KAJIAN TERHADAP FASAD MALL DI SEMARANG

aulusia ika kosanti -  Universitas Diponegoro, Indonesia
*agung dwiyanto -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 26 Nov 2018; Published: 26 Nov 2018.
Open Access
Citation Format:
Abstract
Kota merupakan salah satu tempat kehidupan manusia yang dapat dikatakan paling kompleks, karena perkembangannya dipengaruhi oleh aktivitas pengguna perkotaan. Kota Semarang yang mempunyai fungsi dan peran sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah, menunjukan adanya  pertumbuhan fisik yang dilaksanakan oleh berbagai pihak dengan kepentingannya masing-masing. Pembangunan fisik tersebut yang dilaksanakan adalah penyediaan fasilitas perdagangan dan jasa yang didalamnya termasuk bangunan komersial seperti mall. Keberadaan mall yang semakin marak, secara tidak langsung akan meningkatkan persaingan antara mall yang satu dengan mall yang lainnya. Kemampuan untuk menarik konsumen juga sangat perlu dimiliki oleh sebuah mall agar dapat terus mempertahankan keberadaannya salah satunya dengan cara pengaplikasian desain fasad yang menarik dalam perancangan sebuah mall.  Keberagaman bentuk fasad bangunan mall berhubungan dengan kualitas visual estetika yang terbentuk dalam setiap bangunan mall yang ada di Semarang. Untuk mengetahui hubungan tersebut, dibutuhkan persepsi pengunjung untuk menilai, sehingga hasil yang didapatkan obyektif.
Keywords
Mall; Fasad; Persepsi Pengunjung

Article Metrics:

  1. Alfari, S. (2017). Kaca Sebagai Bahan Bangunan. Retrieved from Kaca Sebagai Bahan Bangunan: https://www.arsitag.com/article/kaca-sebagai-bahan-bangunan
  2. Alfian, R. (2017). Persepsi pengunjung terhadap fasad mall gandaria city. Retrieved from persepsi pengunjung terhadap fasad mall gandaria city: http://www.academia.edu/30039176/persepsi_pengunjung_terhadap_fasad_mall_gandaria_city
  3. Anggara, H. (1988, Desember 30). Entrance dan sirkulasi kendaraan pada bangunan perkantoran di sudirman central bussiness district (scbd). Retrieved from entrance dan sirkulasi kendaraan pada bangunan perkantoran di sudirman central bussiness district (scbd): http://library.gunadarma.ac.id/repository/view/363432/entrancedan-sirkulasi-kendaraan-padabangunan-perkantoran-disudirman-central-bussinessdistrict-scbd.html/
  4. Ching, F. D. (2008). Architecture : Form, Space, & Order Third Edition. Jakarta: Erlangga. Ching, F. D. (2008). Arsitektur: Bentuk, Ruang, dan Tatanan . Jakarta: Erlangga.
  5. Edmondson, G. (2017, May). Outdoor Decorative Screens. Retrieved from Spectrum Custom Designs: http://www.spectrumdesigns.com.au/portfolio-item/outdoordecorative-screens/
  6. Faroga, R. (2014). Perletakan dan bentuk desain main entrance pada bangunan mall terbuka. Retrieved from perletakan dan bentuk desain main entrance pada bangunan mall terbuka: https://media.neliti.com/media/publications/183960-IDperletakan-dan-bentuk-desainmain-entran.pdf
  7. Frie, J. (2013, September). Komposisi Pada Fasade Bangunan. Retrieved from Jendela Arsitektur Desain: http://jendela-arsitekturdesain.blogspot.co.id/2013/09/komposisi-pada-fasadebangunan.html
  8. Hernandez, T. (2015, Oktober). Pengertian / Definisi Mall Menurut Beberapa Ahli. Retrieved from Pengertian / Definisi Mall Menurut Beberapa Ahli: http://www.arsigraf.com/2015/10/pengertian-definisi-mallmenurut.html
  9. Hidayat, d. (2012). Kajian Bentuk Fasad Depan Hotel Aston Primera. Retrieved from Kajian Bentuk Fasad Depan Hotel Aston Primera: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=57436&val=4292
  10. Johanis, A. (2015). Perancangan desain sign system pasar rasamala semarang. Jurnal desain komunikasi visual, 3.
  11. Krier, R. (2001). Architectural Composition, Rob Krier. Jakarta: Erlangga.
  12. Marsella, N. (2017). Penerapan estetika bentuk pada fasade bangunan sebagai landmark kebayoran baru. Penerapan estetika bentuk pada fasade bangunan sebagai landmark kebayoran baru, 6.
  13. Monica. (2011, Oktober 2). Efek warna dalam dunia desain dan periklanan. Retrieved from efek warna dalam dunia desain dan periklanan: http://researchdashboard.binus.ac.id/uploads/paper/document/publication/Proceeding/Humaniora/Vol.%202%20No.%202%20Oktober%202011/17_DKV%20%20Monica%20%20Laura%20Christina.pdf
  14. Nugraha, H. (2016, Maret 19). Teori warna. Retrieved from teori warna: http://nugrahaheru.com/teoriwarna/
  15. Putra, H. E. (2017). Materi Estetika. Retrieved from Materi Estetik: http://www.academia.edu/17266863/Materi_esterikanya
  16. Sastra, M. S. (2013). Inspirasi Fasade Rumah Tinggal. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
  17. Sinarwastu, E. (2016). Tinjauan Umum Shopping Mall. Retrieved from Tinjauan Umum Shopping Mall: http://ejournal.uajy.ac.id/9075/3/2TA13109.pdf
  18. Steven Richard Kamurahan,dkk. (2014). Studi persepsi masyarakat terhadap estetika desain. Retrieved from studi persepsi masyarakat terhadap estetika desain: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmm/article/viewFile/5584/5123
  19. Susiyo, G. (2013, September 15). Sign System. Retrieved from Sign System: http://syirastudio.blogspot.co.id/2013/09/sign-system-2.html
  20. Tye, T. (2016, Februari 24). M Mall O2O. Retrieved from M Mall O2O : http://www.penangtraveltips.com/m-mallo2o.htm
  21. Wartina, I. (2015). Kajian Terhadap Penempatan Papan Reklame Untuk Menjaga Kualitas Visual Kawasan Komersial Dan Kawasan Konservasi (Jalan Hamka, jalan By Pass Indarung, jalan Pondok dan jalan Niaga – Padang). Kajian terhadap penempatan papan reklame untuk menjaga kualitas visual kawasan komersial dan kawasan konservasi, 5.