skip to main content

Pengaruh literasi keuangan terhadap pengelolaan keuangan dengan persepsi risiko sebagai variabel intervening pada usaha cafe di kota Ternate (studi kasus pada owner cafe barista shop)

*Jumainda Kasim  -  Jurusan manajemen keuangan universitas khairun ternate, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh literasi keuangan terhadap pengelolaan keuangan dengan persepsi risiko sebagai variabel intervening pada usaha cafe di Kota Ternate. Objek penelitian ini adalah pada usaha cafe di kota ternate 2023. Berdasarkan hasil pengamatan total usaha cafe di Kota Ternate adalah sebanyak 50 cafe. Sehingga jumlah sampel yang dipeoleh adalah 50dari jumlah populasi. Alat uji yang digunakan adalah analisi Partial Least square (PLS) menggunakan software SmartPLS SEM (partial least square-Structural Equation Modeling)
Hasil penelitianini menunjukkan bahwa: (1) literasi keuangan tidak berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan, (2) literasi keuangan berpengaruh terhadap persepsi risiko, (3) persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan, dan (4) literasi keuangan terhadap pengelolaan keuangan tidak memediasi risiko bisnis.

Kata Kunci: literasi keuangan, pengelolaan keuangan, persepsi risiko

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-08-31 07:39:51

No citation recorded.