BibTex Citation Data :
@article{MKTS3919, author = {Lawalenna Samang and Norihiko Miura and Akira Sakai}, title = {Geotechnical Properties of Soft Cohesive Lowland Soils Deposited in Saga Airport Highway, Japan}, journal = {MEDIA KOMUNIKASI TEKNIK SIPIL}, volume = {13}, number = {3}, year = {2012}, keywords = {Lahan-landai, tanah sensitivitas tinggi, kompressibilitas tinggi, daya dukung tanah rendah, tanah kohesif lunak, lapisan drainase}, abstract = { Studi ini menyajikan karakteristik dasar tanah lunak kohesif yang terdepositkan pada jalan akses ke Bandar Udara Saga, Jepang. Serangkaian seri pengujian telah dilakukan guna mengakses parameter dasar deposit dalam kaitan tipikal perilaku tanah tersebut; sensitivitas tinggi, kompressibilitas tinggi, dan daya dukung tanah rendah. Perilaku dasar deposit memiliki karakteristik menyerupai profil geologisnya yaitu deposisi endapan lunak dengan variasi ketebalan 20-25 m. Beberapa lapisan pasir tipis secara random terdepositkan dengan fungsional sebagai lapisan drainase. Lapisan atas pada kisaran tebal 6 m merupakan tanah lanau, dibawah lapisan tersebut adalah deposisi lanau - lempung lunak. Kadar air natural deposit lebih tinggi dibandingkan nilai batas cairnya, permeabilitas lapisan lanau kelempungan diaproksimasikan 3 – 5 kali nilai permeabilitas lempung Ariake pada umumnya. Struktur geoteknis yang dibangun diatas deposisi tersebut dilaporkan sarat dengan permasalahan penurunan dan keruntuhan pondasi akibat rumitnya perilaku deposisi tanah lunak tersebut. Tipikal kecendrungan kegiatan reklamasi dikawasan pantai telah meningkat secara signifikasi akibat keterbatasan lahan pengembangan infrastruktur, permintaan lahan rekrutan dilaut dangkal, dan lahan buatan tepi pantai. Besarnya penurunan pada badan jalan raya dan kerusakan berat bangunan lepas atau dekat pantai akibat aksi gempa, beban lalu lintas, dan gelombang badai adalah merupakan tipikal permasalahan geoteknis yang menjadi perhatian serius bagi birokrat, peneliti, dan praktisi di kawasan tersebut. Kata kunci: Lahan-landai, tanah sensitivitas tinggi, kompressibilitas tinggi, daya dukung tanah rendah, tanah kohesif lunak, lapisan drainase Permalink: http://www.ejournal.undip.ac.id/index.php/mkts/article/view/3919 [How to cite: Samang, L., Miura, N. dan Sakai, A., 2005, Geotechnical Properties of Soft Cohesive Lowland Soils Deposited in Saga Airport Highway, Japan, Jurnal Media Komunikasi Teknik Sipil , Volume 13, Nomor 3, pp. 19-35] }, issn = {25496778}, pages = {19--35} doi = {10.14710/jkli.%v.%i.7-15}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/mkts/article/view/3919} }
Refworks Citation Data :
Studi ini menyajikan karakteristik dasar tanah lunak kohesif yang terdepositkan pada jalan akses ke Bandar Udara Saga, Jepang. Serangkaian seri pengujian telah dilakukan guna mengakses parameter dasar deposit dalam kaitan tipikal perilaku tanah tersebut; sensitivitas tinggi, kompressibilitas tinggi, dan daya dukung tanah rendah. Perilaku dasar deposit memiliki karakteristik menyerupai profil geologisnya yaitu deposisi endapan lunak dengan variasi ketebalan 20-25 m. Beberapa lapisan pasir tipis secara random terdepositkan dengan fungsional sebagai lapisan drainase. Lapisan atas pada kisaran tebal 6 m merupakan tanah lanau, dibawah lapisan tersebut adalah deposisi lanau - lempung lunak. Kadar air natural deposit lebih tinggi dibandingkan nilai batas cairnya, permeabilitas lapisan lanau kelempungan diaproksimasikan 3 – 5 kali nilai permeabilitas lempung Ariake pada umumnya. Struktur geoteknis yang dibangun diatas deposisi tersebut dilaporkan sarat dengan permasalahan penurunan dan keruntuhan pondasi akibat rumitnya perilaku deposisi tanah lunak tersebut. Tipikal kecendrungan kegiatan reklamasi dikawasan pantai telah meningkat secara signifikasi akibat keterbatasan lahan pengembangan infrastruktur, permintaan lahan rekrutan dilaut dangkal, dan lahan buatan tepi pantai. Besarnya penurunan pada badan jalan raya dan kerusakan berat bangunan lepas atau dekat pantai akibat aksi gempa, beban lalu lintas, dan gelombang badai adalah merupakan tipikal permasalahan geoteknis yang menjadi perhatian serius bagi birokrat, peneliti, dan praktisi di kawasan tersebut.
Kata kunci: Lahan-landai, tanah sensitivitas tinggi, kompressibilitas tinggi, daya dukung tanah rendah, tanah kohesif lunak, lapisan drainase
Permalink: http://www.ejournal.undip.ac.id/index.php/mkts/article/view/3919
[How to cite: Samang, L., Miura, N. dan Sakai, A., 2005, Geotechnical Properties of Soft Cohesive Lowland Soils Deposited in Saga Airport Highway, Japan, Jurnal Media Komunikasi Teknik Sipil, Volume 13, Nomor 3, pp. 19-35]
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-23 10:33:33
Determination of the compression index of reconstituted clays using intrinsic concept and normalized void ratio
Evaluation of compression index of marine fine-grained soils by the use of index tests
Closure to "Index test method for estimating the effective preconsolidation stress in clay deposits" by Karim Kootahi and Paul W. Mayne