skip to main content

Pengaruh Variasi Arah Medan Magnet Pembakaran Premixed Minyak Nabati terhadap Karakteristik Nyala Api pada Tungku Industri

*Dony Perdana orcid scopus publons  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2022 TEKNIK

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami dampak berbagai arah medan magnet dan campuran minyak nabati terhadap bentuk, tinggi, dan suhu nyala api selama pembakaran premixed. Penelitian ini penting untuk menggantikan bahan bakar fosil dengan minyak nabati. Bahan bakar yang digunakan adalah campuran minyak kapas dan jarak Blending 50% (B50) diisikan ke ketel dengan volume 600 ml, kemudian dipanaskan dengan suhu 300oC dan menempatkan 2 magnet permanen diujung burner. Penelitian ini menemukan kekuatan medan magnet yang besar terjadi dimedan magnet tarik, sehingga membuat nyala api lebih terang (transparant) dan lebih stabil dibandingkan dengan magnet tolak dan tampa magnet. Medan magnet menghasilkan gaya lorent secara kontinyu memotong mata rantai kimia bahan bakar mengakibatkan getaran magnetic dinyala api, beberapa Oksigen (O2) memisahkan diri dari kelompoknya menyebabkan lepasnya elektron sehingga bilangan oksidasinya meningkat maka terjadilah kenaikan temperatur nyala api yang diakibatkan reaksi pembakaran cepat. Aliran udara yang diinduksi secara magnetis oleh medan magnet di sekitar nyala api menyebabkan konveksi di sekitar nyala api, yang menghasilkan perubahan penurunan ketinggian nyala api.
Fulltext View|Download
Keywords: medan magnet; minyak nabati; pembakaran premixed; stabilitas nyala api; warna nyala api
Funding: Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo

Article Metrics:

  1. Bahri, S. M. L., Wardana, I. N. G., Widhiyanuriyawan, D. (2015). Pembakaran Premixed Minyak Nabati pada Bunsen Burner Type Silinder. Jurnal Rekayasa Mesin, 6(1), 45–50
  2. Boushaki, T., Merlo, N., Chauveau, C., & Gökalp, I. (2017). Study of Pollutant Emissions and Dynamics of Non-Premixed Turbulent Oxygen Enriched Flames from a Swirl Burner. Proceedings of the Combustion Institute, 36(3), 3959–3968. https://doi.org/10.1016/j.proci.2016.06.046
  3. Chen, C. Y., Lee, W. J., Mwangi, J. K., Wang, L. C., & Lu, J. H. (2017). Impact of Magnetic Tube on Pollutant Emissions from the Diesel Engine. Aerosol and Air Quality Research, 17(4), 1097–1104. https://doi.org/10.4209/aaqr.2016.11.0478
  4. Faris, A. S., Al-Naseri, S. K., Jamal, N., Isse, R., Abed, M., Fouad, Z., Kazim, A., Reheem, N., Chaloob, A., Mohammad, H., Jasim, H., Sadeq, J., Salim, A., & Abas, A. (2012). Effects of Magnetic Field on Fuel Consumption and Exhaust Emissions in Two-Stroke Engine. Energy Procedia, 18, 327–338. https://doi.org/10.1016/j.egypro.2012.05.044
  5. José, J. F. S., Romero-ávila, C., José, L. M. S., & Awf, A. (2012). Characterising Biofuels and Selecting the Most Appropriate Burner for their Combustion. Fuel Processing Technology, 103, 39–44. https://doi.org/10.1016/j.fuproc.2011.07.023
  6. Kurji, H. J., & Imran, M. S. (2018). Magnetic Field Effect on Compression Ignition Engine Performance. ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences, 13(12)
  7. Martin, M. L. J., Geo, V. E., Singh, D. K. J., & Nagalingam, B. (2012). A Comparative Analysis of Different Methods to Improve the Performance of Cotton Seed Oil Fuelled Diesel Engine. Fuel, 102, 372–378 https://doi.org/10.1016/j.fuel.2012.06.049
  8. Nigam, P. S., & Singh, A. (2011). Production of Liquid Biofuels from Renewable Resources. In Progress in Energy and Combustion Science, 37(1). https://doi.org/10.1016/j.pecs.2010.01.003
  9. Perdana, D., Wardana, I. N. G., Yuliati, L., & Hamidi, N. (2018). The Role of Fatty Acid Structure in Various Pure Vegetable Oils on Flame Characteristics and Stability Behavior for Industrial Furnace. Eastern-European Journal of Enterprise Technologies, 5(8–95), 65–75. https://doi.org/10.15587/1729-4061.2018.144243
  10. Perdana, D., Yuliati, L., Hamidi, N., & Wardana, I. N. G. (2020). The Role of Magnetic Field Orientation in Vegetable Oil Premixed Combustion. Journal of Combustion, 2020, 11. https://doi.org/10.1155/2020/2145353
  11. Rahman, M. M., Hamada, K. I., Noor, M. M., Kadirgama, K., Bakar, R. A., & Rahim, M. F. A. (2011). Heat Transfer Characteristics in Exhaust Port for Hydrogen Fueled Port Injection Engine: a Transient Approach. Advanced Materials Research, 152–153, 1909–1914. https://doi.org/10.4028/www.scientific.net/AMR.152-153.1909
  12. Raja, S., Smart, D., & Lee, C. (2011). Biodiesel Production from Jatropha Oil and Its Characterization. Research Journal of Chemical Sciences, 1(1), 81–87
  13. Soebiyakto, G., Wardana, I. N. G., Hamidi, N., & Yuliati, L. (2016). Pengaruh Medan Magnet Terhadap Warna Api Pembakaran Premix Minyak Kelapa. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasinya, 8, 17–20
  14. Uguru-Okorie, D. C. (2013). Combustion Enhancers in Diesel Engines: Magnetic Field Option. IOSR Journal of Mechanical and Civil Engineering, 5(5), 21–24. https://doi.org/10.9790/1684-0552124
  15. Wirawan, I. K. G., Wardana, I. N. G., Soenoko, R., & Wahyudi, S. (2014). Premixed Combustion of Kapok (Ceiba Pentandra) Seed Oil on Perforated Burner. International Journal of Renewable Energy Development, 3(2), 91–97

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-19 05:47:20

No citation recorded.