effective at Increasing Social Media Attention in Comparison With Original Research Articles: An Altmetrics-Based Analysis. Arthroscopy: The Journal of Arthroscopic & Related Surgery: Official Publication of the Arthroscopy Association of North America and the International Arthroscopy Association, 37(8), 2591–2597. https://doi.org/10.1016/j.arthro.2021.03.056
  14. Kuzevanov, V. (2013). Botanic gardens and arboreta as ecological resources for sustainable development. Role of the Arboretum and Botanical Garden against Climate Change of the East Asia. International Symposium of the 10th Anniversary of Korea National Herbarium, Seoul. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.5036.9680
  15. Lazard, A., & Atkinson, L. (2015). Putting Environmental Infographics Center Stage: The Role of Visuals at the Elaboration Likelihood Model’s Critical Point of Persuasion. Science Communication, 37(1), 6–33. https://doi.org/10.1177/1075547014555997
  16. Lekitoo, K. (2016). Teknik identifikasi flora. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
  17. Link, J. (1973). The Arboretum’s Labels: A Valuable Teaching Aid. Arnoldia, 33(4), 239–244. JSTOR
  18. Lynch, D. A. (1978). Notes from The Arnold Arboretum: Labelling. Arnoldia, 38(2), 55–59. JSTOR
  19. Mugunga, C. P., Mindje, M., Cyuzuzo, H. A., Uwiringiyimana, J., & Mind’je, R. (2022). Tree Species Diversity in a Naturally Regenerated Secondary Forest in the Ruhande Arboretum, Rwanda. International Journal of Forestry Research, 2022, e9707130. https://doi.org/10.1155/2022/9707130
  20. Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan: Bidang Pendidikan dan Teknik. UNY Press
  21. Napolion, H., Sribudiani, E., & Arlita, T. (2015). Pemahaman Pengunjung Terhadap Arti dan Fungsi Arboretum Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Pertanian, 2(2). https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFAPERTA/article/view/8848/8515
  22. Nashihuddin, W., & Tupan, T. (2016). Manajemen Layanan Kemas Ulang Informasi Digital di PDII LIPI. Lentera Pustaka, 2(2), 95–107. https://doi.org/10.14710/lenpust.v2i2.13477
  23. Purnamaningrum, A. (2021). Arboretum untuk Green Campuss UIN Walisongo Semarang. Journal of Environmental Science Sustainable, 2(1), 25–34. https://doi.org/10.31331/envoist.v2i1.1679
  24. Rudi. (2022, Februari 2). Arboretum ITERA Terapkan Pendataan Pohon Secara Digital [Academic]. ITERA. https://www.itera.ac.id/arboretum-itera-terapkan-pendataan-pohon-secara-digital/
  25. Sinampu, R. C., Tinangon, A. J., & Takumansang, E. D. (2019). Arboretum Gallery Of Plants Di Taman Raya Hutan Gunung Tumpa (Outdoor—Enclusure). Jurnal Arsitektur DASENG, 8(1), 41–49. https://doi.org/10.35793/daseng.v8i1.24619
  26. Sriyati, T. (2019). Pemanfaatan Infografik oleh Perpustakaan di Indonesia. Media Pustakawan, 26(1), 19–26
  27. Sudarsono, B. (2017). Memahami Dokumentasi. Acarya Pustaka, 3(1), 47–65
  28. Sugeru, H. & Novrina. (2018). Sistem Informasi Pengenalan Wahana Agroecoedutourism Gunadarma Technopark Cikalong Berbasis Kode QR. Jurnal Pertanian Presisi (Journal of Precision Agriculture), 2(1), 35–50. https://doi.org/10.35760/jpp.2018.v2i1.2005
  29. Uriarte, F. A. (2008). Introduction to Knowledge Management: A brief introduction to the basic element of knowledge management for non-practicioners interested in understanding the subject. ASEAN Foundation. https://repository.unikom.ac.id/46971/1/knowledge_management_book.pdf
  30. Zorn, R. L. (2017). Coming in 2017: A New Generation of Graduate Students-The Z Generation. College and University; Washington, 92(1), 61–63

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-11-04 23:39:22

No citation recorded.