Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Presipitasi memuat hasil penelitian di bidang lingkungan yang belum pernah diterbitkan maupun yang sedang dipertimbangkan penerbitannya di penerbitan lain.

Lingkup Jurnal Presipitasi meliputi:

  • Teknologi Pencegahan dan Pengendalian Pencemaran Lingkungan
  • Manajemen dan Rekayasa Lingkungan

 

Section Policies

Review Article

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Research Article

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Artikel-artikel yang dipublikasikan di  Jurnal Presipitasi direview terlebih dahulu oleh Mitra Bebestari (Reviewer) sebelum diterbitkan. Keputusan diterima atau tidaknya suatu naskah artikel dibuat oleh Ketua Penyunting dalam forum Sidang Dewan Penyunting berdasarkan atas rekomendasi atau komentar-komentar dari Mitra Bebestari. Screening Plagiarism terhadap naskah-naskah yang masuk ke jurnal ini dilakukan dengan bantuan Google Scholar atau aplikasi Turnitin.

 

Publication Frequency

Publikasi jurnal dilakukan 2 (dua) kali dalam setahun. Yaitu setiap Bulan Maret dan September.

 

Open Access Policy

Web Jurnal Presipitasi ini menyediakan open access content, sehingga memudahkan user untuk mencari jurnal secara bebas terkhusus lagi untuk bertukar pengetahuan secara global.

 

Publication Ethics Statement

Pernyataan di bawah ini menerangkan mengenai kode etik dari semua pihak yang terlibat dalam kegiatan penerbitan artikel pada jurnal, termasuk di dalamnya Penulis, Editor in Chief, Associate Editors, Mitra Bebestari, dan Penerbit. Pernyataan ini berdasar pada COPE’s Best Practice Guidelines for Journal Editors.

Petunjuk untuk Publikasi Jurnal

Publikasi artikel pada a peer-reviewed Jurnal Presipitasi : Media Komunikasi dan Pengembangan Teknik Lingkungan (P-ISSN : 1907-817X dan E-ISSN : 2550-0023) adalah bagian penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan yang berdasar pada sifat koheren dan slaing menghargai. Hal ini merupakan pencerminan langsing dari kualitas kerja penulis dan institusi yang mendukungnya. Artikel Peer reviewed mendukung dan mewujudkan metode ilmiah, sehingga menjadi penting untuk menyetujui standar kode etik bagi semua pihak yang terlibat dalam kegiatan penerbitan artikel pada jurnal, termasuk di dalamnya Penulis, Editor in Chief, Associate Editors, Mitra Bebestari, Penerbit dan masyarakat.

Unversitas Diponegoro sebagai penerbit Presipitasi : Media Komunikasi dan Pengembangan Teknik Lingkungan  menjalankan kewajiban secara serius untuk menjaga setiap langkah kegiatan penerbitan dan memahami kode etik serta tanggung jawab lainnya. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan, pencetakan, dan kegiatan lain yang menghasilkan pemasukan lainnya tidak mempunyai dampak pada keputusan editorial. Lebih lanjut, Universitas Diponegoro dan Dewan Redaksi akan membantu berkomunikasi dengan jurnal dan/atau penerbit lain bila mana diperlukan.

Keputusan Penerbitan

Editor in Chief dari J Presipitasi : Media Komunikasi dan Pengembangan Teknik Lingkungan  bertanggung jawab untuk memutuskan memilih artikel yang akan diterbitkan dari artikel yang di submit ke jurnal. Dalam membuat keputusan, Editor in Chief dapat dibantu oleh Associate Editors dan dibatasi oleh ketentuan hukum mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Para associate editor dapat berunding dengan editor yang lain dalam membuat keputusan ini.

Fair Play

Editor in Chief mengevaluasi artikel tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, etnis, kewarganegaraan, dan/atau afiliasi politik dari Penulis.

Kerahasiaan

Editor in Chief dan Assicoate Editors tidak diperbolehkan mengungkapkan informasi apa pun tentang artikel kepada pihak lain selain Penulis, Mitra Bebestari, dan Penerbit sebagaimana mestinya.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Materi atau bahan dalam artikel yang tidak dipublikasikan dalam sebuah artikel yang diajukan tidak boleh digunakan dalam penelitian Dewan Editor tanpa persetujuan tertulis dari Penulis.

Tugas Mitra Bebestari

Kontribusi untuk Keputusan Editorial

Mitra Bebestari membantu Editor in Chief dalam membuat keputusan editorial serta membantu penulis dalam meningkatkan kualitas artikel.

Promptness

Setiap Mitra Bebestari yang dipilih, yang merasa tidak memenuhi syarat untuk me-review artikel atau merasa tidak berkeinginan untuk me-review suatu artikel harus memberitahu Editor in Chief dan mohon diri dari proses review artikel.

Kerahasiaan

Setiap artikel yang diterima untuk di-review harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Artikel tidak boleh ditampilkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali diizinkan oleh Editor in Chief.

Standar Objektivitas

Proses review harus dilakukan secara objektif. Mitra Bebestari harus mengekspresikan pandangan mereka dengan jelas, objektif, dan dengan menggunakan argumen yang mendukung.

Pengakuan Sumber

Mitra Bebestari harus mengidentifikasi karya relevan yang telah diterbitkan yang belum dikutip oleh Penulis. Pernyataan bahwa observasi, derivasi, atau argumen yang telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Mitra Bebestari menginformasikan kepada Editor in Chief bila ada kesamaan substansial atau tumpang tindih antara artikel yang sedang di-review dan artikel lain yang telah diterbitkan dari pengetahuan pribadi yang mereka miliki.

Pengungkapan dan Benturan Kepentingan

Informasi istimewa atau ide yang diperoleh melalui proses peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak boleh digunakan untuk keuntungan pribadi. Mitra Bebestari tidak diperbolehkan untuk me-review naskah di mana mereka memiliki konflik kepentingan akibat kompetisi, kolaborasi, atau hubungan lainnya dengan salah satu Penulis, perusahaan, atau lembaga yang berhubungan dengan artikel.

Tugas Penulis

Standar Pelaporan

Penulis harus menyajikan laporan yang akurat dari penelitian yang dilakukan serta melakukan pembahasan yang objektif. Data yang mendasari harus tampilkan secara akurat di artikel. Sebuah artikel harus mengandung detail dan referensi yang cukup sehingga orang lain dapat mereplikasi kegiatan penelitian yang dilakukan. Penipuan atau pernyataan yang secara sengaja dibuat tidak merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Akses Data dan Retensi

Penulis diminta untuk memberikan data mentah sehubungan dengan artikel untuk proses review, dan harus siap untuk menyediakan akses publik terhadap data tersebut (konsisten dengan ALPSP-STM Statement on Data and Databases), dan jika memungkinkan, dalam hal apa pun siap untuk menyimpan data tersebut dalam waktu yang wajar setelah publikasi.

Orisinalitas dan Plagiarisme

Penulis harus memastikan bahwa karya yang ditulis adalah asli, dan jika penulis telah menggunakan pekerjaan dan/atau kata-kata dari orang lain, bahwa hal ini telah secara tepat dikutip. 

Multiple, Redundant or Concurrent Publication

Seorang penulis tidak boleh secara umum mempublikasikan aetikel yang pada dasarnya menggambarkan penelitian yang sama di satu atau lebih jurnal. Mengirimkan artikel yang sama untuk lebih dari satu jurnal yang bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Pengakuan Sumber

Pengakuan yang tepat dari karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang telah berpengaruh dalam menentukan sifat atau hasil dari pekerjaan yang dilaporkan.