skip to main content

MEMBANGUN KEUNGGULAN KOMPETITIF MELALUI ALIANSI STRATEJIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT. POS INDONESIA WILAYAH VI JATENG DAN DIY)

*GL. Hery Prasetya  -  , Indonesia
Edi Rahardja  -  , Indonesia
Retno Hidayati  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

ABSTRAKSI

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antar variabel guna menjawab permasalahan bagaimana inovasi produk, aliansi stratejik dan  perubahan lingkungan menciptakan keunggulan kompetitif yang akan meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini memberikan implikasi teoritis serta implikasi manajerial mengenai langkah yang harus diambil oleh PT. Pos Indonesia untuk meningkatkan kinerja perusahaannya melalui keunggulan kompetitif yang didapat dari inovasi produk, aliansi stratejik dan perubahan lingkungan.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kantor pos di wilayah VI Jateng dan DIY yang sudah on-line. Dari 272 kuesioner yang disebar, yang kembali hanya 111 kuesioner. Data jawaban dari responden tersebut kemudian dianalisis kesesuaiannya dengan model penelitian yang dikembangkan dari kerangka teoritis menggunakan analisis konfirmatori SEM. Dari hasil analisis data terlihat bahwa dari enam hipotesis, hanya empat yang diterima. Perubahan lingkungan terbukti berpengaruh positif terhadap aliansi stratejik dan keunggulan kompetitif, aliansi stratejik berpengaruh positif terhadap keunggulan kompetitif dan keunggulan kompetitif berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Inovasi produk terbukti tidak memiliki pengaruh terhadap aliansi stratejik dan keunggulan kompetitif.

Kata kunci:      Inovasi Produk; Aliansi Stratejik; Perubahan Lingkungan; Keunggulan Kompetitif; dan Kinerja Perusahaan .

Fulltext

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2021-11-30 19:17:41

  1. Exploring the components of the intellectual capital in Troso weaving SMEs

    Ngatindriatun. Regional Science Inquiry, 11 (3), 2019.
  2. The effect of leadership orientation on innovation and its relationship with competitive advantages of small and medium enterprises in Indonesia

    Samsir S.. International Journal of Law and Management, 60 (2), 2018. doi: 10.1108/IJLMA-01-2017-0005