BibTex Citation Data :
@article{Kapal6340, author = {Samuel Samuel and Eko Sasmito Hadi and Ario Restu Sratudaku}, title = {KARAKTERISTIK KM. ZAISAN STAR AKIBAT PERUBAHAN MUATAN}, journal = {Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan}, volume = {11}, number = {1}, year = {2014}, keywords = {KM. Zaisan Star, vehicle carrier, modifikasi kapal, variasi pengisian geladak, Analisa Stabilitas, Analisa Kekuatan Memanjang}, abstract = { KM. Zaisan Star yang semula merupakan kapal general cargo dimodifikasi menjadi kapal pengangkut kendaraan ( vehicle carrier ) dengan penambahan geladak pada ruang muat dan diatas geladak utama. Penelitian ini bertujuan mengetahui nilai stabilitas dan kekuatan memanjang kapal dari 32 simulasi kondisi karena pengaruh pengisian geladak muat dan kondisi pelayaran kapal. Perhitungan dan analisa pada penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan rumus stabilitas dan kekuatan memanjang kapal yang terintegrasi pada perangkat lunak pekapalan yang mengacu standar IMO dan Rules BKI. Hasil analisa stabilitas menunjukkan nilai GZ terendah pada kondisi XXXI dengan 1,103 m sedangkan kriteria minimumnya 0,200 m. Nilai GM terendah pada kondisi XXXII dengan 1,160 m, sedangkan nilai minimumnya 0,150 m. Pada analisa kekuatan memanjang diperoleh nilai tegangan geladak kondisi air tenang 0,009 N/mm 2 , sagging 0,013 N/mm 2 dan hogging 3,40 N/mm 2 serta tegangan alas kondisi air tenang 0,020 N/mm 2 , sagging 0,029 N/mm 2 dan hogging 7,825 N/mm 2 , nilai tersebut tidak melebihi nilai tegangan ijin kapal 188,815 N/mm 2 . Perhitungan modulus penampang menunjukkan nilai modulus penampang geladak 831,990 m 3 dan alas 1913,974 m 3 , nilai tersebut memenuhi nilai modulus minimum kapal 0,1824 m 3 . Perhitungan momen inersia menunjukkan nilai momen inersia sebesar 2899,540 m 4 , nilai ini memenuhi nilai minimum momen inersia kapal 0,4103 m 4 . }, issn = {2301-9069}, pages = {26--32} doi = {10.14710/kpl.v11i1.6340}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/kapal/article/view/6340} }
Refworks Citation Data :
KM. Zaisan Star yang semula merupakan kapal general cargo dimodifikasi menjadi kapal pengangkut kendaraan (vehicle carrier) dengan penambahan geladak pada ruang muat dan diatas geladak utama. Penelitian ini bertujuan mengetahui nilai stabilitas dan kekuatan memanjang kapal dari 32 simulasi kondisi karena pengaruh pengisian geladak muat dan kondisi pelayaran kapal. Perhitungan dan analisa pada penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan rumus stabilitas dan kekuatan memanjang kapal yang terintegrasi pada perangkat lunak pekapalan yang mengacu standar IMO dan Rules BKI. Hasil analisa stabilitas menunjukkan nilai GZ terendah pada kondisi XXXI dengan 1,103 m sedangkan kriteria minimumnya 0,200 m. Nilai GM terendah pada kondisi XXXII dengan 1,160 m, sedangkan nilai minimumnya 0,150 m. Pada analisa kekuatan memanjang diperoleh nilai tegangan geladak kondisi air tenang 0,009 N/mm2, sagging 0,013 N/mm2 dan hogging 3,40 N/mm2 serta tegangan alas kondisi air tenang 0,020 N/mm2, sagging 0,029 N/mm2 dan hogging 7,825 N/mm2, nilai tersebut tidak melebihi nilai tegangan ijin kapal 188,815 N/mm2. Perhitungan modulus penampang menunjukkan nilai modulus penampang geladak 831,990 m3 dan alas 1913,974 m3, nilai tersebut memenuhi nilai modulus minimum kapal 0,1824 m3. Perhitungan momen inersia menunjukkan nilai momen inersia sebesar 2899,540 m4, nilai ini memenuhi nilai minimum momen inersia kapal 0,4103 m4.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-20 23:08:44
View statistics
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.