PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI VERSUS KEPUASAN KERJA DAN PERANNYA TERHADAP PERILAKU KEWARGANEGARAAN ORGANISASI

*Wustari L.H. Mangundjaya  -  , Indonesia
Published: 2 Oct 2012.
Open Access
Citation Format:
Abstract

Peran serta karyawan sangat penting bagi efektivitas organisasi.Dalam hal ini, karyawan yang dimaksud adalah karyawan yang tidak hanya handal, tetapi juga memiliki loyalitas dan komitmen, serta bersedia untuk memberikan kinerja lebih bagi organisasi, atau biasa disebut dengan Perilaku Kewarganegaraan Organisasi (PKO−Organizational Citizenship Behavior).Untuk itu, perlu mengetahui mengenai variabel yang dapat meningkatkan perilaku kewarganegaraan organisasi, karena dengan karyawan memiliki PKO yang tinggi maka hal ini akandapat membantu organisasi dalam beradaptasi dengan lingkungan (Organ, 2006). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh persepsi terhadap dukungan organisasi dan kepuasan kerja terhadap PKO. Penelitian ini dilakukan pada karyawan yang bekerja di lembaga keuangan (N=203), dengan menggunakan 3 jenis skala pengumpulan data yaitu Persepsi Dukungan Organisai (POS), Kepuasan Kerja, dan Perilaku Kewarganegaraan Organisasi (PKO). Analisis dilakukan dengan menggunakan Korelasi Berganda.Dari penelitian diperoleh hasil yangmenunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan dari kepuasan kerja terhadap PKO (r=0,19; p<0,01), dan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi terhadap Dukungan Organisasi pada PKO (r=0,05; p>0,05). Berdasarkan hasil tersebut, tampak bahwa kepuasan kerja merupakan prediktor dan memiliki peran yang lebih penting terhadap PKOdibandingkan dengan persepsi terhadap dukungan organisasi.

Keywords: Kepuasan Kerja, Perilaku Kewarganegaraan Organisasi, dan Persepsi terhadap Dukungan Organisasi.

Article Metrics:

Last update: 2021-04-15 20:10:21

No citation recorded.

Last update: 2021-04-15 20:10:21

No citation recorded.