skip to main content

Hubungan Pelayanan Rawat Jalan dengan Peningkatan Status Kesehatan Pasien Di Samarinda

Faculty of public health, Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia

Received: 24 Aug 2024; Revised: 20 Nov 2024; Accepted: 15 Jan 2025; Published: 15 Mar 2025.
Editor(s): Suci Amalia, S.Gz., M.Gz
Open Access Copyright (c) 2025 MEDIA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Latar belakang: Fungsi Puskesmas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, menghadapi berbagai banyak tantangan dari segi sumber daya manusia dan peralatan kesehatan yang semakin canggih, namun harus tetap memberikan pelayanan yang terbaik. Pasien dari puskesmas menuntut pelayanan yang bermutu tidak hanya berkaitan dengan kesembuhan penyakitnya saja, tetapi juga berkaitan dengan kepuasan dalam hal sikap, pengetahuan, dan keterampilan petugas dalam memberikan pelayanan serta tersedianya sarana dan prasarana yang sesuai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pelayanan rawat jalan dengan peningkatan status kesehatan pasien di Puskesmas Samarinda.
Metode: Desain penelitian ini menggunakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang pernah berobat di puskesmas samarinda dan sampel yang digunakan sebanyak 36 orang. Penelitian ini dilakukan dengan keterbatasan waktu, biaya, serta akses terhadap populasi target. Oleh karena itu, jumlah responden yang dapat dijangkau secara realistis adalah sebanyak 36 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan google form kemudian diolah menggunakan analisa bivariat dengan uji Somers’ D.
Hasil: Berdasarkan hasil uji statistik Somers’ D dengan nilai sig α 0,05 diperoleh nilai p-value 0,010 < 0,05 artinya terdapat hubungan antara pelayanan rawat jalan dengan peningkatan status kesehatan pasien
Simpulan: Dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara pelayanan rawat jalan dengan peningkatan status kesehatan pasien. Disarankan kepada puskesmas meningkatkan kualitas layanan kesehatan dapat dicapai dengan memperbaiki keterampilan dan motivasi kerja staf, yang berkontribusi positif dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Kata kunci: Pelayanan Rawat Jalan; Peningkatan Status Kesehatan; Pelayanan Kesehatan

ABSTRACT
Title: The Relationship between Outpatient Services and Improving the Health Status of Patients in Samarinda

Background: Community Health Centers face challenges in providing quality services due to limited human resources and the need for advanced health equipment. Despite these challenges, these centers must ensure that health services are expected to meet patient expectations for quality care, which includes not only the effectiveness of treatment but also the patients' satisfaction with the overall experience at health centers, but also related to satisfaction with staff attitude, knowledge, skills, and facility availability. This study examines the relationship between outpatient services and the health status improvement of patients at the Samarinda Health Center.
Method: A descriptive analytic study with a cross sectional approach was conducted involving 36 patients from Samarinda Health Center. Data were collected via Google form and analyzed using Somers’ D test for bivariate analysis.
Result: The Somers' D test indicated a significant relationship between outpatient services and patient's health status improvement, with a p-value of 0.010 (p<0.05).
Conclusion: There is a significant association between outpatient services and enhancement of patient health status. It is recommended that Community Health Centers improve medical care standards by enhancing staff skills and motivation to ensure service delivery.

Keywords: Outpatient Services; Improving Health Status; Health Service

Fulltext View|Download
Keywords: pelayanan rawat jalan; peningkatan status kesehatan pasien; pelayanan kesehatan

Article Metrics:

  1. Lismiran. Relationship between Registration Department Service Quality and Outpatient Satisfaction at Hospitals in Palembang. Heal J Multi Sci Sci J. 2021;01(39-45)
  2. Azwar A. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Aplikasi Prinsip Lingkaran Pemecahan Masalah. Jakarta: EGC; 2001
  3. Herman. The Relationship of The Quality of health services with outpatient Satisfaction at The Lembasada Health Center, Donggala District. J Public Health (Bangkok). 2014;5:20
  4. Wijono D. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Surabaya; 1999
  5. Yilmaz M. Nursing and Health Care Marital Adjustment of Women Living in Two Different Provinces of Turkey and their Attitudes towards Violence against Women. Int Arch Nurs Heal Care. 2018;4(4)
  6. Sugiyono. Qualitative Quantitative Research Methodology Sugiono Qualitative Quantitative Research Methodology. 2012
  7. Suryawati. Penyusunan Indikator Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit di Provinsi Jawa Tengah. J Manaj Pelayanan Kesehat. 2006;
  8. Muninjaya. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC; 2011
  9. Sabil F. The Relationship between Health Service Quality and Patient Satisfaction 2022. 2022;
  10. Adriani S. The Relationship of The Quality of Health Services With the Satisfaction of Inpatient Patients in The Health Service Agency of The Regional Public Hospital of Magelang District 2009. Magelang; 2009. 71-79 p
  11. Bata Y. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Pengguna Askes Sosial Pada Pelayanan Rawat Inap di RSUD Lakipadada Kabupaten Tana Toraja Tahun 2013. AKK Fak Kesehat Masy Univ Hasanuddin. 2013;2

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.