skip to main content

Analisis Manajemen Stres Kerja Pada Pengajar Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Padang Tahun 2020

Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Andalas, Padang, Indonesia

Received: 13 Jun 2021; Revised: 29 Jul 2021; Accepted: 29 Jul 2021; Published: 1 Aug 2021.
Open Access Copyright (c) 2021 MEDIA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

Latar belakang: Berdasarkan survey profesi guru/ pengajar merupakan salah satu profesi dengan tingkat stres paling besar, apalagi seorang pengajar SLB yang memikul beban kerja yang tidak ringan. Pengajar menyatakan sering merasa cemas, sakit kepala, dan gejala lainnya karena pekerjaannya sehingga hal tersebut dapat memperngaruhi pekerjaan apabila tidak dikelola dengan baik Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kejadian stres dan manajemen stres kerja pada pengajar SLB. 

Metode: Penelitian menggunakan teknik kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian dilakukan di SLBN 1 Padang bulan Januari - April 2020 melalui wawancara mendalam dengan 7 informan. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis isi dan triangulasi sumber dan metode.  

Hasil: Menunjukan adanya gejala stres kerja pengajar seperti, pusing, kelelahan, sering melamun yang disebabkan oleh faktor beban kerja, keterbatasan dan tingkah laku anak didik (faktor pekerjaan) dan waktu kerja yang terlalu lama (faktor non-pekerjaan).  

Simpulan: Pengelolaan stres kerja dengan pendekatan individu yaitu sharring, pengelolaan waktu, menegur bagi anak yang tidak bisa patuh, dan selebihnya memilih untuk diam. Pendekatan organisasi seperti meningkatkan komunikasi pengajar dalam organisasi, dan adanya bentuk dukungan sosial. Manajemen stres sangat membantu dalam pengelolaan stres kerja bagi pengajar di SLB Negeri 1 Padang. Sehingga perlu dipahami oleh para pengajar agar tidak terjadi penurunan potensi kinerja.


ABSTRACT

Title: Analysis of Work Stress Management in Teachers of Public Extraordinary Schools 1 Padang in 2020

Background: A teacher sometime feels anxious, dizziness, and other symptoms because of their work so that it could affect the job if it was not managed properly. This study aims to analyze the incidence of stress and work stress management of teachers in special school.

Method: This research used qualitative techniques with a phenomenological approach. The research was conducted at Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Padang from January to April 2020 through in-depth interviews with 7 informants. The informants were selected by the purposive sampling technique. Data analysis was performed by content analysis and triangulation of sources and methods.

Result: The result of this study showed that there were symptoms of teacher work stress such as dizziness, fatigue, frequent daydreaming caused by workload factors, limitations and student behavior (work factors), and too long working time (non-work factors).

Conclusion: The management of work stress with an individual approach, namely sharing, time management, reprimanding children who cannot obey, and the rest choose to remain silent. Organizational approaches such as improving teacher communication within organizations, and the existence of forms of social support. Stress management is very helpful in managing work stress for teachers at Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Padang. So, it needs to be understood by the teachers that there is no decrease in potential performance.

Keywords: Extraordinary Schools, Job stress, Stress Management, Students, Teacher


Fulltext View|Download
Keywords: Manajemen Stres; Pengajar; Sekolah Luar Biasa; Siswa; Stres kerja

Article Metrics:

  1. Akbar,AD 2017, ’Konflik peran ganda karyawan wanita dan stress kerja’, Jurnal. vol.12, no.1
  2. Dadang,H 2001. Manajemen stress cemas dan depresi. FKUI, Jakarta
  3. Duri,K & Chlarasinta 2015. Hubungan antara kecerdasan emosi dengan stres Akademik Mahasiswa fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi
  4. Ega,SF 2016, Stres kerja pada karyawan yang menangani Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Asrama Autis-Hiperaktif Arogya Mitra Klate, Skripsi
  5. Elisabeth,S & Lukito,J 2018, ‘Peran dukungan sosial keluarga, atasan, dan rekan kerja terhadap Resilient Self-Efficacy guru Sekolah Luar Biasa’, Jurnal. Vol.45 No.1
  6. Esthi,R & Hadriami,E 2015. ‘Stres dan sense of humor pada guru SLB C’. Jurnal, vol.14, no.2
  7. Fandi,M et.al 2017, ‘Hubungan antara tingkat stres dengan beban kerja guru di Sekolah Luar Biasa’, Jurnal. vol.5, no.2
  8. Juarsa 2017, Manajemen stres kerja guru di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu, Thesis
  9. Kementerian Kesehatan RI. 2014 tentang disabilitas
  10. Marihot,T 2009, Manajemen sumber daya manusia, PT Gramedi Widiasarana Indo, Jakarta
  11. Mayga,Y et.al 2018. ‘Hubungan antara motivasi dan manajemen stres dengan stres kerja pada guru SMA Santo Yakobus Jakarta’, Jurnal, vol.5, no.2
  12. Peraturan Pemerintah RI Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru
  13. Pradipta, S 2014, Manajemen pikiran untuk mengatasi stress depresi, Araska, Yogyakarta
  14. Rifka,A & Rauzatul,S 2018, ‘Tingkat stress dan mekanisme koping pada guru dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus’, Jurnal, vol. 3 no. 4
  15. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) tahun 2013
  16. Sabarudin, et.al. 2015, ‘Manajemen Sumber Daya manusia Sekolah Luar Biasa (SLB) Insan Madani Metro’. Jurnal, vol.1, no.1
  17. Sarafino 2010, Aspek-aspek tentang stres pada karyawan. FKUI, Jakarta
  18. Undang-Undang Dasar RI 1945 tentang pendidikan dan kebudayaan
  19. Widyawati,Y & Felicia 2017, ‘The description of teachers’ stressor and manifestation of special needs teachers in inclusive and special schools in Jakarta’, Journal, vol.1, no.1

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-11-15 11:06:25

No citation recorded.