BibTex Citation Data :
@article{Nusa49560, author = {Elvira Navolany and Riris Tiani}, title = {Pola Pemerolehan Bahasa pada Sistem Fonetik Artikulatoris Anak Balita melalui Media Audio Visual (PAUD Soka Indah-Semarang)}, journal = {Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra}, volume = {17}, number = {4}, year = {2022}, keywords = {pemerolehan bahasa, perubahan bunyi, transkripsi fonetis, audio visual}, abstract = { Bahasa sebagai alat interaksi sosial harus dikuasai seseorang sejak dini. Pemerolehan bahasa dimulai sejak dini akan meningkatkan kualitas hidup manusia untuk menunjang aspek interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pemerolehan bahasa akibat pengaruh media audio visual pada anak balita. Penelitian ini menggunakan teori psikolinguistik, dengan ilmu bantu fonologi dan teori kognitif pada pemerolehan bahasa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan survei dan observasi perilaku berbahasa di dalam peristiwa tutur dan menggunakan teknik SLC bersamaan dengan teknik rekam dan catat. Analisis data menggunakan metode padan dengan teknik dasar pilah unsur penentu (PUP) dan teknik lanjutan hubung banding membedakan (HBB). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan anak balita dalam berbahasa sangat beragam. Terjadi beberapa variasi perubahan bunyi seperti, asimilasi, aferesis, sinkope, dan apokope pada pelafalan kosakata. Adapun keluarga dan lingkungan menjadi faktor penunjang dalam pengayaan kosakata. }, issn = {2597-9558}, pages = {329--344} doi = {10.14710/nusa.17.3.319-334}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/nusa/article/view/49560} }
Refworks Citation Data :
Bahasa sebagai alat interaksi sosial harus dikuasai seseorang sejak dini. Pemerolehan bahasa dimulai sejak dini akan meningkatkan kualitas hidup manusia untuk menunjang aspek interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pemerolehan bahasa akibat pengaruh media audio visual pada anak balita. Penelitian ini menggunakan teori psikolinguistik, dengan ilmu bantu fonologi dan teori kognitif pada pemerolehan bahasa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan survei dan observasi perilaku berbahasa di dalam peristiwa tutur dan menggunakan teknik SLC bersamaan dengan teknik rekam dan catat. Analisis data menggunakan metode padan dengan teknik dasar pilah unsur penentu (PUP) dan teknik lanjutan hubung banding membedakan (HBB). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan anak balita dalam berbahasa sangat beragam. Terjadi beberapa variasi perubahan bunyi seperti, asimilasi, aferesis, sinkope, dan apokope pada pelafalan kosakata. Adapun keluarga dan lingkungan menjadi faktor penunjang dalam pengayaan kosakata.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-10-09 21:44:03
Nusa oleh http://ejournal.undip.ac.id/index.php/nusa disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. View statistics