ANALISIS CORPORATE CITIZENSHIP DAN HAK ASASI MANUSIA TERHADAP ISU EKSPLOITASI LINGKUNGAN PADA FILM “SEXY KILLERS”

Hanako Fatimah Pertiwi
DOI: 10.14710/mmh.49.1.2020.71-79
Copyright (c) 2020 Masalah-Masalah Hukum License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0

Abstract

Tanggung jawab perusahaan tentang hak asasi manusia di Indonesia penting dilakukan karena perusahaan yang melanggar hak tersebut berarti melanggar hukum lingkungan yang ada. Salah satu film dokumenter di Indonesia yang berjudul “Sexy Killers” menunjukkan kurangnya sikap dan tanggung jawab salah satu perusahaan PLTU di Indonesia dalam menjalankan bisnisnya sehingga menyebabkan pelanggaran HAM. Film yang dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif tersebut bercerita mengenai eksploitasi lingkungan akibat pembangunan PLTU di Kalimantan yang mengakibatkan eksternalitas negatif mulai dari kekurangan air bersih, pencemaran lingkungan, penyakit pernapasan hingga kematian. Implementasi hukum tidak berjalan dengan baik meskipun sudah ada peraturan hukum lingkungan di Indonesia. Kasus ini dianalisis dengan konsep HAM, four faces of corporate citizenship dan sustainable development. Hasil yang ditemukan adalah bahwa perusahaan belum mencapai corporate citizenship yang baik karena hanya mementingkan keuntungan semata tanpa mempedulikan stakeholders lainnya.

Full Text: PDF

Keywords

Corporate Citizenship; Hukum Lingkungan; Pembangunan Berkelanjutan; Hak Asasi Manusia

References

Ambarini, N. S. B. (2011). Audit Lingkungan sebagai Perwujudan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) di Era Globalisasi Ekonomi. Jurnal Masalah-Masalah Hukum, 40(1), 93–101.

Ayu, O. D. (n.d.). Menjaga Lingkungan Hidup Untuk Pemenuhan Hak Asasi Manusia. Retrieved from http://ham.go.id/menjaga-lingkungan-hidup-untuk-pemenuhan-hak-asasi-manusia/

Carroll, A. B. (2003). The Four Faces of Corporate Citizenship. Business and Society Review, 100(101), 1–7.

Drisko, James W. & Maschi, T. (n.d.). Content Analysis. Oxford: Oxford University Press.

Indonesia, W. (n.d.). Hak asasi manusia. Retrieved from http://www.watchindonesia.org/about-u/work-fields/conflict-prevention-resolution?lang=ID

Kartika, H. (2019). Pendapatan Toba Bara (TOBA) melonjak 41,11% pada tahun lalu, berikut penopangnya. Retrieved from https://investasi.kontan.co.id/news/pendapatan-toba-bara-toba-melonjak-4111-pada-tahun-lalu-berikut-penopangnya.

Klaris, T. (2018). To The Concept of Sustainable Development: From its Beginning to the Contemporary Issues. Zagreb International Review of Economics & Business, (1), 67–94.

Republik Indonesia. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia (2019). Indonesia: https://www.komnasham.go.id/files/1475231474-uu-nomor-39-tahun-1999-tentang-$H9FVDS.pdf. Retrieved from https://www.komnasham.go.id/files/1475231474-uu-nomor-39-tahun-1999-tentang-$H9FVDS.pdf

Rochmani. (2015). Perlindungan atas Hak Lingkungan Hidup yang Baik dan Sehat di Era Globalisasi. Jurnal Masalah-Masalah Hukumasalah Hukum, 44(1), 18–25.

Siombo, M. R. (2013). Arah Politik Hukum Lingkungan di Indonesia. Jurnal Masalah-Masalah Hukum, 42(3), 381–389.

Syahni, D. (2019). Sexy Killer, Ketika Industri Batubara Hancurkan Lingkungan dan Ruang Hidup Warga. Retrieved from https://www.mongabay.co.id/2019/04/16/sexy-killer-ketika-industri-batubara-hancurkan-lingkungan-dan-ruang-hidup-warga/.

Taher, A. P. (2019). Respons Luhut ke Sexy Killers: Bukan Sikap Menteri Tapi Pengusaha. Retrieved from https://tirto.id/respons-luhut-ke-sexy-killers-bukan-sikap-menteri-tapi-pengusaha-dm1Z.

Taticchi, P. . et. a. (2013). Sustainability Measurement and Reporting: Impacts on Finance, Stakeholders Communication and Internal Measurement Practices. Corporate Sustainability, CSR, Sustainability, Ethics & Governance. Berlin: Springer-Verlag Berlin Heidelberg.

Toba Bara. (n.d.). Tentang Toba Bara. Retrieved from http://www.tobabara.com/id/sekilas-

perusahaan/tentang-toba-bara/selamat-datang-di-website-toba-bara/

United Nations. (n.d.). Guide to Corporate Sustainability: Shaping a Sustainable Future. United Nations Global Compact.

Watchdoc Image. (2019). Sexy Killers (Full Movie). Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=qlB7vg4I-To&t=1s