skip to main content

Pengaruh Pandemi COVID-19 terhadap Tingkat Stres Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring

*Almufarid Fauzi  -  Fakultas Kedokteran, Universitas Abulyatama, Banda Aceh|Universitas Abulyatama, Indonesia
Mursyida Mursyida  -  Fakultas Kedokteran, Universitas Abulyatama, Banda Aceh|Universitas Abulyatama, Indonesia
Khatab Khatab  -  Fakultas Kedokteran, Universitas Abulyatama, Banda Aceh|Universitas Abulyatama, Indonesia
Elmiyati Elmiyati  -  Fakultas Kedokteran, Universitas Abulyatama, Banda Aceh|Universitas Abulyatama, Indonesia
Open Access Copyright 2023 MEDIA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

Latar belakang: Pandemi COVID-19 memberikan dampak pada berbagai kehidupan salah satunya yaitu pendidikan dengan diberlakukannya pembelajaran daring. Pemberlakuan pembelajaran daring yang secara tiba tiba menuntun mahasiswa berdaptasi dengan cepat terhadap metode belajar yang berbeda dengan sebelumnya. Perubahan terhadap metode daring ini dapat menimbulkan stres bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Abulyatama. Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh tingkat stres terhadap mahasiswa kuliah daring. Tujuan dari penelitiam ini adalah untuk mengetahui Pengaruh tingkat stres pada mahasiswa kuliah daring pada mahasiswa Abulyatama selama pandemi COVID-19.

Metode: Jenis desain penelitian ini Cross Sectional retrsopektif, dengan responden 92 mahasiswa kedokteran Universitas Abulyatama dengan teknik pengambilan sampel total sampling yaitu jumlah sampel dengan populasi sampel sama  sebanyak 92 mahasiswa, pada penelitian ini menggunakan kueisoner Depresi Anxiety Stres Scale (DASS-42). Penelitian ini dilakukan pada bulan november 2022 hingga januari 2023.

Hasil: Hasil penelitian terhadap tingkat stres pada mahasiswa Abulyatama sebagian besar tidak mengalami stres yaitu normal 71 orang dengan presentase (77,2%), stres sedang 10 orang dengan presentase (10,9%), stres ringan 8 orang dengan presentase (8,7%), stres parah 2 orang dengan presentase (2,2%) dan yang mengalami stres sangat parah 1 orang dengan presentase (1,1%).

Simpulan: Dapat disimpulkan bahwasanya mahasiswa kedokteran abulyatama tidak berpengaruh terhadap pembelajaran daring pada massa COVID 19, sehingga pada angkatan atas sudah bisa beradaptasi dengan metode pembelajaran daring, yang dimana pada mahasiswa kedokteran Universitas Abulyatama pada angkatan 2019 tidak menimbulkan stres pada saat melaksanakan kuliah daring sehingga perkuliahan daring ini efektif dilaksanakan pada angkatan 2019.

Kata kunci: pandemi COVID-19; pembelajaran daring; tingkat stres

 

Title: The Influence of The COVID-19 Pandemic on Students' Stress Levels in Carrying Out Online Lectures

Background: The COVID-19 pandemic has had an impact on various lives, one of which is education by implementing online learning. The introduction of online learning suddenly led students to adapt quickly to learning methods that were different from before. This change to the online method can cause stres for Abulyatama Medical Faculty students. Therefore researchers conducted research to determine the effect of stres levels on online college students. To find out the effect of stress levels on online lecture students on Abulyatama students during the COVID-19 pandemic.

Method: This type of research design was cross-sectional retrospective, with 92 medical students at Abulyatama University as respondents with a total sampling technique, namely the number of samples with the same sample population of 92 students, in this study using the Depression Anxiety Stress Scale questionnaire (DASS-42). This research was conducted from November 2022 to January 2023.

Result: The results of the research on stress levels in Abulyatama students mostly did not experience stress, namely normal 71 people with a percentage (77,2%), 10 people who were moderately stressed with a percentage (10,9%) , 8 people who were mildly stressed with a percentage(8,7%), 2 people who were severely stressed with a percentage (2,2%) and 1 person who was experiencing very severe stress with a percentage (1,1%).

Conclusion: It can be concluded that Abulyatama medical students have no effect on online learning in the mass of COVID 19, so that upperclassmen have been able to adapt to online learning methods, which medical students at Abulyatama University in class of 2019 do not cause stress when carrying out online lectures so that lectures This online program is effectively carried out in the 2019 batch.

Keywords: COVID-19 pandemic; online learning; stres level

Fulltext View|Download
Keywords: pandemi COVID-19; pembelajaran daring; tingkat stres

Article Metrics:

  1. Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia.; 2021
  2. Patimah S. Manajemen Stres Perspektif Pendidikan Islam.; 2016
  3. Hamsy LA, Ghozali. Literature Review Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Stress Pada Remaja. 2022;3(2):1962-1971
  4. Daring PP, Akademik S, Selama M, Andiarna F. Effects of Online Learning on Student Academic Stress During the Covid-19 Pandemic. Published online 2020:139-150
  5. Rinaldi MR, Hardika J, Mercu U, et al. Psikoedukasi Antisipasi Stres Akademik di Masa Pandemi COVID-19 melalui Seminar Daring. 2022;3(3):230-238
  6. Pertiwi ST, Moeliono MF, Kendhawati L. Depresi, Kecemasan, dan Stres Remaja selama Pandemi Covid-19. J Al-AZHAR Indones SERI Hum. 2021;6(2):72
  7. Gaite G, Ingkiriwang E, Tania E. Gambaran Tingkat Stress, Kecemasan dan Depresi Mahasiswa saat Adaptasi Tahun Kedua Pandemi COVID-19. J Kedokt Meditek. 2022;28(3):289-294
  8. Fadjriyaty T, Samaria D. Hubungan Tingkat Stres Dan Aktivitas Fisik Dengan Dismenorea Di Masa Pandemi Covid-19. J Ilm Kesehat Keperawatan. 2021;17(3):208. doi:
  9. Ramadhany A, Firdausi AZ, Karyani U. Stres Pada Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. J Psikol Insight. 2021;5(2):65-71
  10. Indah Novitasari I. Gambaran Tingkat Stress Mahasiswa Profesi Ners Universitas Kusuma Husada Surakarta Selama Study From Home (SFH) Selama Di Masa Pandemi Covid-19. 2020;46

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-27 21:31:26

No citation recorded.