Solusi Jalan Satu Arah di Kota Yogyakarta

*Prima J. Romadhona -  Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Islam Indonesia, Indonesia
Dikirim: 17 Mar 2017; Diterbitkan: 31 Jul 2018.
Akses Terbuka
Citation Format:
Article Info
Bagian: Artikel
Bahasa: ID
Teks Lengkap:
Statistik: 327 375
Sari
Berbanding  linear  dengan  pesatnya  pembangunan  tata  guna  lahan  yang  ada,  Yogyakarta  berkembang menjadi suatu kota modern dengan mobilitas yang tinggi. Namun, infrastruktur jalan di Kota Yogyakarta saat  ini  belum  dapat  memfasilitasi  penambahan  kendaraan  bermotor  yang  sangat  cepat  sehingga kemacetan  menjadi  hal  yang  sering  dilihat  di  beberapa  lokasi.  Kebijakan  jangka  pendek  yang  bisa ditempuh  untuk  mengurangi  kemacetan  adalah  melakukan  sistem  jalan  satu  arah.  Artikel  ini  memuat kajian  kinerja  simulasi  jalan  satu  arah  pada  dua  loop  terindentifikasi  kemacetan,  yaitu  Loop  I:  Jalan Prawirotaman-Sisingamangaraja-Parangtritis-  Menukan  dan  Loop  II:  Jalan  Pramuka-  Gambiran Selatan-Perintis Kemerdekaan Barat.  Data primer berasal dari survei kecepatan dan volume kendaraan pada kedua loop tersebut dan didukung oleh data sekunder yang diperoleh dari Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta.  Kedua  data  tersebut  menjadi  materi  untuk  disimulasikan  dengan  software  PTV  VISSIM sehingga  didapatkan  kinerja  jalan  sebelum  dan  sesudah  menggunakan  metode  satu  arah.  Hasilnya, terjadi  peningkatan  kinerja  dengan  menurunnya  derajat  jenuh  sebesar55%  dan  peningkatan  kecepatan hingga mencapai 19% pada ruas jalan yang diberlakukan manajemen lalu lintas satu arah. Di sisi lain penerapan  lalu  lintas  satu  arah  berefek  pada  penurunan  kinerja  pada  ruas  jalan  di  sekitarnya  dengan meningkatnya  derajat  jenuh  sebesar  4%  tapi  terjadi  peningkatan  kecepatan  5%  di  ruas  jalan  yang  lain lagi.
Kata Kunci
kinerja ruas jala; satu arah; derajat jenuh jalan; VISSIM

Article Metrics:

  1. Bolla, M. E., Messah, A. Y., & Johanes, L. (2015). Kajian Penerapan Rekayasa Lalu Lintas Sistem Satu Arah Pada Simpang Tiga Straat A Kota Kupang. Jurnal Teknik Sipil, 4(2), 217-230.
  2. Badan Pusat Statistik Kota Yogyakarta. (2014). Kota Yogyakarta Dalam Angka 2013. Yogyakarta: Bappeda Kota Yogyakarta
  3. Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta. (2014). Pekerjaan Survey Dan Updating Kinerja Lalu lintas (volume dan kecepatan). Yogyakarta: Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta
  4. Direktorat Jenderal Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta: Direktorat Bina Jalan Kota
  5. Firdaus, O., & Sabri, F. (2013). Pengaruh Penerapan Jalan Satu Arah Terhadap Jalan Kolektor Sekunder. Jurnal Fropil, 1(2), 125-133
  6. Jaya, I. PA., Suthanaya, P. A., & Priyanta, D. (2013). Analisa Kinerja Simpang dan Pembebanan Ruas Jalan Pada Pengelolaan Lalu Lintas Dengan Sistem Satu Arah. Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil, 2(1), 1-8
  7. Kumita, Saleh, M.S., & Isya, M. (2015). Manajemen Lalu Lintas Pada Jalan Teuku Abdurrahman Meunasah Meucap Sebagai Jalan Masuk Universitas Almuslim. Jurnal Teknik Sipil Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, (4)1, 96-107
  8. Megahmi, N., Isya, M., & Anggraini, R. (2012). Evaluasi Kinerja Jalan di Banda Aceh dan Penerapan Manajemen Lalu Lintas. Jurnal Teknik Sipil, 1(1), 65-73
  9. Munawar. (2013). Tingkat Kemacetan Meningkat 45%, Yogya Perlu Perbaiki Kualitas Angkutan Umum. Diakses dari http://www.unisifm.com/tingkat-kemacetan-meningkat-45-yogya-perlu-perbaiki-kualitas-angkutan-umum-yogya-radio-jogja/#.VvGtwOJ97IU, tanggal 15 Februari 2016.
  10. Kementerian Perhubungan. (2015). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 96 tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen Lalu Lintas. (2015). Jakarta: Kementerian Perhubungan
  11. Piu,Y., Kadir, Y., & Desei, FL. (2014). Analisa Kinerja Ruas Jalan di Sekitar Kawasan Kampus 1 Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 1(1), 1-15
  12. Pramanasari, R., Qomariyah, N., Purwanto, D., & Yulipriyono, E. (2014). Penerapan Manajemen Lalu Lintas Satu Arah Pada Ruas Jalan Sultan Agung - Sisingamangaraja - Dr. Wahidin Kota Semarang untuk Pemerataan Sebaran Beban Lalu Lintas. Jurnal Karya Teknik Sipil, 3(1), 142-153
  13. Purwanto, D. & Yulipriyono, E. (2015). Efektivitas Pemberlakuan Sistem Satu Arah pada Jalan Indraprasta Kota Semarang dalam Rangka Pemerataan Sebran Beban Lalu Lintas. Jurnal Media Komunikasi Teknik Sipil, 21(1), 47-55
  14. Yulipriyono, E & Basuki, K.H. (2009). Manajemen Arus Lalu Lintas pada Sistem Jaringan Jalan Kota Semarang Menggunakan Perangkat Lunak EMME2, Jurnal Media Komunikasi Teknik Sipil, 17(3), 257-271