BURNOUT DI KALANGAN GURU PENDIDIKAN LUAR BIASA DI KOTA BANDUNG

*Dayne Trikora Wardhani -  Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung Jl. Ir. H. Juanda 367 Bandung, Indonesia
Published: 2 Apr 2012.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Research Article
Language: EN
Full Text:
Statistics: 2449 7533
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku koping dan kepuasan kerja dengan burnout pada guru SLB di Kota Bandung. Sumber data penelitian ini adalah guru SLB di Kota Bandung sebanyak 202 orang yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan diadaptasi dari Maslach Burnout Inventory (Maslach, 1976) dan skala Perilaku Koping dan skala Kepuasan Kerja dalam Occupational Stress Indicator dari Cooper, Sloan, & William (1986). Data hasil penelitian dianalisa menggunakan uji statistik Multi Regression Analysis. Hasil penelitian menunjukkan; (1) perilaku koping (X1) berhubungan secara negatif dan signifikan dengan burnout yang dialami guru SLB (Y), (2) kepuasan kerja  (X2) berhubungan secara negatif dan signifikan dengan burnout yang dialami guru SLB (Y), dan  (3) Perilaku koping (X1) dan Kepuasan Kerja (X2) secara bersama-sama dapat memprediksi secara signifikan terhadap burnout guru SLB (Y).

Kata Kunci: Pendidikan, Guru, Burnout, Kepuasan Kerja, Perilaku Koping

Article Metrics: