Analisis Pengaturan Tinggi Fluida Pada Passive U-Tube Tank Terhadap Koefisien Damping Untuk Meminimalkan Gerak Rolling Kapal

*Muhammad Iqbal scopus  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ahmad Fauzan Zakki  -  Departemen Teknik Perkapalan, Universitas Diponegoro, Indonesia
Muhammad Fuad Shofly  -  Departemen Teknik Perkapalan, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 7 Oct 2019; Revised: 8 Nov 2019; Accepted: 20 Nov 2019; Published: 31 Dec 2019.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Artikel
Language: ID
Statistics: 378 129
Abstract

Menurunkan gerakan rolling kapal merupakan hal penting untuk meningkatkan keamanan dan kemudahan kapal dalam beroperasi. Salah satu cara meminimalisir rolling pada kapal adalah menambahkan sistem anti-rolling. Pada penelitian ini, dilakukan analisis Koefisien Damping anti-roll jenis passive tank dengan pengaturan tinggi fluida di dalam tangki jenis U – Tube. Pemodelan dilakukan dengan menggunakan software berbasis CAD dan CFD kemudian dilakukan analisis perhitungan momen peredam untuk mendapatkan nilai Koefisien Damping. Hasilnya digunakan untuk  peredam tambahan pada analisis gerakan rolling kapal. Hasil analisa menunjukkan bahwa ketinggian fluida passive tank jenis U – Tube pada 3,52 m memberikan nilai Koefisien Damping terbesar dengan nilai 2.018.620 N.m/(deg/s). Model ini adalah yang terbaik ditinjau dari respon momen redaman yang dihasilkan untuk meminimalisir gerakan rolling kapal.

Keywords: rolling; anti roll; passive tank; koefisien damping

Article Metrics:

  1. Alujević, N., Ćatipović, I., Malenica, Š., Senjanović, I., & Vladimir, N. (2019). Ship roll control and power absorption using a U-tube anti-roll tank. Ocean Engineering, 172, 857–870.
  2. Herbowo, A., Chrismianto, D., & Iqbal, M. (2017). Analisa Fin Stabilizer Terhadap Rolling Pada Kapal Ferry Ro-Ro 500 GT Dengan Metode CFD (Computational Fluid Dynamic). Jurnal Teknik Perkapalan, 5(1).
  3. Huang, L., Han, Y., Duan, W., Zheng, Y., & Ma, S. (2018). Ship pitch-roll stabilization by active fins using a controller based on onboard hydrodynamic prediction. Ocean Engineering, 164, 212–227.
  4. Karim, F. A., Zakki, A. F., & Iqbal, M. (2019). Desain Passive U-Tube Tank pada Kapal Ikan Tradisional Tipe Kragan Guna Menurunkan Rolling Kapal. Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Kelautan, 15(3), 95–101.
  5. Malik, M. I., Manik, P., & Iqbal, M. (2016). Pengembangan Desain Geometri Lunas Bilga untuk Meningkatkan Performa Kapal Ikan Tradisional (Studi Kasus Kapal Tipe Kragan). Jurnal Teknik Perkapalan, 4(4).
  6. Marzouk, O. A., & Nayfeh, A. H. (2009). Control of ship roll using passive and active anti-roll tanks. Ocean Engineering, 36(9–10), 661–671.
  7. Phairoh, T., & Huang, J.-K. (2007). Adaptive ship roll mitigation by using a U-tube tank. Ocean Engineering, 34(3–4), 403–415.
  8. Taskar, B. U., Dasgupta, D., Nagarajan, V., Chakraborty, S., Chatterjee, A., & Sha, O. P. (2014). CFD aided modelling of anti-rolling tanks towards more accurate ship dynamics. Ocean Engineering. https://doi.org/10.1016/j.oceaneng.2014.09.035
  9. Umeda, N., Hashimoto, H., Minegaki, S., & Matsuda, A. (2008). An investigation of different methods for the prevention of parametric rolling. Journal of Marine Science and Technology, 13(1), 16–23.
  10. Windén, B. (2009). Anti Roll Tanks in Pure Car and Truck Carriers. KTH Royal Institute of Technology.
  11. Youssef, K. S., Mook, D. T., Nayfeh, A. H., & Ragab, S. A. (2003). Roll Stabilization by Passive Anti-Roll Tanks Using an Improved Model of the Tank-Liquid Motion. Modal Analysis, 9(7), 839–862. https://doi.org/10.1177/1077546303009007006Youssef, K. S., Ragab, S. A., Nayfeh, A. H., & Mook, D. T. (2002). Design of passive anti-roll tanks for roll stabilization in the nonlinear range. Ocean Engineering, 29(2), 177–192