MODEL TRANSFORMASI FIQH JINÂYAH KE DALAM HUKUM PIDANA NASIONAL; KRITIK NAZHARIYAT AL-'UQÛBAH TERHADAP MATERI KUHP

Junaidi Abdillah, Suryani Suryani
DOI: 10.14710/mmh.47.2.2018.98-110
Copyright (c) 2018 Masalah-Masalah Hukum License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0

Abstract

Transformasi fiqh jinayah ke dalam hukum pidana nasional (c.q. KUHP) hingga saat ini masih
memantik perdebatan di kalangan ahli. Baik dalam tataran teoritis maupun implementasinya. Selain itu upaya tersebut terkendala faktor baik eksternal maupun internal. Padahal secara yuridis formal eksistensi hukum Islam diakui menjadi sub sistem hukum nasional. Namun realitas transformasi ini yang seiring dengan pembaruan KUHP masih berjalan di tempat. Paper ini bertujuan menganalisis urgensi transformasi fiqh jinayah ke dalam hukum pidana nasional. Kedua untuk mengetahui paradigma transformasi serta model integrasi pidana Islam kaitannya dengan pembaruan hukum nasional pidana di Indonesia.Pendekatan yang dipakai adalah yuridis-filosofis dengan metode studi dokumentasi kritis. Paper ini menghasilkan simpulan bahwa eksistensi hukum pidana Islam mempunyai urgensi untuk diakomodir ke dalam hukum pidana nasional berdasarkan argumentasi argumentasi filosofis. Kedua, paradigma positivisasi fiqh jinayah menggunakan harus memakai paradigma kritis. Serta, model integrasi maqashidy istishlahy merupakan model paling ideal untuk menyatukan fiqh jinayah dengan hukum pidana nasional.


Full Text: PDF

Keywords

integrasi, fiqh jinayah, pembaruan, hukum pidana nasional

References

Al-Qurthubi. (1967). al-Jamīꞌ li Ahkām al-Qur’an. Kairo Mesir: Dar al-Kutub al-‘Arabi.

Ali, M. D. (1999). Hukum Islam: Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Islam di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arifin, B. (1996). Pelembagaan Hukum Islam di Indonesia: Akar Sejarah, Hambatan dan Prospeknya. Jakarta: Gema Insani Press.

Arifin, B. (2001). Hukum Pidana (Islam) dalam Lintasan Sejarah. In J. Aripin & Arskal Salim M.A. GP (Eds.), Pidana Islam di Indonesia: Peluang, Prospek dan Tantangannya. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Asshiddiqie, J. (1996). Pembaharuan Hukum Pidana Indonesia; Studi tentang Bentuk-bentuk Pidana dalam Tradisi Hukum Fiqh dan Relevansinya Bagi Usaha Pembaharuan KUHP Nasional. Bandung: Angkasa.

Audah, A. al-Q. (1996). al-Tasyrî’ al-Jinâ`î al-Islâmî;Muqaranan bi al-Qanun al-Wadl’i. Beirut: Mu’assasah al-Risalah.

Barbour, I. G. (2005). Juru Bicara Tuhan: antara Sains dan Agama. Bandung: Mizan.

Basuki, Z. D. (2004). Mazhab Sejarah dan Pengaruhnya Terhadap Pembentukan Hukum Nasional Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Burdah, I. (2008). Membumikan Hukum Langit: Nasionalisasi Hukum Islam dan Islamisasi Hukum Nasional Pasca Reformasi. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Djazuli, A. (2000). Fiqh Jinayah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Effendy, B. (1998). Islam dan Negara: Transformasi Pemikiran dan Praktik Politik Islam di Indonesia. Jakarta: Paramadina.

Faisal. (2012). Menimbang Wacana Formalisasi Hukum Pidana Islam di Indonesia. Jurnal Ahkam, 12(1), 44–45.

Ghofur, A. (2002). Demokratisasi dan Prospek Hukum Islam di Indonesia: Studi atas Pemikiran Gus Dur. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hidayat, N. (1991). Ibnu al-Muqaffa’ dan Gagasannya tentang Taqnin. Jurnal Mimbar Studi Hukum, 12(37), 36.

Jaspan, M. A. (1988). Hukum, Politik dan Perubahan Sosial. Jakarta: YLBHI.

Katsir, I. (1989). Tafsīr al-Qur’ān al-ꞌAdzīm. Beirut: Dār al-Ma’rifah.

Marjono, H. (1997). Menegakkan Syari’at Hukum Islam dalam Konteks Ke-Indonesia-an. Bandung: Mizan.

Mujani, S. (2007). Muslim Demokrat: Islam, Budaya Demokrasi dan Partisipasi Politik di Indonesia Pasca Orde Baru. Jakarta: Gramedia.

Praja, J. S. (2011). Teori Hukum dan Aplikasinya. Bandung: Pustaka Setia.

Ramulyo, M. I. (1997). Asas-asas Hukum Islam: Sejarah Timbul dan Berkembangnya Kedudukan Hukum Islam dalam Sistem Hukum di Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika.

Rofiq, A. (2000). Pembaruan Hukum Islam di Indonesia. Yogyakarta: Gama Media.

Santilana, D. (1952). Law and Society. London: Oxford University Press.

Santoso, T. (2001). Menggagas Hukum Pidana Islam: Penerapan Syari’at Islam dalam Konteks Modernitas. Bandung: Asyaamil Press& Grafika.

Susanto, M. A. (2002). Paradigma Baru Hukum Pidana. Malang: Pustaka Pelajar &Averroes Press.

Trigiyatno, A. (2005). Positifisasi Hukum Islam di Era Reformasi: Studi atas UU No. 38 Tahun 1999 tentang Zakat. Jurnal Al-Ahkam, 3(1), 99.

Wahid, W. (2002). Syari’at Islam: Antara Pemberlakuan, Formalisasi dan Politisasi, Bacaan Kritis atas Wacana dan Gerakan Syari’at Islam Pasca Orde Baru. In Memoar H. Achmadi. Dari Gontor Ke Pulau Buru. Yogyakarta: Syarikat.