skip to main content

PERANCANGAN PERANGKAT TRANFER DATA FILE KOMPUTER TERENKRIPSI SECARA HARDWARE MENGGUNAKAN MEDIA WRELESS DAN MIKROKONTROLER AVR ATMEGA162

*Denny Ardyanto  -  Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia
Yuli Christyono  -  Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia
Ajub Ajulian Zahra  -  Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia
Diterbitkan: 29 Jan 2014.

Citation Format:
Sari

Abstrak

Sistem informasi jaman sekarang terdapat banyak tantangan - tantangan baru di dalam keamanan informasinya. Baik di suatu negara, perusahaan atau sebuah organisasi, keamanan data adalah salah satu hal yang penting dalam komunikasi data antar computer melalui jaringan. Banyak orang menyiasati bagaimana cara mengamankan data yang akan dikirim dan diterimanya. Keamanan data bisa dijaga dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan cara melakukan enkripsi terhadap data yang dikirimkan. Dalam penelitian ini, dibuat suatu alat untuk mengamankan data yang akan dikirim dan yang akan diterima dengan menggunakan enkripsi TEA. Sehingga apabila terjadi penyadapan data pada saat pengiriman ataupun penerimaan, data tersebut tidak dapat dibaca oleh penyadap tersebut karena sudah dalam bentuk enkripsi.

kata kunci: keamanan data, pengiriman data, enkripsi, TEA

 

 

Abstrak

In era information systems, there are many new challenges in the information security. Wherever in a country, company or an organization, security of data is one of the important things in the communicaton of data between one computer and the other through a network. Many people think about how to secure datawhich to be sent and to be received. Security of data can be maintained in various option, one of which is to encrypt the data transmitted. In this research, created a tool to secure data which to be sent and to be received by TEA encryption. So in case of interception of data during transmission or reception, the data can’t be read by eavesdroppers because it is still in encrypted form.

Key : security data, transfer data, encripsi, TEA
Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-23 22:19:35

No citation recorded.