skip to main content

Peran Bentuk Adaptasi terhadap Peningkatan Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Bandeng Presto Masa Pandemi Covid-19 Kelurahan Krobokan Kota Semarang

*Samsul Ma'rif  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Kunti Tri Rahmayanti  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Usaha mikro, kecil, dan menengah di Kota Semarang salah satunya bergerak pada bidang kuliner yang memiliki jumlah permintaan yang banyak karena merupakan makanan khas Semarang. Kelurahan Krobokan menjadi sentra industri UMKM bandeng presto terbesar di Kota Semarang. Fenomena pandemi COVID-19 ternyata sangat berdampak terhadap penurunan pendapatan UMKM. Pembatasan pergerakan yang dilakukan menyebabkan penjualan hasil produksi menjadi turun. Usaha dalam mempertahankan kinerja UMKM mulai dilakukan sebagai bentuk adaptasi terhadap perubahan yang terjadi pada masa pandemi sehingga usahanya sebagai mata pencaharian tetap dapat berjalan. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji bentuk adaptasi UMKM yang berperan dalam meningkatkan kinerja selama masa pandemi. Data yang digunakan merupakan data primer yang didapat dari pemilik UMKM. Metode analisis dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan  teknik analisis statistika deskriptif, deskriptif komparatif, dan analisis tipologi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sebesar 90% dari 21 UMKM telah melakukan bentuk adaptasi. Kegiatan pemasaran melalui media sosial merupakan bentuk adaptasi yang paling berperan dalam meningkatkan kinerja UMKM bandeng presto di Kelurahan Krobokan. Hal tersebut menyebabkan dapat bertahannya UMKM bandeng presto di masa pandemi COVID-19.
Fulltext View|Download
Keywords: UMKM, Bandeng Presto, Adaptasi, Kinerja Usaha, Pandemi COVID-19

Article Metrics:

  1. Adian, I., Doumbia, D., Gregory, N., Ragoussis, A., Reddy, A., & Timmis, J. (2020). Small and Medium Enterprises in the Pandemic: Impact, Responses and the Role of Development Finance
  2. Adisamita, R. (2010). Pembangunan Kota Optimum, Efisien dan Mandiri. Yogyakarta: Graha Ilmu
  3. Ariesta, N. A. (2015). ANALISIS ORIENTASI TEORI LOKASI WEBER TERHADAP KEBERADAAN INDUSTRI TEMPE KOTA BANDAR LAMPUNG. (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis)
  4. Aryansah, J. E. (2020). STRATEGI BERTAHAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH SEKTOR KULINER DI MASA PANDEMI COVID-19. Prosiding Applicable Innovation of Engineering and Science Research, 2020(1), 323-329
  5. Baker, W. E. (2020). The impact of entrepreneurial orientation on foreign market entry: the roles of marketing program adaptation, cultural distance, and unanticipated events. ournal of International Entrepreneurship, 18(1), 63-91
  6. Barisa, W. (2021). ADAPTASI USAHA MIKRO KECIL MENEGAH (UMKM) DIMASA PADEMI COVID-19. Publicio: Jurnal Ilmiah Politik, Kebijakan dan Sosial, 3(1), 40-44
  7. Barney, J., & University, M. (1991). Firm Resources and Sustained Competitive Advantage. Journal of Management, Vol. 17, No 1, 99-120
  8. Caballero-Morales, S. O. (2021). Innovation as Recovery Strategy for SMEs in Emerging Economies during the COVID-19 Pandemic. Research in International Business and Finance, 101396
  9. Castillo, A. E.-F. (2019). Factorial Analysis in the Intellectual capital’s dimensions on micro, small, and medium-sized export enterprises. Procedia Computer Science, 567-572
  10. Corvellec, H. (. (2018). Stories of achievements: Narrative features of organizational performance. Routledge
  11. Croes Robertico, J. R. (2020). Tourism specialization, economic growth, human development and transition economies: The case of Poland,Tourism Management,Volume 82, 104181
  12. Demyen, S., & Popa, I. L. (2014). Methods of determining the level of performance achieved by human resources in small and medium sized enterprises, using the analysis of specific indicators. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 124, 43-50
  13. Endraswati, H. (2020). PANDEMI COVID-19 DAN STRATEGI BAGI UMKM: PERSPEKTIF MARKETING DAN KEUANGAN. . COVID-19 DAN TRANSFORMASI KEBERAGAMAAN,76
  14. Eriyanto, Y. D. (2006). Pengelolaan Sumber Air bersih secara Partisipatif di Gunung Merbabu. Semarang: Tugas Akhir tidak diterbitkan. Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro
  15. Ezizwita, E., & Sukma, T. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Bisnis Kuliner Dan Strategi Beradaptasi di Era New Normal. . Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas, 23(1), 51-63
  16. Fadly, H. D., & Sutama, e. (2020). Membangun pemasaran online dan digital branding. Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis Dan Management, 213–222
  17. Farida Eka, d. (2020). Pengembangan Hasil Produksi Oleh-Oleh Terhadap Peningkatan UMKM Di Kota Batu (Studi Kasus Pada UM. Andhini). Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan Vol.4, No.1, 135-144
  18. Indriastuti, M., & Fuad, K. (2020). Impact of Covid-19 on Digital Transformation and Sustainability in Small and Medium Enterprises (SMEs): A Conceptual Framework. In Conference on Complex, Intelligent, and Software Intensive Systems (pp. 471-476)
  19. Kapoor, M., & Aggarwal, V. ( 2020). Tracing the economics behind dynamic capabilities theory. International Journal of Innovation Science, Volume 12, Issue 2, 187-201
  20. Kotler, P., Kartajaya, H., Huan, H. D., & Liu, S. (2004). Rethinking marketing: Sustainable marketing enterprise in Asia. Jakarta: PT INDEK
  21. Kurniasari, P. &. (2011). Analisis Efisiensi Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Industri Kecil Kabupaten Kendal (Studi Kasus pada Industri Kecil Genteng Press di Desa Meteseh Kecamatan Boja)
  22. Lawrence, R. J. (2003). Human ecology and its applications. Science Direct, 31-40
  23. Lee, C., & Hallak, R. (2020). Investigating the effects of offline and online social capital on tourism SME performance: A mixed-methods study of New Zealand entrepreneurs . Tourism Management
  24. Leitão, J. (2018). Theoretical Framework and Proposed Model. Cham: Springer
  25. Lita, R. P., Faisal, R. F., & Meuthia, M. (2020). Enhancing small and medium enterprises performance through innovation in Indonesia, A framework for creative industries supporting tourism. Journal of Hospitality and Tourism Tchnology
  26. Mani, V., Jabbour, C. J., & Mani, K. T. (2020). Supply chain social sustainability in small and medium manufacturing enterprises and firms’ performance: Empirical evidence from an emerging Asian economy. International Journal of Production Economics, 227, 107656
  27. Mulyono, F. (2013). Sumber Daya Perusahaan dalam Teori Resource-based View. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1)
  28. Nainggolan, R. (2018). Model Manajemen Rantai Pasokan Pada Umkm Surabaya. PERWIRA-Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia, 1(1), 70-79
  29. Ndiaye, N. D. (2017). Demystifying small and medium enterprises'(SMEs) performance in emerging and developing economies: empirical evidence from an enterprise survey
  30. Ndubisi, N. O., & Iftikhar, K. (2012). Relationship between entrepreneurship, innovation and performance. Journal of Research in Marketing and entrepreneurship
  31. Oelze, N., & Habisch, A. (2018). Responsible supply chain implementation-Are multinational companies gods and small and medium sized enterprises oxen? Journal of Cleaner Production, 179, 738-752
  32. Oruonye, E. D., Ahmed, Y., & Idris, M. (2020). Impact of Covid-19 on Informal Sector and Livelihood Sustainability in Nigeria: A Conceptual Approach. Jalingo Journal of Social and Management Sciences, Volume 2, Number 4, 195
  33. Pattipeilohy, V. R. (2018). Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing: Pengaruhnya terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada Usaha Nasi Kuning di Kelurahan Batu Meja Kota Ambon). Jurnal Maneksi, 7(1), 66-73
  34. Retnaningsih, C., & Ruenda, O. (2020). Adaptasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Bandeng Presto Selama Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus di Kota Semarang. Seminar Nasional Lahan Suboptimal (No. 1). Semarang
  35. Saari, S. (2006). Productivity. Theory and measurement in business. European productivity conference
  36. Salman, A. L., & Latif, Y. (2020). Unleashing the importance of creativity, experience and intellectual capital in the adaptation of export marketing strategy and competitive position. PLoS One, 15(11), e0241670
  37. Savitri, E., & al, e. (2020). How Supply Chain Moderates the Relationship of Entrepreneurial Orientation, Adaptability Strategy and Government Interference with Performance? Int. J Sup. Chain. Mgt Vol. 9, No. 4, 355-362
  38. Schumpeter, J. (1942). Capitalism, socialism and democracy (5th ed.). London: George Allen & Unwin
  39. Sibarani, S. (2020). INOVASI PRODUK BAGI UMKM DI TENGAH PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN SUDUT PANDANG HUKUM DAN DEMOKRASI. SOL JUSTISIO, 2(2 DESEMBER), 256-263
  40. Siregar, B. W. (n.d.). Ekonomi Mikro
  41. Sitompul, C. (2012). A supply chain planning for small and medium enterprises. Procedia Economics and Finance, 4, 384-389
  42. Suharjono, G., R.M, N. B., & Nadiasa, M. (2014). ANALISIS FAKTOR KINERJA PENGELOLAAAN AIR BERSIH PERDESAAN DI KABUPATEN BULELENG. Jurnal Spektran, 28-35
  43. Sultan, S., & Sultan, W. I. (2020). Women MSMEs in times of crisis: challenges and opportunities. Journal of Small Business and Enterprise Development.Vol. 27 No. 7, 1069-1083
  44. Suryani, Y. (2015). Teori Lokasi Dalam Penentuan Pembangunan Lokasi Pasar Tradisional (Telaah Studi Literatur). Seminar Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (SNEMA) (pp. pp. 152-162). Padang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang
  45. Syafaatul Hidayati, S. M. (2019). TEORI EKONOMI MIKRO. Tanggerang Selatan: Unpam Press
  46. Trianni, A., Cagno, E., Neri, A., & Howard, M. (2019). Measuring industrial sustainability performance: Empirical evidence from Italian and German manufacturing small and medium enterprises. Journal of Cleaner Production ,229, 1355-1376
  47. Webb, A., McQuaid, R., & Rand, S. (2020). Employment in the informal economy: implications of the COVID-19 pandemic. International Journal of Sociology and Social Policy

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-11-21 20:11:18

No citation recorded.