skip to main content

Komunitas Diatom Epilitik pada Aliran Air Sekitar Sumber Air Panas dan Sumber Gas Belerang Kawasan Gedongsongo, Kabupaten Semarang


Citation Format:
Abstract

Temperatur dan gas belerang di aliran air sekitar sumber air panas dan gas belerang kawasan Gedongsongo Kabupaten Semarang, diduga mempengaruhi struktur komunitas diatom epilitik. Proses keluarnya gas belerang adalah melalui celah celah bebatuan sehingga belerang akan menempel pada bebatuan yang merupakan substrat dari diatom epilitik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji struktur komunitas diatom epilitik pada aliran air disekitar sumber belerang kawasan Gedongsongo. Pengambilan sample dilakukan dengan metoda “ Stratified Random Sampling “ berdasarkan temperatur, ditentukan empat titik sampling. Faktor fisik kimia diukur secara insitu kecuali analisis kandungan sulfat terlarut dalam air . Berdasarkan indeks keanekaragaman diatom epilitik maka stabilitas komunitas diatom pada aliran air sekitar air panas dan sumber gas belerang adalah sedang, indeks dominansi kecil dan indeks perataan hampir merata.

 

Kata Kunci : Struktur Komunitas, diatom epilitik, air panas dan belerang.

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.