skip to main content

PERAN KETRAMPILAN BELAJAR KONTEKSTUAL DAN KEMAMPUAN EMPATI TERHADAP ADVERSITY INTELLIGENCE PADA MAHASISWA

*Imam Setyawan  -  Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kemampuan mahasiswa dalam mengelola kesulitan dan tantangan yang dihadapi menjadi kunci kesuksesannya menjalani tugas dan kewajiban. Kesulitan dalam menselaraskan pengetahuan yang didapat dengan konteks nyata, masih menjadi warna dari kemampuan mahasiswa. Variabel lain yang menjadi kunci keberhasilan mahasiswa juga terkait dengan kemampuannya mengelola kognisi dan afeksinya, serta memahami kognisi dan afeksi orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara ketrampilan belajar kontekstual dan kemampuan empati dengan adversity intelligence mahasiswa. Variabel kriterium adalah adversity intelligence, sedangkan variabel prediktornya adalah ketrampilan belajar kontekstual dan kemampuan empati. Subjek penelitian terdiri dari 102 mahasiswa Universitas Diponegoro yang diambil secara acak. Metode pengumpulan data dengan self report inventory berupa tiga skala psikologi, Skala Adversity Intelligence dengan reliabilitas (α) sebesar 0,936, Skala Kemampuan Empati dengan reliabilitas (α) sebesar 0,895, dan Skala Ketrampilan Belajar Kontekstual dengan reliabilitas (α) sebesar 0,957.Pengujian hipotesis dengan teknik analisis regresi ganda dengan menggunakan SPSS versi 12.0. Hasil uji statistik pada hipotesis pertama menunjukkan angka koefisien korelasi rxy = 0,638 dengan nilai p = 0,000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara ketrampilan belajar kontekstual dan kemampuan empati dengan adversity intelligence pada mahasiswa. Uji hipotesis kedua menghasilkan angka koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,632, dengan nilai p = 0,000. Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara ketrampilan belajar kontekstual dengan adversity intelligence pada mahasiswa. Hasil uji statistik pada hipotesis ketiga menunjukkan angka koefisien korelasi rxy = 0,438 dengan nilai p = 0,000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan empati dengan adversity intelligence pada mahasiswa.

Kata kunci: adversity intelligence, ketrampilan belajar kontekstual, kemampuan empati

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-10-02 20:20:49

No citation recorded.