Minimisasi Hambatan Dan Gerak Vertikal Kapal Multihull Catamaran Dengan Centerbulbs

ANALISA PENGARUH CENTERBULBS TERHADAP HAMBATAN DAN VERTICAL MOTION PADA KAPAL CATAMARAN

*Rahmat Prio Aprijal  -  Departemen Teknik Perkapalan Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Samuel Samuel  -  Departemen Teknik Perkapalan Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Muhammad Iqbal  -  Departemen Teknik Perkapalan Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 15 Mar 2016; Published: 31 Jul 2018.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Artikel
Language: ID
Statistics: 647 400
Abstract

ABSTRAK

Kapal multihull, terutama catamaran adalah kapal yang menarik untuk dikaji. Dalam segi stabilitas catamaran memiliki stabilitas kapal yang lebih baik, tetapi permasalahan yang sering timbul terkait masalah hambatan. Hambatan catamaran lebih kompleks dibandingkan dengan kapal monohull. Permasalahan yang timbul akibat efek interaksi komponen hambatan dan gelombang pada lambung kapal multihull. Dari permasalahan tersebut munculah eksperimen untuk melakukan penambahan centerbulb pada kapal catamaran. Centerbulb berguna untuk mengurangi hambatan yang terjadi pada lambung kapal yang disebabkan interaksi komponen hambatan dan gelombang. Analisa perhitungan hambatan total kapal Catamaran dihitung menggunakan software berbasis CFD yaitu ANSYS v 14.0 dan menggunakan variasi kecepatan pada Fn=0.28, Fn=0.47, Fn=0.65 serta variasi jarak antar lambung pada S/L=0.2, S/L=0.3, dan S/L=0.4. hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa, kapal catamaran dengan S/L 0.2 dan penambahan centerbulb adalah kapal yang paling efektif karena dapat mengurangi hambatan sebesar 8-14%, dan kapal tersebut memiliki respon gerakan vertical motion yang memenuhi kriteria dan paling minimum pada kecepatan Fn 0.28.

Kata kunci : Catamaran, Centerbulb, Hambatan, Vertical Motion
Keywords: Catamaran, Centerbulb, Hambatan, Vertical Motion

Article Metrics:

  1. Bhattacharya, R (1978). Dynamics of Marine Vehicles, New York: Wiley
  2. Bruzzone, D., Grasso, A., & Zotti, I. (2008). Nonlinear seakeeping analysis of catamarans with central bulb. Proceedings of the 6th conference on high-performance marine vehicles, Naples, Italy, 47-61.
  3. Danısman, D. B. (2014). Reduction of demi-hull wave interference resistance in fast displacement catamarans utilizing an optimized centerbulb concept. Ocean Engineering, 91, 227–234
  4. Djatmiko, E. B. (2012). Perilaku dan Operabilitas Bangunan Laut di Atas Gelombang Acak. Surabaya: ITS Press
  5. Iqbal, M., & Rindo, G. (2015). Optimasi bentuk demihull kapal catamaran untuk meningkatkan kualitas. Jurnal Teknik Perkapalan Fakultas Teknik UNDIP, 12(1), 19–24
  6. Jamaluddin, A., Utama, I.K.A.P., Widodo, B., & Molland, A.F. (2013). Experimental and numerical study of the Resistance Component Interactions of catamarans. Journal of Engineering for the Maritime Environment, 227(1), 51–60
  7. Molland, A.F., Wellicome, J.F. & Couser, P.R. (1994). Resistance experiments on a systematic series of high speed displacement catamaran forms: variation of length-displacement ratio and breadth-draught ratio, Southampton: UK University of Southampton
  8. Tello, M., Ribeiro, S., Silva, E., Soares, C. & Guedes. (2011) Seakeeping performance of fishing vessels in irregular waves. Ocean Engineering, 38(5–6), 763–773
  9. Zotti, I. (2007). Medium speed catamaran with large centralbulbs: experimental investigation on resistance and vertical motions. Proceedings of ICMRT'07. Ischia, Naples, Italy