skip to main content

Faktor yang Berhubungan dengan Emotional Eating Pada Mahasiswa di Semarang

*Adya Fathma Irzanti  -  Bagian Peminatan Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang|Universitas Diponegoro, Indonesia
Besar Tirto Husodo  -  Bagian Peminatan Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang|Universitas Diponegoro, Indonesia
Aditya Kusumawati  -  Bagian Peminatan Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang|Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2023 MEDIA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

Latar belakang: Emotional eating merupakan kegiatan yang dilakukan seseorang dalam mengonsumsi makanan maupun minuman secara berlebihan yang dipicu oleh emosi yang sedang dirasakan dari seseorang tersebut, namun emotional eating mempunyai dampak negatif baik jangka pendek maupun panjang terhadap kesehatan individu. Mahasiswa termasuk pada tahapan usia remaja akhir yang masih terjadinya fluktuasi emosi sehingga mahasiswa berisiko emotional eating. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan karakteristik responden (usia, jenis kelamin, tahun masuk perkuliahan), pengetahuan, sikap, self efficacy, akses pembelian makanan, lingkungan sosial, pola makan keluarga, media, iklan dengan emotional eating pada mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif sebanyak 284 responden dengan metode propotional random sampling sesuai dengan kriteria sampel penelitian. Penelitian dilakukan dari bulan Maret sampai September 2023. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu pengisian lembar kuesioner serta data sekunder yaitu buku, artikel ilmiah, e-journal, dan e-book yang berkaitan dengan emotional eating. Data penelitian dilakukan uji normalitas dan uji chi square untuk mengetahui hubungan antar variabel.

Hasil: Hasil uji statistik chi square menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tahun masuk perkuliahan (angkatan) dengan p-value 0.001, sikap dengan p-value 0.000, lingkungan sosial dengan p-value 0.000, media dengan p-value 0.004, dan iklan dengan p-value 0.036 terhadap emotional eating. Kemudian, variabel usia, jenis kelamin, pengetahuan, self-efficacy, akses pembelian makanan, serta pola makan keluarga tidak berhubungan terhadap emotional eating pada mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro.

Simpulan: Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel tahun masuk perkuliahan (angkatan), sikap, lingkungan sosial, media, dan iklan berhubungan terhadap perilaku emotional eating pada mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro.

Kata kunci: emotional eating; perilaku makan; mahasiswa

 

Title: Factors Related to Emotional Eating among Students in Semarang

Background: Emotional eating is an activity carried out by a person in consuming excessive food and drinks triggered by the emotions that are being felt, but emotional eating has a negative impact both short and long term on individual health. Students are included in the late adolescent stage which still has emotional fluctuations so that students are at risk of emotional eating. The purpose of this study was to analyze the relationship between respondent characteristics (age, gender, year of entering college), knowledge, attitudes, self-efficacy, access to food purchases, social environment, family diets, media, advertising with emotional eating in students of the Faculty of Public Health, Universitas Diponegoro.

Method: In accordance with the research sample criteria, 284 respondents were selected using a proportional random sampling technique for this quantitative study. The investigation was carried out between March and September of 2023. This study employed a combination of primary and secondary data sources, including questionnaires, scientific articles, books, e-journals, and e-books pertaining to the topic of emotional eating. The normality of the research data was assessed, and the chi-square test was utilized to ascertain the association between variables.

Result: Based on the findings of the chi-square statistical test, it can be concluded that there exists a significant inverse relationship (p < 0.001) between year of college enrollment (class) and the variables of attitude (0.000), social environment (0.004), media (0.004), and advertising (0.036) with respect to emotional eating. Then, there was no significant relationship between emotional eating and the following variables: family eating patterns, age, gender, knowledge, self-efficacy, or access to food purchases at the Faculty of Public Health, Diponegoro University.

Conclusion: This study found that Diponegoro University Faculty of Public Health students' emotional eating behavior is linked to class year, attitude, social environment, media, and advertising.

Keywords: emotional eating; eating behavior; students

Fulltext View|Download
Keywords: emotional eating; perilaku makan; mahasiswa

Article Metrics:

  1. Rifani DA, Rahadi DR. Ketidakstabilan Emosi dan Mood Masyarakat Dimasa Pandemi Covid-19. J Manaj Bisnis. 2021;18(1):22–34
  2. Ganley RM. Emotion and eating in obesity: A review of the literature. Int J Eat Disord. 1989;8(3):343–61
  3. Tittandi NA. Persepsi Remaja Terhadap Perilaku Emotional Eating. J Psikol Udayana. 2022;9(1):33
  4. Drescher LS and JH. Food Choices under Stress: Considering Internet Usage and Social Support Larissa. J Gender, Agric Food Secur. 2011;1(3):1–22
  5. Salsabiela AS, Putra WKY. Emotional Eating among Final Year Undergraduate Female Students of Faculty of Public Health Universitas Indonesia During COVID-19 Pandemic in 2021. Indones J Public Heal Nutr. 2022;2(2):1–12
  6. Rizkyta DP, N NAF. Hubungan Antara Persepsi Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan Dan Kematangan Emosi Pada Remaja. J Psikol Pendidik dan Perkemb. 2019;8:10–20
  7. Astiti E, Rahmawati EI, Nur’aini S. Hubungan Antara Strategi Coping Kecemasan Pada Mahasiswa Baru di Universitas Muhammadiyah Jember. 2014
  8. Yunita R F, Priyanti D. Gambaran Emotional Eating Pada Mahasiswa Pengguna Aplikasi GO-FOOD Di Jakarta. Inq J Ilm Psikol. 2019;10(2):104–18
  9. Ratih D, Ruhana A, Astuti N, Bahar A. Alasan Pemilihan Makanan dan Kebiasaan Mengkonsumsi Makanan Sehat pada Mahasiswa UNESA Ketintang. J Tata Boga. 2022;11(1):22–32
  10. Saufika A, Retnaningsih, Alfiasari. Gaya Hidup dan Kebiasaan Makan Mahasiswa. J Ilmu Kel dan Konsum. 2012;5:157–65
  11. Trimawati, Wakhid A. Studi Deskriptif Perilaku Emotional Eating Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi di Universitas Ngudi Waluyo Ungaran. J Smart Keperawatan. 2018;5(1):52
  12. Sumartini E, Ningrum A. Gambaran Perilaku Makan Remaja. J Ilm Kesehat Keris Husada. 2022;6(1):46–59
  13. Bandura A. Social-Learning Theory of Identificatory Processes. Vol. 213, Handbook of socialization theory and research. 1969. p. 262
  14. Artadini GM, Simanungkalit SF, Wahyuningsih U. The Relationship Between Eating Habits, Social Media Exposure and Peers With Nutritional Status of Nutrition Students at UPN Veteran Jakarta. JGK. 2022;14(2):317–29
  15. Prasiwi RI. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Makan Pada Remaja Di SMPN 115 Jakarta Selatan Tahun 2012. Fak Kesehat Masyarakat, Progr Stud Gizi Univ Indones. 2012;1–120
  16. Shavira D. Hubungan Emotional Eating Dengan Tingkat Stres, Stresor Perkuliahan, Status Gizi dan Faktor Lainnya Pada Mahasiswi S1 Reguler FKM UI Tahun 2020. Universitas Indonesia. 2020
  17. Yusniar AS, Noerfitri N. Hubungan Body Image dan Pengetahuan Gizi dengan Perilaku Makan Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19 di Stikes Mitra Keluarga. Nutr J Gizi, Pangan dan Apl. 2022;6(1):35–46
  18. Wijaya UL, Widjanarko B, Indraswari R. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Makan Berisiko Gizi Lebih Pada Remaja Sma Di Kota Semarang. J Kesehat Masy. 2020;8(3):426–31
  19. Sarini IL. Hubungan Tingkat Stres dengan Perilaku Makan Mahasiswa FIK UI Saat Menjalani Praktik Klinik di Rumah Sakit. 2018
  20. Yuliyanti A. Hubungan Efikasi Diri Untuk Mengatur Kebiasaan Makan Dengan Perilaku Makan Sehat Pada Mahasiswa Perantauan. Universitas Brawijaya; 2019
  21. Feist J, Feist GJ. Theory of Personality. McGraw-Hill. 2008. 1–642 p
  22. Jauziyah ASS, Nuryanti, Tsnai AF, Purwanti R. Pengetahuan dan Cara Mendapatkan Makanan Berhubungan dengan Kebiasaan Makan Mahasiswa Universitas Diponegoro. J Nutr Coll. 2021;10:72–81
  23. Kustanti CY, Gori M. Studi Kualitatif Perilaku Emotional Eating Mahasiswa Tingkat IV Program Studi Sarjana Keperawatan Di Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2018. J Kesehat. 2019;6(2):88–98
  24. Setiawan A. Belajar Dan Pembelajaran Tujuan Belajar Dan Pembelajaran. Vol. 09, Uwais Inspirasi Indonesia. 2019. 193–210 p
  25. Muharni M, Hasfourni, Ryanti S. Perbedaan Pola Makan, Aktivitas Fisik Dan Status Gizi Antara Mahasiswa Indekos Dan Tidak Indekos Poltekkes Kemenkes Riau. J Prot Kesehat. 2018;4(1):7–14
  26. Savage JS, Fisher JO, Birch LL. Parental Influence on Eating Behavior: Conception To Adolescence. J Law, Med Ethics. 2007;35(1):22–34
  27. Purnama NLA, Lusmilasari L, Julia M. Perilaku Orang Tua dalam Pemberian Makan dan Status Gizi Anak Usia 2-5 Tahun. J Gizi Klin Indones. 2015;11(3):97
  28. Karini TA, Arranury Z, Ansyar DI, Wijaya DR, Syahrir RA. Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Perilaku Makan Mahasiswa di Kota Makassar. Higiene. 2022;8(2):118–24
  29. Firi RP. Pengaruh Teman Sebaya, Pengetahuan, Media Masa Terhadap Perilaku Diet Mahasiwi Stikes Payung Negeri Pekanbaru. J Endur. 2018;3(1):162
  30. Kumala AM, Margawati A, Rahadiyanti A. Hubungan Antara Durasi Penggunaan Alat Elektronik (Gadget), Aktivitas Fisik Dan Pola Makan Dengan Status Gizi Pada Remaja Usia 13-15 Tahun. J Nutr Coll. 2019;8(2):73
  31. Rahayu WC. Pengaruh Sikap Terhadap Iklan Sebagai Mediator Antara Kredibilitas Influencer Instagram dan Intensi Membeli. Universitas Indonesia. 2020
  32. Story M, French S. Food Advertising and Marketing Directed at Children and Adolescents in The US. Int J Behav Nutr Phys Act. 2004;1:1–17
  33. Sari SL, Akmal N. Hubungan Intensitas Menonton Iklan Makanan di Televisi dengan Perilaku Konsumsi Makanan Cepat Saji Siswa SMK Panca Budi 2 Medan. Garnish J Pendidik Tata Boga. 2019;3(2):53–8
  34. Azahra F, Hadita H. Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Variabel Intervening Minat Beli KFC Golden City Bekasi Di Sosial Media Instagram. J Econ. 2023;2(2):678–91

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-28 14:03:37

No citation recorded.