Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{SABDA63054, author = {Dani Kuntardi and Nur'aini Perdani}, title = {Pengaruh Fasilitas Perpustakaan Cafe Comic terhadap Gerakan Literasi Sekolah di Perpustakaan SMA Negeri 1 Grabag Kabupaten Magelang}, journal = {Sabda: Jurnal Kajian Kebudayaan}, volume = {17}, number = {1}, year = {2022}, keywords = {simple linear regression; quantitative; school literacy movement}, abstract = { Gerakan literasi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa di ruang kelas dengan menyediakan serangkaian kegiatan terstruktur dan terorganisir yang memungkinkan siswa mengakses, memahami, dan menerapkan keterampilan tersebut dengan sukses. Gerakan literasi terdiri dari tiga tahap berbeda: pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Untuk memastikan berjalannya inisiatif literasi sekolah secara efisien, diperlukan banyak elemen pendukung, termasuk sumber daya bacaan yang memadai di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh fasilitas perpustakaan pada café comic terhadap gerakan literasi sekolah di SMA N 1 Grabag Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Penelitian ini melibatkan total 255 siswa kelas X, XI, dan XII SMA Negeri 1 Grabag. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi café comic mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap gerakan literasi sekolah, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, lebih rendah dari ambang batas sebesar 0,05. Selanjutnya nilai koefisien (R Square) sebesar 0,292 menandakan bahwa variabel x (inovasi komik kafe) mempunyai pengaruh sebesar 29,2% terhadap variabel y (gerakan literasi sekolah), dan sisanya sebesar 70,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. }, issn = {2549-1628}, pages = {43--50} doi = {10.14710/sabda.17.1.43-50}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/sabda/article/view/63054} }
Refworks Citation Data :
Gerakan literasi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa di ruang kelas denganmenyediakan serangkaian kegiatan terstruktur dan terorganisir yang memungkinkan siswa mengakses, memahami, dan menerapkan keterampilan tersebut dengan sukses. Gerakan literasi terdiri dari tiga tahap berbeda: pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Untuk memastikan berjalannya inisiatif literasi sekolah secara efisien, diperlukan banyak elemen pendukung, termasuk sumber daya bacaan yang memadai di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh fasilitas perpustakaan pada café comic terhadap gerakan literasi sekolah di SMA N 1 Grabag Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Penelitian ini melibatkan total 255 siswa kelas X, XI, dan XII SMA Negeri 1 Grabag. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi café comic mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap gerakan literasi sekolah, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, lebih rendah dari ambang batas sebesar 0,05. Selanjutnya nilai koefisien (R Square) sebesar 0,292 menandakan bahwa variabel x (inovasi komik kafe) mempunyai pengaruh sebesar 29,2% terhadap variabel y (gerakan literasi sekolah), dan sisanya sebesar 70,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-20 19:40:03
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to SABDA: Jurnal Kajian Kebudayaan and Faculty of Humanities Diponegoro University as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from SABDA: Jurnal Kajian Kebudayaan and Faculty of Humanities Diponegoro University.
SABDA: Jurnal Kajian Kebudayaan and Faculty of Humanities Diponegoro University and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in JTSiskom journal are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
View My Stats