Faculty of public health, Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{MKMI66188, author = {Nurul Rizkiana Tistania Simpajo and Ratih Wirapuspita Wisnuwardani}, title = {Hubungan Pelayanan Rawat Jalan dengan Peningkatan Status Kesehatan Pasien Di Samarinda}, journal = {MEDIA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA}, volume = {24}, number = {1}, year = {2025}, keywords = {pelayanan rawat jalan; peningkatan status kesehatan pasien; pelayanan kesehatan}, abstract = { Latar belakang: Fungsi Puskesmas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, menghadapi berbagai banyak tantangan dari segi sumber daya manusia dan peralatan kesehatan yang semakin canggih, namun harus tetap memberikan pelayanan yang terbaik. Pasien dari puskesmas menuntut pelayanan yang bermutu tidak hanya berkaitan dengan kesembuhan penyakitnya saja, tetapi juga berkaitan dengan kepuasan dalam hal sikap, pengetahuan, dan keterampilan petugas dalam memberikan pelayanan serta tersedianya sarana dan prasarana yang sesuai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pelayanan rawat jalan dengan peningkatan status kesehatan pasien di Puskesmas Samarinda. Metode: Desain penelitian ini menggunakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang pernah berobat di puskesmas samarinda dan sampel yang digunakan sebanyak 36 orang. Penelitian ini dilakukan dengan keterbatasan waktu, biaya, serta akses terhadap populasi target. Oleh karena itu, jumlah responden yang dapat dijangkau secara realistis adalah sebanyak 36 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan google form kemudian diolah menggunakan analisa bivariat dengan uji Somers’ D. Hasil: Berdasarkan hasil uji statistik Somers’ D dengan nilai sig α 0,05 diperoleh nilai p-value 0,010 < 0,05 artinya terdapat hubungan antara pelayanan rawat jalan dengan peningkatan status kesehatan pasien Simpulan: Dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara pelayanan rawat jalan dengan peningkatan status kesehatan pasien. Disarankan kepada puskesmas meningkatkan kualitas layanan kesehatan dapat dicapai dengan memperbaiki keterampilan dan motivasi kerja staf, yang berkontribusi positif dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kata kunci: Pelayanan Rawat Jalan; Peningkatan Status Kesehatan; Pelayanan Kesehatan ABSTRACT Title: The Relationship between Outpatient Services and Improving the Health Status of Patients in Samarinda Background: Community Health Centers face challenges in providing quality services due to limited human resources and the need for advanced health equipment. Despite these challenges, these centers must ensure that health services are expected to meet patient expectations for quality care, which includes not only the effectiveness of treatment but also the patients' satisfaction with the overall experience at health centers, but also related to satisfaction with staff attitude, knowledge, skills, and facility availability. This study examines the relationship between outpatient services and the health status improvement of patients at the Samarinda Health Center. Method: A descriptive analytic study with a cross sectional approach was conducted involving 36 patients from Samarinda Health Center. Data were collected via Google form and analyzed using Somers’ D test for bivariate analysis. Result: The Somers' D test indicated a significant relationship between outpatient services and patient's health status improvement, with a p-value of 0.010 (p<0.05). Conclusion: There is a significant association between outpatient services and enhancement of patient health status. It is recommended that Community Health Centers improve medical care standards by enhancing staff skills and motivation to ensure service delivery. Keywords: Outpatient Services; Improving Health Status; Health Service }, issn = {2775-5614}, pages = {6--9} doi = {10.14710/mkmi.24.1.6-9}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/mkmi/article/view/66188} }
Refworks Citation Data :
Latar belakang: Fungsi Puskesmas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, menghadapi berbagai banyak tantangan dari segi sumber daya manusia dan peralatan kesehatan yang semakin canggih, namun harus tetap memberikan pelayanan yang terbaik. Pasien dari puskesmas menuntut pelayanan yang bermutu tidak hanya berkaitan dengan kesembuhan penyakitnya saja, tetapi juga berkaitan dengan kepuasan dalam hal sikap, pengetahuan, dan keterampilan petugas dalam memberikan pelayanan serta tersedianya sarana dan prasarana yang sesuai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pelayanan rawat jalan dengan peningkatan status kesehatan pasien di Puskesmas Samarinda.Metode: Desain penelitian ini menggunakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang pernah berobat di puskesmas samarinda dan sampel yang digunakan sebanyak 36 orang. Penelitian ini dilakukan dengan keterbatasan waktu, biaya, serta akses terhadap populasi target. Oleh karena itu, jumlah responden yang dapat dijangkau secara realistis adalah sebanyak 36 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan google form kemudian diolah menggunakan analisa bivariat dengan uji Somers’ D.Hasil: Berdasarkan hasil uji statistik Somers’ D dengan nilai sig α 0,05 diperoleh nilai p-value 0,010 < 0,05 artinya terdapat hubungan antara pelayanan rawat jalan dengan peningkatan status kesehatan pasienSimpulan: Dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara pelayanan rawat jalan dengan peningkatan status kesehatan pasien. Disarankan kepada puskesmas meningkatkan kualitas layanan kesehatan dapat dicapai dengan memperbaiki keterampilan dan motivasi kerja staf, yang berkontribusi positif dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
Kata kunci: Pelayanan Rawat Jalan; Peningkatan Status Kesehatan; Pelayanan Kesehatan
ABSTRACT Title: The Relationship between Outpatient Services and Improving the Health Status of Patients in Samarinda
Background: Community Health Centers face challenges in providing quality services due to limited human resources and the need for advanced health equipment. Despite these challenges, these centers must ensure that health services are expected to meet patient expectations for quality care, which includes not only the effectiveness of treatment but also the patients' satisfaction with the overall experience at health centers, but also related to satisfaction with staff attitude, knowledge, skills, and facility availability. This study examines the relationship between outpatient services and the health status improvement of patients at the Samarinda Health Center.Method: A descriptive analytic study with a cross sectional approach was conducted involving 36 patients from Samarinda Health Center. Data were collected via Google form and analyzed using Somers’ D test for bivariate analysis.Result: The Somers' D test indicated a significant relationship between outpatient services and patient's health status improvement, with a p-value of 0.010 (p<0.05).Conclusion: There is a significant association between outpatient services and enhancement of patient health status. It is recommended that Community Health Centers improve medical care standards by enhancing staff skills and motivation to ensure service delivery.
Keywords: Outpatient Services; Improving Health Status; Health Service
Article Metrics:
Last update: