skip to main content

SISTEM KONSTRUKSI BANGUNAN SEDERHANA PADA PERBAIKAN RUMAH WARGA DI DAERAH ROB (Studi Kasus : Kelurahan Kemijen, Semarang Timur)

*Septana Bagus Pribadi  -  Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia
Indriastjario Indriastjario  -  Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia
Ai Ratna Wulandari  -  Mahasiswa Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia
Yohannes Tri Wibowo  -  Mahasiswa Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia
Bonggo Janatin  -  Mahasiswa Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia
Muhammad Muzamil  -  Mahasiswa Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kelurahan Kemijen adalah salah satu dari daerah yang terletak di bagian paling utara dari Kota Semarang. Kondisi geografis yang berbatasan langsung dengan laut, menyebabkan masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut harus akrab dengan fenomena limpasan air laut ke arah daratan, yang biasa disebut rob. Ketinggian air laut yang masuk ke arah daratan bertambah terus setiap tahun. Hal ini menyebabkan banyak kondisi rumah warga yang semakin lama semakin tenggelam ke dalam lumpur genangan, sehingga lambat laun mengurangi ruang untuk tinggal di dalam rumah masing-masing. Ketidakmampuan sebagian besar warga secara ekonomi menyebabkan warga tidak mempunyai banyak sumber daya untuk merenovasi / meninggikan rumahnya dalam mengantisipasi datangnya rob.

Diperlukan suatu kajian mengenai sistem konstruksi khusus yang bisa diterapkan pada kondisi tersebut. Sistem konstruksi tersebut haruslah mempunyai kemampuan untuk mengantisipasi ketinggian rob yang semakin lama semakin bertambah, mudah dilaksanakan, mempertimbangkan ketersediaan bahan, serta murah.

Metode pembahasan menggunakan metode analisis dan perbandingan berbagai macam sistem konstruksi yang mungkin diterapkan pada bangunan sederhana di daerah rob. Berbagai macam sistem konstruksi tersebut dianalisis dengan berbagai kriteria yang berpengaruh secara signifikan, dengan memasukkan pula aspek keinginan warga yang diperoleh melalui kuisioner. Sistem konstruksi terpilih akan disimulasikan pada kondisi rumah salah satu warga.

 

Kata kunci : sistem konstruksi, bangunan sederhana, Rob.

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-19 12:52:07

No citation recorded.