BibTex Citation Data :
@article{Transmisi5266, author = {Oni Bagus dan Sumardi Sumardi dan Aris Triwiyatno}, title = {DESAIN AUTO TUNING PID MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY PADA SISTEM SUSPENSI AKTIF TIPE PARALEL NONLINEAR MODEL KENDARAAN SEPEREMPAT}, journal = {Transmisi: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro}, volume = {15}, number = {3}, year = {2013}, keywords = {}, abstract = { Abstrak Sistem suspensi pada kendaraan merupakan salah satu komponen penting Sistem suspensi aktif terbagi menjadi 2 yaitu tipe seri dan paralel. Sistem suspensi yang ideal dapat meminimalkan defleksi dan percepatan vertikal badan kendaraan yang menjamin keamanan dan kenyamanan dalam berkendara untuk variasi kondisi permukaan jalan. Pada penelitian ini menggunakan kendali autotuning fuzzy PID untuk menganalisis sistem suspensi aktif tipe paralel nonlinier pada model kendaraan seperempat. Gain keluaran dari fuzzy PID dikalikan dengan gain aktuator (Gu) dan menjadi masukan aktuator hidrolik. Keluaran dari aktuator merupakan daya eksternal (U) yang masuk ke sistem suspensi aktif . Suspensi aktif diuji dengan beberapa model gangguan yang diwakilkan oleh sinyal step, gundukan, random, dan sinusoidal. Berdasarkan simulasi menggunakan Matlab, sistem suspensi aktif autotuning fuzzy PID memiliki performansi lebih baik dan faktor keamanan dan kenyamanan yang relatif lebih baik pada frekuensi 0-20 Hz Kata kunci : s uspensi a ktif, t ipe p aralel, n onlinier, k endaraan s eperempat, f uzzy PID Abstract The suspension system is one of the important components on the vehicle. Active suspension system is divided into the type of series and parallel. The ideal suspension system can minimize deflection and vertical acceleration of the vehicle body that ensures the safety and comfort of driving to variations in road surface conditions. This study uses fuzzy autotuning PID control system to analyze the type of parallel nonlinear active suspension on a quarter car model. Output gain of the fuzzy PID multiplied by actuators gain (Gu), as hydraulic actuator input. External power output of actuator (U) which is entered into the active suspension system that aims to minimize the average vertical suspension deflection and acceleration. Active suspension system was tested with several models of the interference signal is represented by step, bumps, random and sinusoidal. Based on the simulation using Matlab, active suspension system autotuning fuzzy PID has better performance and the safety and comfort are relatively better at a frequency of 0-20 Hz. Keywords: active suspension, parallel type, nonlinear, quarter car, fuzzy PID }, issn = {2407-6422}, pages = {114--120} doi = {10.12777/transmisi.15.3.114-120}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/transmisi/article/view/5266} }
Refworks Citation Data :
Abstrak
Sistem suspensi pada kendaraan merupakan salah satu komponen penting Sistem suspensi aktif terbagi menjadi 2 yaitu tipe seri dan paralel. Sistem suspensi yang ideal dapat meminimalkan defleksi dan percepatan vertikal badan kendaraan yang menjamin keamanan dan kenyamanan dalam berkendara untuk variasi kondisi permukaan jalan. Pada penelitian ini menggunakan kendali autotuning fuzzy PID untuk menganalisis sistem suspensi aktif tipe paralel nonlinier pada model kendaraan seperempat. Gain keluaran dari fuzzy PID dikalikan dengan gain aktuator (Gu) dan menjadi masukan aktuator hidrolik. Keluaran dari aktuator merupakan daya eksternal (U) yang masuk ke sistem suspensi aktif . Suspensi aktif diuji dengan beberapa model gangguan yang diwakilkan oleh sinyal step, gundukan, random, dan sinusoidal.
Berdasarkan simulasi menggunakan Matlab, sistem suspensi aktif autotuning fuzzy PID memiliki performansi lebih baik dan faktor keamanan dan kenyamanan yang relatif lebih baik pada frekuensi 0-20 Hz
Kata kunci : suspensi aktif, tipe paralel, nonlinier, kendaraan seperempat, fuzzy PID
Abstract
The suspension system is one of the important components on the vehicle. Active suspension system is divided into the type of series and parallel. The ideal suspension system can minimize deflection and vertical acceleration of the vehicle body that ensures the safety and comfort of driving to variations in road surface conditions. This study uses fuzzy autotuning PID control system to analyze the type of parallel nonlinear active suspension on a quarter car model. Output gain of the fuzzy PID multiplied by actuators gain (Gu), as hydraulic actuator input. External power output of actuator (U) which is entered into the active suspension system that aims to minimize the average vertical suspension deflection and acceleration. Active suspension system was tested with several models of the interference signal is represented by step, bumps, random and sinusoidal. Based on the simulation using Matlab, active suspension system autotuning fuzzy PID has better performance and the safety and comfort are relatively better at a frequency of 0-20 Hz.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-12-27 09:48:04
Transmisi: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro dan Editor berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan dipublikasikan di jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam Transmisi: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.
Formulir Transfer Hak Cipta dapat diunduh di sini: [Formulir Transfer Hak Cipta Transmisi]. Formulir hak cipta harus ditandatangani dan dikirim ke Editor dalam bentuk surat asli, dokumen pindaian atau faks:
Dr. Munawar Riyadi (Ketua Editor)Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, IndonesiaJl. Prof. Sudharto, Tembalang, Semarang 50275 IndonesiaTelepon/Facs: 62-24-7460057Email: transmisi@elektro.undip.ac.id