skip to main content

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN ETIKA LINGKUNGAN DENGAN SIKAP DAN PERILAKU MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN

Published: .
Editor(s): Ilmu Lingkungan

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang terdiri dari dua variabel bebas yaitu pengetahuan lingkungan hidup (PLH) dan pengetahuan etika lingkungan (PEL) serta dua variabel terikat yaitu sikap menjaga kelestarian lingkungan (SMKL) dan perilaku menjaga kelestarian lingkungan (PMKL). Tujuan penelitian  adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pengetahuan lingkungan hidup dan etika lingkungan dengan sikap dan perilaku menjaga kelestarian lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada sekolah menengah (SMA/SMK/MA) di Kota Pagar Alam Sumatera Selatan tahun 2015, dengan sampel 335 orang yang diambil secara stratified random sampling. Pengumpulan data primer menggunakan teknik kuisoner dan observasi lapangan. Data dianalisis menggunakan program SPSS 17.0 dengan statistik deskriptif, uji korelasi dan regresi linear sederhana serta berganda. Intrumen penelitian menggunakan skala Likert dengan lima alternatif jawaban. Hasil uji korelasi dan regresi pada taraf signifikan a = 0.05, mendapatkan empat kesimpulan yaitu : (1) terdapat hubungan positif yang cukup signifikan antara pengetahuan lingkungan hidup dengan sikap menjaga kelestarian lingkungan yang persamaan garis regresinya Y1 = 0,528X1 + 43,427, dengan nilai koefisien korelasi rx1y1 sebesar 0,506; (2) terdapat hubungan positif yang cukup signifikan antara pengetahuan etika lingkungan dengan sikap menjaga kelestarian lingkungan yang persamaan garis regresinya Y1 = 0,540X2 + 42,825, dengan nilai koefisien korelasi rx2y1 sebesar 0,395;  (3) terdapat hubungan positif yang cukup signifikan antara pengetahuan lingkungan hidup dan pengetahuan etika lingkungan secara bersama-sama dengan sikap menjaga kelestarian lingkungan yang persamaan regresinya Y1 = 0,429X1 + 0,261X2 + 32,008, dengan nilai koefisien korelasi rx1x2y1 sebesar 0,532; (4) terdapat hubungan positif yang cukup signifikan antara sikap menjaga kelestarian lingkungan dengan perilaku menjaga kelestarian lingkungan yang persamaan regresinya Y2 = 0,353Y1 + 42,682, dengan nilai koefisien korelasi ry1y2 sebesar 0,363. Dalam rangka meningkatkan perilaku siswa dalam menjaga kelestarian lingkungan di sekolah disarankan sekolah untuk memberikan mata pelajaran pendidikan lingkungan hidup dan etika lingkungan, Dinas Pendidikan menyarankan agar mata pelajaran muatan lokal diarahkan ke pendidikan lingkungan hidup dan etika lingkungan, dan agar Badan Lingkungan Hidup  mendorong semakin banyaknya sekolah yang mengikuti program Adiwiyata
Fulltext View|Download
Keywords: Pengetahuan, etika, sikap dan perilaku, lingkungan

Article Metrics:

Last update:

  1. Integrated learning for improving environmental literacy in high schools

    F Roshayanti, A G C Wicaksono, I B Minarti, Nurkolis. Journal of Physics: Conference Series, 1521 (4), 2020. doi: 10.1088/1742-6596/1521/4/042020
  2. Local community empowerment in developing processing of cinnamon essential oil (Cinnamomum burmannii) as a skin care material

    D Atmanto, S Nursetiawati. Journal of Physics: Conference Series, 1402 (2), 2019. doi: 10.1088/1742-6596/1402/2/022094
  3. Traditional Forests Create Government Ecology in Jambi Province

    Cici Sundari, Elyta Elyta, Isdairi Isdairi, Yulius Yohanes. Jurnal Ilmu Lingkungan, 21 (3), 2023. doi: 10.14710/jil.21.3.487-494
  4. Does Environmental Education Curriculum Affect Student’s Environmental Culture in Islamic Boarding School

    Asmaul Lutfauziah, Mimien Henie Irawati Al-Muhdhar, Suhadi, Fatchur Rohman. Revista de Gestão Social e Ambiental, 18 (5), 2024. doi: 10.24857/rgsa.v18n5-079
  5. Creative thinking: The Effect of Green School-Based Project Based Learning (PjBL) Model

    Akbar Handoko, Anisa Oktina Sari Pratama, Nukhbatul Bidayati Haka, Laila Puspita, Eka Wulandari, Zulfa Ardhi Widhi Marzuki, Bambang Sri Anggoro, A. Saregar, R. Umam, A. Rahmat. E3S Web of Conferences, 482 , 2024. doi: 10.1051/e3sconf/202448204016
  6. Community Empowerment Efforts in Preserving the Environment Around the Karang Mumus River

    Thalita Rifda Khaerani, Vanessa Gladys Priscillia. International Journal of Community Service Learning, 7 (3), 2024. doi: 10.23887/ijcsl.v7i3.59592
  7. PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN SIKAP TANGGUNG JAWAB TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN

    Ni Luh Putu Yuliana Septyani, Ni Wayan Suniasih, I Gusti Agung Oka Negara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3 (1), 2020. doi: 10.23887/jippg.v3i1.26955
  8. Development of e-module assisted by hypertext preprocessor (PHP) to improve environmental knowledge of senior high school students

    Qurniasty, Sueb, Fatchur Rohman. THE 7TH INTERNATIONAL CONFERENCE ON BASIC SCIENCES 2021 (ICBS 2021), 2588 , 2023. doi: 10.1063/5.0112568
  9. Types of Shade Plants As Efforts to Increase Students' Knowledge and Attitudes for Conservation

    Eka Haryati Yuliany, Sarno Sarno, Laila Hanum, Sri Parwanti. DIKDIMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (2), 2022. doi: 10.58723/dikdimas.v1i2.31
  10. Analysis of Environmental Literacy Skill of Biology Teacher Candidates in Human and Environmental Courses

    Nike Anggraini, Khoiron Nazip, Puteri Kusuma Wardhani, Dian Sri Andriani. SEJ (Science Education Journal), 5 (1), 2021. doi: 10.21070/sej.v5i1.1169

Last update: 2024-11-20 07:47:37

  1. Integrated learning for improving environmental literacy in high schools

    F Roshayanti, A G C Wicaksono, I B Minarti, Nurkolis. Journal of Physics: Conference Series, 1521 (4), 2020. doi: 10.1088/1742-6596/1521/4/042020
  2. Local community empowerment in developing processing of cinnamon essential oil (Cinnamomum burmannii) as a skin care material

    D Atmanto, S Nursetiawati. Journal of Physics: Conference Series, 1402 (2), 2019. doi: 10.1088/1742-6596/1402/2/022094
  3. The role of schools in building student awareness of environment through adiwiyata program

    A M Ali, A Akbar, Kamarudin, Manan, Safiuddin, E Noer. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 127 , 2019. doi: 10.1088/1755-1315/343/1/012134