skip to main content

DESAIN AUTO TUNING PID MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY PADA SISTEM SUSPENSI AKTIF TIPE PARALEL NONLINEAR MODEL KENDARAAN SEPEREMPAT

*Oni Bagus  -  Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia
Sumardi Sumardi  -  Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia
Aris Triwiyatno  -  Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia
Diterbitkan: 1 Agu 2013.

Citation Format:
Sari

Abstrak

Sistem suspensi pada kendaraan merupakan salah satu komponen penting  Sistem suspensi aktif terbagi menjadi 2 yaitu tipe seri dan paralel. Sistem suspensi yang ideal dapat meminimalkan defleksi dan percepatan vertikal badan kendaraan yang menjamin keamanan dan kenyamanan dalam berkendara untuk variasi kondisi permukaan jalan. Pada penelitian ini menggunakan kendali autotuning fuzzy PID untuk menganalisis sistem suspensi aktif tipe paralel nonlinier pada model kendaraan seperempat. Gain keluaran dari fuzzy PID dikalikan dengan gain aktuator (Gu) dan menjadi masukan aktuator hidrolik. Keluaran dari aktuator merupakan daya eksternal (U) yang masuk ke sistem suspensi aktif . Suspensi aktif diuji dengan beberapa model gangguan yang diwakilkan oleh sinyal step, gundukan, random, dan sinusoidal.

Berdasarkan simulasi menggunakan Matlab, sistem suspensi aktif autotuning fuzzy PID memiliki performansi lebih baik dan faktor keamanan dan kenyamanan yang relatif lebih baik pada frekuensi 0-20 Hz

Kata kunci : suspensi aktif, tipe paralel, nonlinier, kendaraan seperempat, fuzzy PID

 

 

Abstract

The suspension system is one of the important components on the vehicle. Active suspension system is divided into  the type of series and parallel. The ideal suspension system can minimize deflection and vertical acceleration of the vehicle body that ensures the safety and comfort of driving to variations in road surface conditions. This study uses fuzzy autotuning PID control system to analyze the type of parallel nonlinear active suspension on a quarter car  model. Output gain of the fuzzy PID multiplied by actuators gain (Gu), as hydraulic actuator input. External power output of actuator (U) which is entered into the active suspension system that aims to minimize the average vertical suspension deflection and acceleration. Active suspension system was tested with several models of the interference signal is represented by step, bumps, random and sinusoidal. Based on the simulation using Matlab, active suspension system autotuning fuzzy PID has better performance and the safety and comfort are relatively better at a frequency of 0-20 Hz.

 

Keywords: active suspension, parallel type, nonlinear, quarter car, fuzzy PID
Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-12-27 09:48:04

No citation recorded.