skip to main content

ANALISA KARAKTERISTIK BALING-BALING B SERIES DI AIR TERBUKA DENGAN CFD

*Agung Purwana  -  Teknik Permesinan Kapal, Indonesia
Anita Hidayati  -  Teknik Kelistrikan Kapal, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Analisa karakteristik baling-baling dibantu komputasi saat ini berkembang cukup pesat sehingga dapat diterapkan untuk menyingkap pengaruh viskositas terhadap efisiensi baling-baling. Penerapan Computational   Fluid Dynamic (CFD) dengan persamaan Reynolds Average Navier-Stokes dengan aliran fluida takmampat turbulen di sekitar daun baling-baling  yang bekerja bebas di air terbuka dapat diselidiki karakteristiknya.

Dengan simulasi numerik dalam penelitian ini diharapkan karakteristik baling-baling berbasis propeller B series dan efisiensinya didapatkan. Dengan bantuan perangkat lunak yang disimulasikan dihasilkan beberapa parameter nilai simulasi seperti gaya dorong (N), torsi (Nm), Kt, 10Kq, J dan η baling-baling.

Hasil simulasi ini kemudian divalidasi dengan diagram karakteristik baling-baling wageningen B.4.55 yang telah dipublikasi, Hasil simulasi yang telah dilakukan didapatkan nilai hasil simulasi menunjukkan besarnya nilai Kt , 10Kq ,  dan  η  pada J 0.7 memiliki nilai 0.179, 0.305 dan 0.654.

Fulltext View|Download
Keywords: Karakteristik, CFD, Baling-baling B series

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-03-27 10:05:27

No citation recorded.