PERANCANGAN PLANT PENCAMPUR AIR MENGGUNAKAN KONTROL PID UNTUK PENGATURAN SUHU CAIRAN BERBASIS ATMEGA16

*Rega Sakti Ruzianto -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Indonesia
Budi Setiyono -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Indonesia
Sumardi Sumardi -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Indonesia
##plugins.themes.mpgUndip.submission.published##: 26 Jul 2017.
Akses Terbuka
Sari
Pemanas air pada saat ini telah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian masyarakat di dunia, terutama masyarakat yang bermukim di daerah dengan musim dingin. Air hangat biasanya digunakan untuk mandi, mencuci, merendam dan kegiatan rumah tangga lainya.Kemajuan teknologi saat ini menuntut agar sistem pemanas menjadi lebih praktis dan mudah digunakan. Pada penelitian ini dibuat prototype sistem pemanas dengan pencampuran air secara otomatis sehingga dapat mengatur suhu air dengan lebih mudah. Otomatisasi alat ini meliputi penetapan suhu air yang ingin digunakan sebagai set point sehingga air panas yang keluar dari keran sudah sesuai dengan suhu air yang dinginkan tanpa perlu mencampurkan dengan air dingin lagi. Metode kontrol yang digunakan adalah pencampuran air adalah kontrol PID. Dalam proses pencampuranya digunakan air panas dengan suhu sekitar 70°C dan air biasa dengan suhu normal 30°C. Proses pencarian nilai parameter kendali PID dengan menggunakan metode trial and error, yaitu dengan memberikan gain parameter secara acak sampai respon sistem sesuai dengan yang diinginkan. Sensor suhu LM35 digunakan untuk mengukur suhu pada air. Hasil pengujian diperoleh bahwa penegendalian suhu air dengan cara pencampuran  mengguanakan metode kontrol PID dengan nilai kp=15 dan kd=5 menghasilkan respon sistem dengan suhu yang stabil dan nilai eror yang kecil anatara 2-4 °C. 

Other format:

Kata Kunci
Pemanas air; system kontrol PID; Sensor suhu LM35

Article Metrics:

Article Info
Bagian: Artikel Jurnal
Bahasa: ID
Teks Lengkap:
Statistik: 166 836
  1. . rumahdiy.com “Pemamas Air”.
  2. . waterheaterwika.co.id “Water Heater”
  3. . Ramavatar Singh, “PLC Based PID Implementation In Process Control of Temperature and Level”, Intenational Journal of Advanced Research in Engineering and Technology (Ijaret), Vol 6, January 2015.
  4. . Ogata, Katsuhiko, “Teknik Kontrol Automatik Jilid 1”, diterjemahkan oleh Edi Leksono, Erlangga, Jakarta, 1994.
  5. . Setiawan, Iwan, Kontrol PID untuk Proses Industri, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2008.
  6. . atmel.com “ATmega16 Data Sheet”.
  7. . national.com “LM35 Datasheet”.
  8. . digiware.com. “Float Level Switch Data Sheet”.
  9. . alldatasheet.com “Motor Servo”.
  10. . Liquid Crystal Display Module M1632 : User Manual, Seiko Instrument Inc., Japan, 1987.
  11. . Rachmad, Lutfi Nur , " Pengendalian Tekanan Dengan Kendali PID Pada Sistem Pembuat VCO Yang Terautomatisasi Berbasis Atmega 8535”, Skripsi S-I, Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Semarang, 2015.
  12. . Hamzah, M Abie, " Perancangan Plant Alat Pembuat Sirup Buah Otomatis Dengan Kontrol PI Sebagai Pengendali Suhu Cairan Berbasis Atmega16”, Skripsi S-I, Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Semarang, 2015.
  13. . T. Sutojo, dkk, “Kecerdasan Buatan”, ANDI, Yogyakarta, 2011.
  14. . ]Setiawan, Iwan, “Perancangan Sistem Embedded Berbasis Statechart: Studi Kasus Pada Line Follower Mobile Robot”, http://iwan.blog.undip.ac.id. Juni 2009