skip to main content

Ablasi Radiofrekuensi pada Neuralgia Trigeminal dengan Panduan Fluoroskopi

Bagian Ilmu Anestesi, Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia

Published: 1 Mar 2020.

Citation Format:
Abstract

Latar belakang: Neuralgia trigeminal adalah nyeri yang paling berat yang ada di dunia, diungkapkan oleh Peter J. Jannetta, MD. Patofisiologi neuralgia trigeminal masih tidak jelas.

Kasus: Seorang pria 59 tahun datang ke klinik nyeri dengan keluhan nyeri hebat pada wajah sebelah kanan didiagnosa dengan neuralgia trigeminal. Pasien datang ke klinik dengan nyeri hebat dan visual analog scale (VAS) >8. Untuk mengurangi nyeri dengan segera, dilakukan blok anestesi lokal dengan panduan ultrasonografi (USG). Ablasi radiofrekuensi (RF) pada nervus trigeminal dengan panduan fluoroskopi (C-arm) diberikan kepada pasien. Laporan kasus ini bertujuan untuk melaporkan manfaat terapi RF dengan panduan fluoroskopi dalam meredakan nyeri berat.

Pembahasan: Parameter stimulasi diukur untuk menyimpulkan efektivitas terapi, seperti fungsi motorik: harus ada sedikit atau tidak ada kontraksi dari otot masseter, pasien dapat dibangunkan dan merasakan rangsangan stimulasi, dengan menghentikan sedasi propofol, dan stimulasi sensorik dapat dilakukan pada 50 Hz. Parestesia harus dirasakan antara 0,05 dan 0,2 V di daerah yang sesuai dengan lokasi nyeri pasien. Setelah parestesia yang tepat, suhu dipasang pada 60°C, terapi RF bisa dilakukan selama 60 detik dan dapat diulang lagi pada suhu yang sama (60°C). Refleks kornea diuji dan pasien dievaluasi terjadinya hypoesthesia sesuai dermatomnya. Dilakukan RF ketiga pada 65°C selama 60 detik, dan RF keempat dilakukan pada 70°C selama 60 detik. Pada pasien ini dilakukan terapi RF dengan panduan fluoroskopi pada (V1, V2, V3) dengan hasil yang sangat memuaskan, ketika pasien datang ke klinik nilai visual analog scale (VAS) nya >8, setelah mendapatkan terapi RF nilai VAS nya turun menjadi 0.

Kesimpulan: Rekomendasi pengobatan RF untuk kasus neuralgia trigeminal adalah 2B+. Pasien dengan nyeri kronis berat akibat neuralgia trigeminal dan mendapatkan terapi RF dengan panduan fluoroskopi mendapatkan hasil yang sangat memuaskan, ditandai dengan penurunan VAS yang sangat berarti dari VAS saat datang >8 menjadi 0.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  common.other
Copyright Transfer Agreement
Subject
Type Other
  Download (371KB)    Indexing metadata
Keywords: ablasi radiofrekuensi ; anestesi; neuralgia trigeminal; panduan fluoroskopi; skor VAS

Article Metrics:

  1. Zundert, J., et al. Evidence-Based Interventional Pain Medicine. According to Clinical Diagnosis, (John Wiley & Son, Oxford, 2012)
  2. Awad, T. & Mohamed, K. Complementary Fluoroscopic Guided Approach to Target the Foramen Ovale in Percutaneous Trigeminal Rhizotomy. Egypt Journal of Neurosurgery 31, 105-110 (2016)
  3. Waldman, S. Pain Review, (Saunders elsevier, Philadelpia, 2009)
  4. Akbas, M., Salem, H., Emara, T., Dinc, B. & Karsli, B. Radiofrequency thermocoagulation in cases of atypical trigeminal neuralgia : a retrospective study. The Egyptian Journal of Neurology, Psychiatry and Neurosurgery 55, 1-4 (2019)
  5. Emril, D. & Ho, K.-Y. Treatment of trigeminal neuralgia: role of radiofrequency ablation. Journal of Pain Research 3, 249-254 (2010)
  6. Doshi, P. & Parikh, N. Radio-Frequency Ablation of Trigeminal Ganglion for Refractory Pain of Bilateral Trigeminal Neuralgia in a Patient with Multiple Sclerosis. Indian Journal of Pain 32, 113-115 (2018)
  7. Hayek, S., Shah, B., Desai, M. & Chelimsky, T. Pain Medicine An interdiciplinary case-based approuch, (Oxford University Press;, New York, 2015)
  8. Telischak, N., et al. Fluoroscopic C-Arm and CT-Guided Selective Radiofrequency Ablation for Trigeminal and Glossopharyngeal Facial Pain Syndromes. Pain Medicine 19, 130-141 (2018)
  9. Chen, S., et al. Percutaneous radiofrequency thermocoagulation for trigeminal neuralgia using neuronavigation-guided puncture from a mandibular angle. Medicine 95, 1-8 (2016)
  10. Pauwels, L., Stewart, P., Akesson, E. & Spacey, S. Cranial nerves. Function and Dysfunction, (People’s Medical Publishing House, Connecticut, 2010)
  11. Benon, H., Rathmell, J., Turk, D. & Argoff, C. Raj’s Practical Management of Pain, (Mosby Elsevier, Philadelpia, 2008)

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-19 20:03:04

No citation recorded.