skip to main content

Perancangan Pesan untuk Meningkatkan Intensi Perilaku Hemat dalam Menggunakan Air

*Hasrini Sari  -  Institut Teknologi Bandung
Ratna Dewi Gantini  -  Institut Teknologi Bandung, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Ketersediaan potensi air bersih di Indonesia menurun, sehingga kontribusi dari semua pihak diperlukan untuk mengatasi masalah ini. Salah satunya adalah dengan mendorong perilaku hemat air dari penggunanya melalui pemaparan pengetahuan atau pemahaman tentang kondisi ketersediaan air dan kualitas air di masa sekarang dan di masa depan. Upaya mendorong orang untuk menggunakan air secara bijak dapat dilakukan dengan menyampaikan pesan yang dirancang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik pesan yang efektif untuk mendorong masyarakat menjadi lebih hemat dalam menggunakan air dengan mengadopsi Hierarchy of Effect Model dan metode anchor.Pesan akan mempengaruhi penerima secara bertahap mulai dari aspek kognitif, afektif dan niat. Sementara anchordigunakan dalam pesan untuk menciptakan keadaan pikiran yang diinginkan untuk meningkatkan efektivitas pesan yang disampaikan. Metode penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen. Dalam penelitian pendahuluan, ditemukan bahwa stimulus yang mengandung isi pesan yang memberikan efek takut memiliki tingkat yang signifikan dalam mempengaruhi intensi partisipan. Eksperimen pertama dari penelitian utama membuktikan hubungan hirarkis antara aspek kognitif, afektif dan intensi. Eksperimen kedua dari penelitian tersebut menemukan bahwa jenis konten pesan yang dapat meningkatkan niat masyarakat untuk menggunakan air dengan bijaksana adalah jenis konten pesan yang menimbulkan efek takut terhadap konsekuensi dari penggunaan air yang berlebihan. 
Fulltext View|Download
Keywords: Anchor, desain eksperimen, Hierarchy of Effect Model, pesan, perilaku hemat air

Article Metrics:

Last update: 2021-06-18 08:38:18

No citation recorded.

Last update: 2021-06-18 08:38:18

No citation recorded.