1Stikes Yayasan RS Dr. Soetomo, Surabaya, Indonesia
2Rumah Sakit X Jombang, Indonesia, Indonesia
3Universitas Airlangga, Indonesia, Indonesia
4 Universitas Muhammadiyah Lamongan, Indonesia, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{MKMI70180, author = {Achmad Djunawan and Harida Wirawati and Puryanti Puryanti and Diah Wijayanti Sutha and Anif Prasetyorini and M Risya Rizki and Andrea Thrisiawan Pradhana and Enny Mar'atus Sholihah and Chindy Oktavia}, title = {Benarkah Survey Budaya Keselamatan Pasien dapat Meningkatkan Budaya Keselamatan Pasien di Rumah Sakit?}, journal = {MEDIA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA}, volume = {24}, number = {1}, year = {2025}, keywords = {AHRQ; rumah sakit; survey budaya keselamatan pasien.}, abstract = { Latar belakang: Berdasarkan laporan keselamatan pasien RS X dapat diketahui pada tahun 2021 terdapat 9 insiden keselamatan pasien. Selain itu respon time pelaporan insiden selama tahun 2021 masih belum memenuhi target yang telah ditentukan. Respon time merupakan salah satu bentuk budaya keselamatan pasien rumah sakit. Semakin cepat respon time pelaporan menunjukkan bahwa budaya keselamatan pasien itu baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil survey budaya keselamatan pasien pada karyawan di RS X Jombang tahun 2020 dan 2023 berdasarkan instrumen kuesioner AHRQ. Metode: Jenis penelitian ini kuantitatif analitik dengan desain cross-sectional. Penelitian ini menggunakan data sekunder hasil survey yang dilakukan oleh Rumah Sakit X Jombang. Total karyawan Rumah Sakit X Jombang sebanyak 261, sedangkan yang mengisi kuesioner hanya 255 pada tahun 2020 dan 146 pada tahun 2023. Analisis data menggunakan Independent T Test dan Wilcoxon Man Whitney Test. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil survey budaya keselamatan pasien tahun 2020 dan 2023. Hasil uji Wilcoxon Man Whitney menunjukkan bahwa hanya variabel Teamwork Within Units, Teamwork Across Units, dan Number of Events Reported yang berbeda antara tahun 2020 dengan tahun 2023. Simpulan: Tidak ada perbedaan nilai budaya keselamatan pasien pasien pada tahun 2020 dan 2023. Kata kunci: AHRQ; Rumah Sakit; Survey Budaya Keselamatan Pasien. ABSTRACT Title: Is it Patient Safety Culture Survey Improve Patient Safety Culture in Hospital? Background: Based on the patient safety report of Hospital X, it knew that in 2021 there were 9 patient safety incidents. In addition, the response time for reporting incidents during 2021 still did not meet the target. Response time is one of patient safety culture. The faster response time for reporting indicates that the patient safety culture is good. This objective to analyze the differences of the patient safety culture at Hospital X Jombang in 2020 and 2023 based on the AHRQ questionnaire instrument. Method: This research is quantitative analytical with a cross-sectional research design. This study uses secondary data from a survey conducted by Hospital X Jombang. Total employees at X Jombang Hospital is 261, while only 255 completed the questionnaire in 2020 and 146 in 2023. Data analysis used the Independent T Test and Wilcoxon Man Whitney Test. Result: The results of the study showed that there was no difference in the patient safety culture survey scores in 2020 and 2023 at Hospital X. The results of the Wilcoxon Man Whitney test show that only Teamwork Within Units, Teamwork Across Units, and Number of Events Reported are different between 2020 and 2023. Conclusion: There is no difference in patient safety culture in 2020 and 2023 Keywords: AHRQ; Hospital; Patient Safety Culture Survey ABSTRAK Latar belakang: Berdasarkan laporan keselamatan pasien RS X dapat diketahui pada tahun 2021 terdapat 9 insiden keselamatan pasien. Selain itu respon time pelaporan insiden selama tahun 2021 masih belum memenuhi target yang telah ditentukan. Respon time merupakan salah satu bentuk budaya keselamatan pasien rumah sakit. Semakin cepat respon time pelaporan menunjukkan bahwa budaya keselamatan pasien itu baik . Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil survey budaya keselamatan pasien pada karyawan di RS X Jombang tahun 2020 dan 2023 berdasarkan instrumen kuesioner AHRQ. Metode: Jenis penelitian ini kuantitatif analitik dengan desain cross-sectional . Penelitian ini menggunakan data sekunder hasil survey yang dilakuka n oleh R umah S akit X Jombang . Total karyawan R umah S akit X Jombang sebanyak 261, sedangkan yang mengisi kuesioner hanya 255 pada tahun 2020 dan 146 pada tahun 2023 . Analisis data menggunakan Independent T Test dan Wilcoxon Man Whitney Test. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil survey budaya keselamatan pasien tahun 2020 dan 2023. Hasil uji Wilcoxon Man Whitney menunjukkan bahwa hanya variabel Teamwork Within Units, Teamwork Across Units, dan Number of Events Reported yang berbeda antara tahun 2020 dengan tahun 2023 . Simpulan : Tidak ada perbedaan nilai budaya keselamatan pasien pasien pada tahun 2020 dan 2023. Kata kunci: AHRQ ; R umah S akit ; Survey B udaya K eselamatan P asien . ABSTRACT Title: Is it Patient Safety Culture Survey Improve Patient Safety Culture in Hospital? Background: Based on the patient safety report of Hospital X, it knew that in 2021 there were 9 patient safety incidents. In addition, the response time for reporting incidents during 2021 still did not meet the target. Response time is one of patient safety culture. The faster response time for reporting indicates that the patient safety culture is good. This objective to analyze the differences of the patient safety culture at Hospital X Jombang in 2020 and 2023 based on the AHRQ questionnaire instrument. Method: This research is quantitative analytical with a cross-sectional research design. This study uses secondary data from a survey conducted by Hospital X Jombang. Total employees at X Jombang Hospital is 261, while only 255 completed the questionnaire in 2020 and 146 in 2023. Data analysis used the Independent T Test and Wilcoxon Man Whitney Test . Result: The results of the study showed that there was no difference in the patient safety culture survey scores in 2020 and 2023 at Hospital X. The results of the Wilcoxon Man Whitney test show that only Teamwork Within Units, Teamwork Across Units, and Number of Events Reported are different between 2020 and 2023. Conclusion : There is no difference in patient safety culture in 2020 and 2023 Keywords AHRQ; Hospital; Patient Safety Culture Survey }, issn = {2775-5614}, pages = {27--34} doi = {10.14710/mkmi.24.1.27-34}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/mkmi/article/view/70180} }
Refworks Citation Data :
Latar belakang: Berdasarkan laporan keselamatan pasien RS X dapat diketahui pada tahun 2021 terdapat 9 insiden keselamatan pasien. Selain itu respon time pelaporan insiden selama tahun 2021 masih belum memenuhi target yang telah ditentukan. Respon time merupakan salah satu bentuk budaya keselamatan pasien rumah sakit. Semakin cepat respon time pelaporan menunjukkan bahwa budaya keselamatan pasien itu baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil survey budaya keselamatan pasien pada karyawan di RS X Jombang tahun 2020 dan 2023 berdasarkan instrumen kuesioner AHRQ. Metode: Jenis penelitian ini kuantitatif analitik dengan desain cross-sectional. Penelitian ini menggunakan data sekunder hasil survey yang dilakukan oleh Rumah Sakit X Jombang. Total karyawan Rumah Sakit X Jombang sebanyak 261, sedangkan yang mengisi kuesioner hanya 255 pada tahun 2020 dan 146 pada tahun 2023. Analisis data menggunakan Independent T Test dan Wilcoxon Man Whitney Test.Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil survey budaya keselamatan pasien tahun 2020 dan 2023. Hasil uji Wilcoxon Man Whitney menunjukkan bahwa hanya variabel Teamwork Within Units, Teamwork Across Units, dan Number of Events Reported yang berbeda antara tahun 2020 dengan tahun 2023.Simpulan: Tidak ada perbedaan nilai budaya keselamatan pasien pasien pada tahun 2020 dan 2023.
Kata kunci: AHRQ; Rumah Sakit; Survey Budaya Keselamatan Pasien.
ABSTRACT Title: Is it Patient Safety Culture Survey Improve Patient Safety Culture in Hospital?
Background: Based on the patient safety report of Hospital X, it knew that in 2021 there were 9 patient safety incidents. In addition, the response time for reporting incidents during 2021 still did not meet the target. Response time is one of patient safety culture. The faster response time for reporting indicates that the patient safety culture is good. This objective to analyze the differences of the patient safety culture at Hospital X Jombang in 2020 and 2023 based on the AHRQ questionnaire instrument.
Method: This research is quantitative analytical with a cross-sectional research design. This study uses secondary data from a survey conducted by Hospital X Jombang. Total employees at X Jombang Hospital is 261, while only 255 completed the questionnaire in 2020 and 146 in 2023. Data analysis used the Independent T Test and Wilcoxon Man Whitney Test. Result: The results of the study showed that there was no difference in the patient safety culture survey scores in 2020 and 2023 at Hospital X. The results of the Wilcoxon Man Whitney test show that only Teamwork Within Units, Teamwork Across Units, and Number of Events Reported are different between 2020 and 2023. Conclusion: There is no difference in patient safety culture in 2020 and 2023
Keywords: AHRQ; Hospital; Patient Safety Culture Survey
ABSTRAK
Latar belakang:Berdasarkan laporan keselamatan pasien RS X dapat diketahui pada tahun 2021 terdapat 9 insiden keselamatan pasien. Selain itu respon time pelaporan insiden selama tahun 2021 masih belum memenuhi target yang telah ditentukan. Respon time merupakan salah satu bentuk budaya keselamatan pasien rumah sakit. Semakin cepat respon time pelaporan menunjukkan bahwa budaya keselamatan pasien itu baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil survey budaya keselamatan pasien pada karyawan di RS X Jombang tahun 2020 dan 2023 berdasarkan instrumen kuesioner AHRQ.
Metode:Jenis penelitian ini kuantitatif analitik dengan desain cross-sectional. Penelitian ini menggunakan data sekunder hasil survey yang dilakukan oleh Rumah Sakit X Jombang.Total karyawan Rumah Sakit X Jombang sebanyak 261, sedangkan yang mengisi kuesioner hanya 255 pada tahun 2020 dan 146 pada tahun 2023. Analisis data menggunakan Independent T Test dan Wilcoxon Man Whitney Test.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil survey budaya keselamatan pasien tahun 2020 dan 2023. Hasil uji Wilcoxon Man Whitneymenunjukkan bahwa hanyavariabel Teamwork Within Units, Teamwork Across Units, dan Number of Events Reported yang berbeda antara tahun 2020 dengan tahun 2023.
Simpulan: Tidak ada perbedaan nilai budaya keselamatan pasien pasien pada tahun 2020 dan 2023.
Kata kunci:AHRQ; Rumah Sakit; Survey Budaya Keselamatan Pasien.
ABSTRACT
Title: Is it Patient Safety Culture Survey Improve Patient Safety Culture in Hospital?
Background:Based on the patient safety report of Hospital X, it knew that in 2021 there were 9 patient safety incidents. In addition, the response time for reporting incidents during 2021 still did not meet the target. Response time is one of patient safety culture. The faster response time for reporting indicates that the patient safety culture is good. This objective to analyze the differences of the patient safety culture at Hospital X Jombang in 2020 and 2023 based on the AHRQ questionnaire instrument.
Method:This research is quantitative analytical with a cross-sectional research design. This study uses secondary data from a survey conducted by Hospital X Jombang.Total employees at X Jombang Hospital is 261, while only 255 completed the questionnaire in 2020 and 146 in 2023. Data analysis used the Independent T Test and Wilcoxon Man Whitney Test.
Result:The results of the study showed that there was no difference in the patient safety culture survey scores in 2020 and 2023 at Hospital X. The results of the Wilcoxon Man Whitney test show that only Teamwork Within Units, Teamwork Across Units, and Number of Events Reported are different between 2020 and 2023.
Conclusion:There is no difference in patient safety culture in 2020 and 2023
KeywordsAHRQ; Hospital; Patient Safety Culture Survey
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2025-07-03 10:41:15