Minimisasi Hambatan Dan Gerak Vertikal Kapal Multihull Catamaran Dengan Centerbulbs

DOI: https://doi.org/10.14710/teknik.v39i1.10565

Article Metrics: (Click on the Metric tab below to see the detail)

Article Info
Telah diserahkan: 15-03-2016
Diterbitkan: 31-07-2018
Bagian: Artikel
Fulltext PDF Tell your colleagues Kirim email ke penulis

Hambatan yang kompleks pada kapal multihull catamaran timbul akibat efek interaksi komponen hambatan dan gelombang pada lambung kapal. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi hambatan yang terjadi pada lambung kapal catamaran yang disebabkan interaksi komponen hambatan dan gelombang dengan penambahan centerbulb. Analisa hambatan total kapal catamaran dihitung menggunakan software berbasis Computational Fluid Dynamics. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapal catamaran S/L 0.2 dengan penambahan centerbulb adalah kapal yang paling efektif karena dapat mengurangi hambatan sebesar 8-14% dan memiliki respon gerakan vertikal minimum pada kecepatan Fn 0.28.

Kata Kunci

catamaran; centerbulb; hambatan; vertical motion

  1. Rahmat Prio Aprijal 
    Departemen Teknik Perkapalan Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
  2. Samuel Samuel 
    Departemen Teknik Perkapalan Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
  3. Muhammad Iqbal 
    Departemen Teknik Perkapalan Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
  1. Bhattacharya, R (1978). Dynamics of Marine Vehicles, New York: Wiley
  2. Bruzzone, D., Grasso, A., & Zotti, I. (2008). Nonlinear seakeeping analysis of catamarans with central bulb. Proceedings of the 6th conference on high-performance marine vehicles, Naples, Italy, 47-61.
  3. Danısman, D. B. (2014). Reduction of demi-hull wave interference resistance in fast displacement catamarans utilizing an optimized centerbulb concept. Ocean Engineering, 91, 227–234
  4. Djatmiko, E. B. (2012). Perilaku dan Operabilitas Bangunan Laut di Atas Gelombang Acak. Surabaya: ITS Press
  5. Iqbal, M., & Rindo, G. (2015). Optimasi bentuk demihull kapal catamaran untuk meningkatkan kualitas. Jurnal Teknik Perkapalan Fakultas Teknik UNDIP, 12(1), 19–24
  6. Jamaluddin, A., Utama, I.K.A.P., Widodo, B., & Molland, A.F. (2013). Experimental and numerical study of the Resistance Component Interactions of catamarans. Journal of Engineering for the Maritime Environment, 227(1), 51–60
  7. Molland, A.F., Wellicome, J.F. & Couser, P.R. (1994). Resistance experiments on a systematic series of high speed displacement catamaran forms: variation of length-displacement ratio and breadth-draught ratio, Southampton: UK University of Southampton
  8. Tello, M., Ribeiro, S., Silva, E., Soares, C. & Guedes. (2011) Seakeeping performance of fishing vessels in irregular waves. Ocean Engineering, 38(5–6), 763–773
  9. Zotti, I. (2007). Medium speed catamaran with large centralbulbs: experimental investigation on resistance and vertical motions. Proceedings of ICMRT'07. Ischia, Naples, Italy