PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA DENGAN METODE PERFORMANCE PRISM (Studi Kasus di Plaza Hotel Semarang)

*Hery Suliantoro -  Industrial Engineering Departement Diponegoro University Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50275 Telp (024)7460052, Indonesia
Galuh Intan M -  Industrial Engineering Departement Diponegoro University Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50275 Telp (024)7460052, Indonesia
Published: .
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Case Studies
Language: EN
Full Text:
Statistics: 1702 376
Abstract

Selama ini Plaza hotel belum pernah melakukan pengukuran kinerja yang terintegrasi yang terdiri dari aspek finansial dan non finansial. Dilihat dari prosentase tingkat hunian yang tidak memenuhi target yang ditetapkan, maka pengukuran kinerja yang terintegrasi diharapkan mampu memberikan perbaikan kinerja yang diharapkan. Dengan menggunakan performance prism, dilakukan identifikasi kebutuhan dan kontribusi stakeholder secara keseluruhan sehingga didapat indikator kinerja dari kriteria strategi, proses dan kapabilitas yang dijadikan tolok ukur perbaikan kinerja.. tahap pengumpulan data dengan menyebarkan matriks perbandingan berpasangan sebagai dasar penyusunan bobot kepentingan pada AHP dan kuesioner target pencapaian kinerja sebagai dasar penetapan skor aktual pada OMAX. Dari analisis yang dilakukan setelah bobot kepentingan diperoleh dan perhitungan nilai performansi, dilakukan simulasi perbaikan satu-satuan nilai performansi agar didapat kriteria dan elemen apa saja yang mendapat prioritas perbaikan dan rekomendasi perbaikan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja Plaza Hotel Semarang.

Kata kunci : Performance Prism, AHP, OMAX, skor aktual

Article Metrics: