BibTex Citation Data :
@article{J@TI25254, author = {Astrid Wibowo}, title = {ANALISIS USABILITAS PADA APLIKASI MANDIRI ONLINE}, journal = {J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri}, volume = {15}, number = {1}, year = {2020}, keywords = {Evaluasi Heuristik; System Usability Scale; Usabilitas}, abstract = { Internet banking atau mobile banking adalah salah satu bentuk aplikasi yang berbasis internet yang dapat digunakan sebagai pintu gerbang menuju dunia perbankan masa depan. Dalam memberikan layanan, pihak bank tidak ingin mengecewakan nasabahnya karena aplikasi internet banking yang sulit digunakan sehingga mengakibatkan nasabah gagal dalam mencari informasi atau gagal melakukan aktivitas perbankan. Melihat pentingnya usabilitas sebuah aplikasi, maka dilakukan penelitian terhadap aplikasi Mandiri Online untuk mengetahui kelayakan dari aplikasi tersebut, mengidentifikasi permasalahan usabilitas, serta menyusun rekomendasi perbaikan. Aplikasi tersebut diuji menggunakan System Usability Scale (SUS) dan pendekatan heuristic evaluation dengan responden sebanyak 40 orang untuk metode SUS dan 5 evaluator dengan kriteria single-expert untuk pendekatan heuristic evaluation. Hasil pengujian aplikasi Mandiri Online dengan instrumen SUS adalah sebesar 79,6 yang berarti aplikasi Mandiri Online dinyatakan dapat diterima (acceptable), termasuk dalam grade B dengan rating good. Dari penelitian ini juga diketahui bahwa terdapat beberapa permasalahan usabilitas mayor yang harus segera diperbaiki dan harus diberi prioritas tinggi. Dalam menyelesaikan permasalahan tersebut membutuhkan beberapa usaha, seperti menambahkan fitur search untuk mencari nama bank, membuat pengelompokkan instansi pada menu multipayment, membuat atau menambahkan panduan penggunaan atau flowchart penggunaan Mandiri Online, dan menambahkan fitur help pada Mandiri Online. Abstract [Title: Usability Analysis of Mandiri Online Apllication] Internet banking or mobile banking is a form of internet-based application that can be used as a gateway to the future of banking. In providing services, banks won’t to let down their customers because of internet banking applications are difficult to use, resulting in failure to find information or fail to conduct banking activities. Seeing the importance of application usability, a study of Mandiri Online application was conducted to find out the appropriatness of the application, identify usability issues, and construct recommendations for application improvement. This application was tested using the System Usability Scale (SUS) and heuristic evaluation approach with 40 respondents for the SUS and 5 evaluators with single-expert criteria for the heuristic evaluation. The result of testing the Mandiri Online application with the SUS instrument amounted to 79,6 which means this application was declared acceptable, included in grade B, and with a good rating. From this study it is also known that there are some major usability problems that must be corrected immediately and must be given high priority. In solving these problems requires several efforts, such as adding search feature to search the bank’s name, creating agency groups on multipayment menu, creating or adding usage guidelines or flowcharts for using Mandiri Online, and adding help feature to Mandiri Online. Keywords: Heuristic Evaluation; System Usability Scale; Usability }, issn = {2502-1516}, pages = {11--19} doi = {10.14710/jati.15.1.11-19}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgti/article/view/25254} }
Refworks Citation Data :
Internet banking atau mobile banking adalah salah satu bentuk aplikasi yang berbasis internet yang dapat digunakan sebagai pintu gerbang menuju dunia perbankan masa depan. Dalam memberikan layanan, pihak bank tidak ingin mengecewakan nasabahnya karena aplikasi internet banking yang sulit digunakan sehingga mengakibatkan nasabah gagal dalam mencari informasi atau gagal melakukan aktivitas perbankan. Melihat pentingnya usabilitas sebuah aplikasi, maka dilakukan penelitian terhadap aplikasi Mandiri Online untuk mengetahui kelayakan dari aplikasi tersebut, mengidentifikasi permasalahan usabilitas, serta menyusun rekomendasi perbaikan. Aplikasi tersebut diuji menggunakan System Usability Scale (SUS) dan pendekatan heuristic evaluation dengan responden sebanyak 40 orang untuk metode SUS dan 5 evaluator dengan kriteria single-expert untuk pendekatan heuristic evaluation. Hasil pengujian aplikasi Mandiri Online dengan instrumen SUS adalah sebesar 79,6 yang berarti aplikasi Mandiri Online dinyatakan dapat diterima (acceptable), termasuk dalam grade B dengan rating good. Dari penelitian ini juga diketahui bahwa terdapat beberapa permasalahan usabilitas mayor yang harus segera diperbaiki dan harus diberi prioritas tinggi. Dalam menyelesaikan permasalahan tersebut membutuhkan beberapa usaha, seperti menambahkan fitur search untuk mencari nama bank, membuat pengelompokkan instansi pada menu multipayment, membuat atau menambahkan panduan penggunaan atau flowchart penggunaan Mandiri Online, dan menambahkan fitur help pada Mandiri Online.
Abstract
[Title: Usability Analysis of Mandiri Online Apllication] Internet banking or mobile banking is a form of internet-based application that can be used as a gateway to the future of banking. In providing services, banks won’t to let down their customers because of internet banking applications are difficult to use, resulting in failure to find information or fail to conduct banking activities. Seeing the importance of application usability, a study of Mandiri Online application was conducted to find out the appropriatness of the application, identify usability issues, and construct recommendations for application improvement. This application was tested using the System Usability Scale (SUS) and heuristic evaluation approach with 40 respondents for the SUS and 5 evaluators with single-expert criteria for the heuristic evaluation. The result of testing the Mandiri Online application with the SUS instrument amounted to 79,6 which means this application was declared acceptable, included in grade B, and with a good rating. From this study it is also known that there are some major usability problems that must be corrected immediately and must be given high priority. In solving these problems requires several efforts, such as adding search feature to search the bank’s name, creating agency groups on multipayment menu, creating or adding usage guidelines or flowcharts for using Mandiri Online, and adding help feature to Mandiri Online.
Keywords: Heuristic Evaluation; System Usability Scale; Usability
Article Metrics:
Last update:
Design of an Iot Based Automatic Lawn Vacuum & Leaf Bag Using Usability and Work Posture Method
Last update: 2024-11-24 07:03:03
Penulis yang mempublikasikan artikel pada jurnal J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri ini setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
View statistics of J@ti Undip:
Articles in J@ti Undip are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License