Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{JSMO66312, author = {Arikatul Maimunah}, title = {Peran Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi Dalam Mendorong Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswi Muslim Melalui Pendekatan Theory Planned Behavior}, journal = {JURNAL STUDI MANAJEMEN ORGANISASI}, volume = {21}, number = {2}, year = {2024}, keywords = {Theory of Planned Behavior, religiusitas, intensi berwirausaha, mahasiswi Muslim, kewirausahaan.}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran religiusitas sebagai variabel moderasi dalam mendorong intensi berwirausaha pada mahasiswi Muslim di Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Pendekatan yang digunakan adalah Theory of Planned Behavior (TPB), yang mencakup variabel sikap, norma subyektif, dan persepsi kontrol perilaku sebagai prediktor utama niat berwirausaha. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada 100 mahasiswi Muslim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas berperan signifikan dalam memoderasi pengaruh sikap, norma subyektif, dan kontrol perilaku terhadap niat berwirausaha. Temuan ini mengindikasikan bahwa religiusitas dapat memperkuat niat berwirausaha di kalangan mahasiswi Muslim, yang berimplikasi pada pentingnya nilai-nilai agama dalam pendidikan kewirausahaan. }, pages = {145--164} doi = {10.14710/jsmo.v21i2.66312}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/smo/article/view/66312} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran religiusitas sebagai variabel moderasi dalam mendorong intensi berwirausaha pada mahasiswi Muslim di Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Pendekatan yang digunakan adalah Theory of Planned Behavior (TPB), yang mencakup variabel sikap, norma subyektif, dan persepsi kontrol perilaku sebagai prediktor utama niat berwirausaha. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada 100 mahasiswi Muslim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas berperan signifikan dalam memoderasi pengaruh sikap, norma subyektif, dan kontrol perilaku terhadap niat berwirausaha. Temuan ini mengindikasikan bahwa religiusitas dapat memperkuat niat berwirausaha di kalangan mahasiswi Muslim, yang berimplikasi pada pentingnya nilai-nilai agama dalam pendidikan kewirausahaan.
Note: This article has supplementary file(s).
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2025-07-26 21:51:54
In order to be accepted and published by Jurnal Studi Manajemen Organisasi, the author (s) who submit a manuscript should complete the review process. Jurnal Studi Manajemen Organisasi articles are distributed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0). Articles can be read, shared, and adapted even for commercial purposes under the following conditions:
The copyright of received articles is assigned to the author (s). The author (s) have the right to the articles that have been published. The Editorial Team of Jurnal Studi Manajemen Organisasi and the Author(s) strive to ensure that no errors occur in the articles that have been published, both data errors and statements in the articles. Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during submission, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.
View My Stats
Jurnal Studi Manajemen Organisasi (e-ISSN : 2828-4534) is a scientific journal published by Management Departement Faculty of Economics and Business Diponegoro University under license Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.