skip to main content

Kajian Dampak Rencana Pembangunan Kawasan Wisata Marina di Pesisir Kabupaten Belitung terhadap Kualitas Lingkungan Sekitarnya

*Mardi Wibowo orcid  -  Balai Teknologi Infrastruktur Pelabuhan dan Dinamika Pantai - BPPT, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Pada dasarnya semua kegiatan pembangunan khususnya di kawasan pesisir akan menimbulkan perubahan terhadap lingkungan sekitarnya baik yang positif maupun negatif. Tidak terkecuali rencana pembangunan kawasan marina di pantai Tanjungpendam Kabupaten Belitung pasti akan menimbulkan dampak terhadap kualitas lingkungan perairan di sekitarnya. Metode yang dipakai dalam kajian ini adalah kompilasi dan analisis data sekunder, melakukan tinjauan dan observasi lapangan, analisis data sekunder yang ada, analisis desain kawasan marina yang akan dibangun, memperkirakan dampak  lingkungan serta menyusun usulan untuk pengelolaan dan pemantauan dampak yang mungkin terjadi. Pada tahap konstruksi dan operasional kawasan marina, dampak terhadap lingkungan yang mungkin terjadi adalah menurunnya kualitas perairan laut, kualitas udara, terjadinya perubahan pola arus, abrasi dan sedimentasi serta terganggunya kehidupan biota yang ada di sekitar dermaga. Dampak-dampak lingkungan yang ditimbulkan umumnya dikategorikan sebagai dampak negatif dan bersifat terus menerus. Untuk meminimalisir dampak negatif yang mungkin timbul diperlukan adanya upaya pengelolaan lingkungan dan upaya pemantauan lingkungan.
Fulltext View|Download
Keywords: dampak lingkungan; kawasan marina; upaya pengelolan; upaya pemantauan
Funding: Balai Teknologi Infrstruktur Pelabuhan dan DinamikaPantai – BPPT

Article Metrics:

Last update: 2021-06-13 14:38:19

  1. Land Use Change and Suitability Analysis in Coastal Area

    L Warlina, A Ikhsan. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 127 , 2020. doi: 10.1088/1757-899X/879/1/012161

Last update: 2021-06-13 14:38:19

  1. Land Use Change and Suitability Analysis in Coastal Area

    L Warlina, A Ikhsan. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 127 , 2020. doi: 10.1088/1757-899X/879/1/012161