BibTex Citation Data :
@article{JBS27656, author = {Anthony Agusta and Sugeng Wahyudi and Indi Djastuti}, title = {Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Penerapan SCM Terhadap Kinerja Bisnis UKM Ritel Fashion Jawa Tengah dengan Keunggulan Kompetitif sebagai Variabel Intervening (Studi Pada UKM Ritel Fashion di Jawa Tengah)}, journal = {JURNAL BISNIS STRATEGI}, volume = {28}, number = {2}, year = {2019}, keywords = {Orientasi Kewirausahaan; Penerapan SCM; Keunggulan Kompetitif; Kinerja Bisnis; UKM}, abstract = { Penelitian yang difokuskan pada UKM ritel fashion di Jawa Tengah ini bertujuan utama untuk menganalisa pengaruh dari orientasi kewirausahaan dan penerapan SCM terhadap keunggulan kompetitif serta kinerja bisnis. Penelitian dilakukan dengan cara menyebar kuesioner yang nantinya dilakukan pengolahan data secara statistik. Populasi dari penelitian ini adalah UKM ritel fashion di Jawa Tengah, dimana jumlah populasinya tidak diketahui. Responden dari penelitian ini adalah pengambil keputusan dengan jumlah total 150 orang dari UKM ritel fashion yang tersebar di beberapa kota di Jawa Tengah. Pengolahan data adalah menggunakan metode SEM dengan menggunakan bantuan perangkat lunak AMOS. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan signifikan positif antara variabel keunggulan kompetitif terhadap kinerja bisnis, penerapan SCM terhadap kinerja bisnis, orientasi kewirausahaan terhadap kinerja bisnis, penerapan SCM terhadap keunggulan kompetitif, serta orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan kompetitif. Keunggulan kompetitif berfungsi sebagai variabel mediator parsial. Keterbatasan waktu pengisian kuesioner oleh responden, nilai normalitas data pada beberapa variabel yang agak tinggi, dan nilai R squared 0,524 yang cenderung berada di kategori moderat menjadi kelemahan yang ada pada penelitian ini. Akan tetapi, disamping keterbatasan yang ada originalitas dari penelitian ini mampu memperkaya hasil penelitian terdahulu. }, issn = {2580-1171}, pages = {99--109} doi = {10.14710/jbs.28.2.99-109}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jbs/article/view/27656} }
Refworks Citation Data :
Penelitian yang difokuskan pada UKM ritel fashion di Jawa Tengah ini bertujuan utama untuk menganalisa pengaruh dari orientasi kewirausahaan dan penerapan SCM terhadap keunggulan kompetitif serta kinerja bisnis. Penelitian dilakukan dengan cara menyebar kuesioner yang nantinya dilakukan pengolahan data secara statistik. Populasi dari penelitian ini adalah UKM ritel fashion di Jawa Tengah, dimana jumlah populasinya tidak diketahui. Responden dari penelitian ini adalah pengambil keputusan dengan jumlah total 150 orang dari UKM ritel fashion yang tersebar di beberapa kota di Jawa Tengah. Pengolahan data adalah menggunakan metode SEM dengan menggunakan bantuan perangkat lunak AMOS. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan signifikan positif antara variabel keunggulan kompetitif terhadap kinerja bisnis, penerapan SCM terhadap kinerja bisnis, orientasi kewirausahaan terhadap kinerja bisnis, penerapan SCM terhadap keunggulan kompetitif, serta orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan kompetitif. Keunggulan kompetitif berfungsi sebagai variabel mediator parsial. Keterbatasan waktu pengisian kuesioner oleh responden, nilai normalitas data pada beberapa variabel yang agak tinggi, dan nilai R squared 0,524 yang cenderung berada di kategori moderat menjadi kelemahan yang ada pada penelitian ini. Akan tetapi, disamping keterbatasan yang ada originalitas dari penelitian ini mampu memperkaya hasil penelitian terdahulu.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2025-10-19 20:34:16
To have their manuscript accepted and published by Jurnal Bisnis Strategi, authors must complete the review process. Articles in Jurnal Bisnis Strategi are published under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), allowing readers to view, share, and adapt the material, including for commercial purposes, under the following conditions:
Attribution: Proper credit must be given to the authors, a link to the license must be provided, and any changes made must be indicated. This must be done in a reasonable way, but not in a manner that suggests the original author or licensor endorses your use.
ShareAlike: If you remix, transform, or build upon the work, your contributions must be distributed under the same license as the original.
No Additional Restrictions: You cannot impose legal terms or technological measures that restrict others from using the material as permitted by the license.
The copyright of the articles is assigned to the author(s), and they retain rights to the published work. Both the Editorial Team of Jurnal Bisnis Strategi and the author(s) work together to ensure that no errors, either in data or statements, are present in the published articles. Authors submitting to this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication, with the work being licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which allows others to share the work, provided the authorship and initial publication in the journal are acknowledged.
The journal permits authors to maintain copyright and publishing rights without restrictions.
Authors are free to enter into separate agreements for the non-exclusive distribution of the journal's published version, such as posting it in an institutional repository or publishing it in a book, as long as the initial publication in the journal is acknowledged.
Authors are encouraged to share their work online (e.g., on personal websites or institutional repositories) before and during the submission process, as this can foster academic exchange and increase citation opportunities.
View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.