PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN BETA SAHAM TERHADAP PRICE TO BOOK VALUE (STUDI PADA PERUSAHAAN REAL ESTATE DAN PROPERTY YANG LISTED DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2004-2006)

*Tito Perdana Putra -  , Indonesia
M. Chabachib -  , Indonesia
Mulyo Haryanto -  , Indonesia
Irine Rini Demi Pangestuti -  , Indonesia
Published: .
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Research Article
Language: EN
Full Text:
Statistics: 839 5566
Abstract

ABSTRAKSI

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Return on asset (ROA), Debt to equity ratio (DER), Earning per share (EPS), Beta Saham dan DPR terhadap Price to Book Value (PBV).

Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, diperoleh jumlah sampel sebanyak 19 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta f-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan level of significance 5%.

Dari hasil analisis menunjukkan bahwa data EPS dan DER secara parsial signifikan berpengaruh terhadap PBV pada level of significance kurang dari 5%, namun ROA, Beta Saham dan DPR tidak berpengaruh signifikan terhadap PBV dengan signifikansi lebih besar dari 5%. Kemampuan prediksi dari kelima variabel tersebut terhadap DER sebesar 25,8% sebagaimana ditunjukkan oleh besarnya R square sebesar 25,8% sedangkan sisanya 74,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.

Kata Kunci: Return on asset (ROA); Debt to equity ratio (DER); Earning per share (EPS); Beta Saham; DPR; dan Price to Book Value (PBV)

Article Metrics: