Solusi Jalan Satu Arah di Kota Yogyakarta

*Prima J. Romadhona -  Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Islam Indonesia, Indonesia
Received: 17 Mar 2017; Published: 31 Jul 2018.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Artikel
Language: ID
Full Text:
Statistics: 522 611
Abstract

Berbanding linear dengan pesatnya pembangunan tata guna lahan yang ada, Yogyakarta berkembang menjadi suatu kota modern dengan mobilitas yang tinggi. Namun, infrastruktur jalan di Kota Yogyakarta saat ini belum dapat memfasilitasi penambahan kendaraan bermotor yang sangat cepat sehingga kemacetan menjadi hal yang sering dilihat di beberapa lokasi. Kebijakan jangka pendek yang bisa ditempuh untuk mengurangi kemacetan adalah melakukan sistem jalan satu arah. Artikel ini memuat kajian kinerja simulasi jalan satu arah pada dua loop terindentifikasi kemacetan, yaitu Loop I: Jalan Prawirotaman-Sisingamangaraja-Parangtritis- Menukan dan Loop II: Jalan Pramuka- Gambiran Selatan-Perintis Kemerdekaan Barat. Data primer berasal dari survei kecepatan dan volume kendaraan pada kedua loop tersebut dan didukung oleh data sekunder yang diperoleh dari Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta. Kedua datatersebut menjadi materi untuk disimulasikan dengan software PTV VISSIM sehingga didapatkan kinerja jalan sebelum dan sesudah menggunakan metode satu arah. Hasilnya, terjadi peningkatan kinerja dengan menurunnya derajat jenuh sebesar55% dan peningkatan kecepatan hingga mencapai 19% pada ruas jalan yang diberlakukan manajemen lalu lintas satu arah. Di sisi lain penerapan lalu lintas satu arah berefek pada penurunan kinerja pada ruas jalan di sekitarnya dengan meningkatnya derajat jenuh sebesar4% tapi terjadi peningkatan kecepatan 5% di ruas jalan yang lain lagi.

Keywords
kinerja ruas jala; satu arah; derajat jenuh jalan; VISSIM

Article Metrics:

  1. Bolla, M. E., Messah, A. Y., & Johanes, L. (2015). Kajian Penerapan Rekayasa Lalu Lintas Sistem Satu Arah Pada Simpang Tiga Straat A Kota Kupang. Jurnal Teknik Sipil, 4(2), 217-230.
  2. Badan Pusat Statistik Kota Yogyakarta. (2014). Kota Yogyakarta Dalam Angka 2013. Yogyakarta: Bappeda Kota Yogyakarta
  3. Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta. (2014). Pekerjaan Survey Dan Updating Kinerja Lalu lintas (volume dan kecepatan). Yogyakarta: Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta
  4. Direktorat Jenderal Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta: Direktorat Bina Jalan Kota
  5. Firdaus, O., & Sabri, F. (2013). Pengaruh Penerapan Jalan Satu Arah Terhadap Jalan Kolektor Sekunder. Jurnal Fropil, 1(2), 125-133
  6. Jaya, I. PA., Suthanaya, P. A., & Priyanta, D. (2013). Analisa Kinerja Simpang dan Pembebanan Ruas Jalan Pada Pengelolaan Lalu Lintas Dengan Sistem Satu Arah. Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil, 2(1), 1-8
  7. Kumita, Saleh, M.S., & Isya, M. (2015). Manajemen Lalu Lintas Pada Jalan Teuku Abdurrahman Meunasah Meucap Sebagai Jalan Masuk Universitas Almuslim. Jurnal Teknik Sipil Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, (4)1, 96-107
  8. Megahmi, N., Isya, M., & Anggraini, R. (2012). Evaluasi Kinerja Jalan di Banda Aceh dan Penerapan Manajemen Lalu Lintas. Jurnal Teknik Sipil, 1(1), 65-73
  9. Munawar. (2013). Tingkat Kemacetan Meningkat 45%, Yogya Perlu Perbaiki Kualitas Angkutan Umum. Diakses dari http://www.unisifm.com/tingkat-kemacetan-meningkat-45-yogya-perlu-perbaiki-kualitas-angkutan-umum-yogya-radio-jogja/#.VvGtwOJ97IU, tanggal 15 Februari 2016.
  10. Kementerian Perhubungan. (2015). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 96 tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen Lalu Lintas. (2015). Jakarta: Kementerian Perhubungan
  11. Piu,Y., Kadir, Y., & Desei, FL. (2014). Analisa Kinerja Ruas Jalan di Sekitar Kawasan Kampus 1 Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 1(1), 1-15
  12. Pramanasari, R., Qomariyah, N., Purwanto, D., & Yulipriyono, E. (2014). Penerapan Manajemen Lalu Lintas Satu Arah Pada Ruas Jalan Sultan Agung - Sisingamangaraja - Dr. Wahidin Kota Semarang untuk Pemerataan Sebaran Beban Lalu Lintas. Jurnal Karya Teknik Sipil, 3(1), 142-153
  13. Purwanto, D. & Yulipriyono, E. (2015). Efektivitas Pemberlakuan Sistem Satu Arah pada Jalan Indraprasta Kota Semarang dalam Rangka Pemerataan Sebran Beban Lalu Lintas. Jurnal Media Komunikasi Teknik Sipil, 21(1), 47-55
  14. Yulipriyono, E & Basuki, K.H. (2009). Manajemen Arus Lalu Lintas pada Sistem Jaringan Jalan Kota Semarang Menggunakan Perangkat Lunak EMME2, Jurnal Media Komunikasi Teknik Sipil, 17(3), 257-271