BibTex Citation Data :
@article{TEKNIK24473, author = {Muhammad Iqbal and Ahmad Zakki and Muhammad Shofly}, title = {Analisis Pengaturan Tinggi Fluida Pada Passive U-Tube Tank Terhadap Koefisien Damping Untuk Meminimalkan Gerak Rolling Kapal}, journal = {TEKNIK}, volume = {40}, number = {3}, year = {2019}, keywords = {rolling; anti roll; passive tank; koefisien damping}, abstract = { Menurunkan gerakan rolling kapal merupakan hal penting untuk meningkatkan keamanan dan kemudahan kapal dalam beroperasi. Salah satu cara meminimalisir rolling pada kapal adalah menambahkan sistem anti-rolling. Pada penelitian ini, dilakukan analisis Koefisien Damping anti-roll jenis passive tank dengan pengaturan tinggi fluida di dalam tangki jenis U – Tube. Pemodelan dilakukan dengan menggunakan software berbasis CAD dan CFD kemudian dilakukan analisis perhitungan momen peredam untuk mendapatkan nilai Koefisien Damping. Hasilnya digunakan untuk peredam tambahan pada analisis gerakan rolling kapal. Hasil analisa menunjukkan bahwa ketinggian fluida passive tank jenis U – Tube pada 3,52 m memberikan nilai Koefisien Damping terbesar dengan nilai 2.018.620 N.m/(deg/s). Model ini adalah yang terbaik ditinjau dari respon momen redaman yang dihasilkan untuk meminimalisir gerakan rolling kapal. }, issn = {2460-9919}, pages = {149--153} doi = {10.14710/teknik.v40i3.24473}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/teknik/article/view/24473} }
Refworks Citation Data :
Menurunkan gerakan rolling kapal merupakan hal penting untuk meningkatkan keamanan dan kemudahan kapal dalam beroperasi. Salah satu cara meminimalisir rolling pada kapal adalah menambahkan sistem anti-rolling. Pada penelitian ini, dilakukan analisis Koefisien Damping anti-roll jenis passive tank dengan pengaturan tinggi fluida di dalam tangki jenis U – Tube. Pemodelan dilakukan dengan menggunakan software berbasis CAD dan CFD kemudian dilakukan analisis perhitungan momen peredam untuk mendapatkan nilai Koefisien Damping. Hasilnya digunakan untuk peredam tambahan pada analisis gerakan rolling kapal. Hasil analisa menunjukkan bahwa ketinggian fluida passive tank jenis U – Tube pada 3,52 m memberikan nilai Koefisien Damping terbesar dengan nilai 2.018.620 N.m/(deg/s). Model ini adalah yang terbaik ditinjau dari respon momen redaman yang dihasilkan untuk meminimalisir gerakan rolling kapal.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-24 23:41:00
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to jurnal TEKNIK and Faculty of Engineering, Diponegoro University as publisher of the journal.
Copyright transfer agreement can be found here: [Copyright transfer agreement in doc] and [Copyright transfer agreement in pdf].
View My Stats