skip to main content

Pendokumentasian Kegagalan pada Peralatan Main Liquid Fuel Pump GTG 1.1 dan Accessories Gear Train GTG 1.1 dengan Menggunakan Metode FMEA (Failure Mode & Effect Analysis)

*Willy Noorasheed  -  Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Toni Prahasto  -  Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Munadi Munadi  -  Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2019 ROTASI

Citation Format:
Abstract

Perawatan suatu asset perusahaan merupakan salah satu aktivitas atau tindakan utama yang dilakukan dengan tujuan meningkatkan keselamatan kerja serta menekan biaya pengeluaran dari suatu perusahaan. Suatu perusahaan dapat dikatakan maju apabila kondisi pemasukan dari perusahaan tinggi dan pengeluaran kecil. Hal ini berkaitan dengan aktivitas dari perawatan suatu asset. Perawatan yang tidak sesuai memicu kerusakan atau timbulnya modus kegagalan dari suatu asset. Besarnya tingkat kerusakan dan perawatan yang kurang sesuai memberikan peluang akan terjadinya kerusakan baik yang dapat diperbaiki maupun yang harus diganti. Tingginya frekuensi suatu asset yang mengalami kerusakan yang mengharuskan untuk dilakukan pergantian mempengaruhi kondisi keuangan dari perusahaan tersebut. Disamping hal tersebut kerusakan pada suatu asset juga dapat mempengaruhi proses produksi yang berlangsung pada suatu perusahaan tersebut. Maka agar masalah tersebut teratasi salah satu solusi yang mampu mengatasi atau mengurangi tingkat kerusakan pada suatu asset yaitu melakukan perawatan yang sesuai. Pada penelitian ini akan dilakukan analisa terkait kondisi suatu asset yang rawan akan mengalami suatu kerusakan dengan menggunakan metode failure mode & effect analysis (FMEA). pada metode ini akan diidentifikasi mode kegagalan yang terjadi pada asset yang terkait. Proses identifikasi tersebut maka akan diberikan penilaian sesuai kondisi asset dilapangan. Dengan nilai tersebut maka dapat digunakan untuk memprioritaskan asset yang akan dilakukan tindakan perawatan. Hasil dari Penelitian ini didapatkan besar dari frekuensi terkecil excitation transformer (PPT) GTG 1.1, protection relay GTG 1.1, liquid fuel stop valve GTG 1.1, load compartment GTG 1.1  dengan memiliki frekuensi sebesar 52.3 minggu/ kegagalan.

Fulltext View|Download
Keywords: asset; frekuensi; failure mode & effect analysis; failure Mode

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-12-24 01:46:05

No citation recorded.