skip to main content

Tuning Parameter Proporsional – Integral dengan Fuzzy Logic untuk Pengaturan Suhu Air pada Plant Heat Exchanger

*Prestian Rindho S.  -  Jurusan Teknik Elektro, Indonesia
Budi Setiyono  -  Jurusan Teknik Elektro, Indonesia
Iwan Setiawan  -  Jurusan Teknik Elektro, Indonesia
Diterbitkan: .

Citation Format:
Sari

Metode kontrol Proporsional-Integral (PI) merupakan sebuah metode kontrol yang banyak diterapkan di bidang industri sampai saat ini. Kontroler ini memiliki parameter-parameter pengontrol, yaitu konstanta proporsional (Kp) dan konstanta integral (Ki). Pada metode PI konvensional, kedua parameter tersebut diturunkan dari perhitungan matematis. Kesulitan penalaan parameter-parameter tersebut akan ditemui bila plant yang dikendalikan adalah sistem dengan orde tinggi. Maka dari itu, diperlukan suatu metode penala PI yang lebih baik dan dapat diterapkan dalam sistem orde tinggi.

Metode penalaan PI dengan logika fuzzy dapat dilakukan secara otomatis tanpa melakukan pemodelan sistem. Pada metode ini nilai Kp dan Ki ditentukan berdasarkan sejumlah aturan-aturan yang ditetapkan oleh Logika  fuzzy. Input fuzzy berupa error dan delta error .  Plant pengendalian suhu cairan pada Heat Exchanger menggunakan mikrokontroler ATmega8535 sebagai kontroler dan heater sebagai aktuator. Pada pengujian didapatkan hasil penalaan parameter PI dengan logika fuzzy mampu menghasilkan tanggapan keluaran dengan rise time yang cepat, selisih tunak yang kecil, overshoot yang kecil,  dan ketika sistem diberi gangguan, tanggapan keluaran akan tetap terjaga dalam kestabilan.

 

Keyword :   PI (Proporsional-Integral), metode Penalaan PI dengan logika fuzzy, Mikrokontroler ATmega 8535, Heat Exchanger
Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-20 13:17:57

No citation recorded.