PENERAPAN ANALYTICAL NETWORK PROCESS (ANP) PADA SISTEM PENGUKURAN KINERJA DI KEBUN SIDAMANIK PEMATANG SIANTAR

*Juliza Hidayati  -  Industrial Engineering Departement Diponegoro University, Indonesia
Published: 31 Oct 2012.
Open Access
Citation Format:
Abstract

Kinerja merupakan kemampuan yang dimiliki dalam menerapkan strategi secara efektif untuk  memastikan tujuan yang ingin dicapai perusahaan dapat diwujudkan. Untuk mencapai tujuan yang diinginkan, perusahaan haruslah meningkatkan kinerja dari periode ke periode berikutnya. Kebun Sidamanik Pematang Siantar PTP Nusantara IV (Persero) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang industri yang menghasilkan teh yang dipasarkan di dalam negeri maupun luar negeri. Seiring dengan persaingan dalam dunia industri yang semakin ketat, Kebun  Sidamanik Pematang Siantar PTP IV (Persero) harus  berusaha untuk  meningkatkan kinerja perusahaan agar perusahaannya dapat bertahan. Untuk itu diperlukan sebuah pengukuran kinerja yang dapat mendukung perusahaan dalam meningkatkan kinerja tersebut. Maka diperlukan suatu pengukuran kinerja  yang lebih baik sehinga dapat diketahui maju mundurnya perusahaan tersebut. Pada penelitian ini, dilakukan pengukuran kinerja di Kebun Sidamanik Pematang Siantar PTP IV (Persero), untuk mengetahui besarnya (%) kinerja perusahaan, sehingga dapat dirumuskan kebijakan/strategi dalam mencapai tujuan perusahaan. Untuk mencapai tujuan perusahaan. Diperlukan strategi objektif dalam pengukuran kinerja. Balance Scorecard merupakan suatu kerangka kerja yang dibutuhkan untuk menurunkan strategi perusahaan. Pemecahan masalah dalam perhitungan besarnya kinerja (%) menggunakan metode Analytic  Network Procces (ANP). Metode ANP yaitu suatu metode pengukuran kinerja yang memperhatikan saling keterkaitan antara strategi objektif objektif yang satu dengan yang lain. Kebun Sidamanik Pematang Siantar PTP IV (Persero) memiliki empat perspektif yang masing-masing memiliki kinerja sebagai  berikut finansial (27.1%), pelanggan (46.4%), proses bisnis internal (9%) serta pertumbuhan dan pembelajaran (17.6%). Besarnya kinerja dari masing-masing strategi objektif di kebun Sidamanik Pematang Siantar  PTP Nusantara IV (Persero) yaitu bisnis growth (4.9%), profitabilitas (6.4%), solvabilitas (4.3%), biaya  operasional (5.5%), pendapatan operasi (4.7%), kepuasan pelanggan (6.8%), peningkatan jumlah  pelanggan (7.9%), karakteristik  produk (7.8%), kemajuan teknologi (4.1%), ramah lingkungan (5.9%), maintenance (5.8%), peningkatan K3 (5.6%), optimalisasi penjualan (4.5%), jumlah tenaga kerja ahli (3.6%), performance appraisal (6.2%), pelatihan  teknologi  informasi (4.7%), sistem informasi (7.4) dan inovasi (4%).

Kata kunci: petunjuk penulisan, persiapan makalah, prosiding, seminar.

 

Abstract

Performance is the capabilities to implement effective strategies to ensure corporate objectives are attained. To achieve the desired objectives, companies must improve the performance of the period to the next. Gardens Sidamanik Siantar PTP Nusantara IV (Limited) is one of the companies engaged in industries that produce tea which is marketed in the country and abroad. Along with the competition in the industry intensifies, Garden Sidamanik Siantar PTP IV (Limited) have attempted to improve the performance of the company so that the company can survive. It required a performance measurement which can support companies in improving performance. We need a better performance measurement can be determined so that reciprocation of the company. In this study, we measured the performance of the Garden Sidamanik Siantar PTP IV (Limited), to determine the amount (%) the performance of the company, so as to formulate policies / strategies to achieve company goals. To achieve its goals. Necessary objective in the performance measurement strategy. Balanced Scorecard is a framework that is needed to lower the corporate strategy. Solving problems in the calculation of the performance (%) using the Analytic Network Procces (ANP). ANP method is a method of performance measurement that regard the interplay between objective objective strategies with each other. Gardens Sidamanik Siantar PTP IV (Limited) has four perspectives each has the following financial performance (27.1%), customers (46.4%), internal business processes (9%) as well as growth and learning (17.6%). The magnitude of the performance of each objective in the garden Sidamanik strategy Siantar PTP Nusantara IV (Limited), namely business growth (4.9%), profitability (6.4%), solvency (4.3%), operating costs (5.5%), operating income (4.7 %), customer satisfaction (6.8%), an increase in the number of customers (7.9%), product characteristics (7.8%), technological advances (4.1%), green (5.9%), maintenance (5.8%), an increase in K3 (5.6% ), optimization of sales (4.5%), the number of skilled labor (3.6%), performance appraisal (6.2%), training, information technology (4.7%), information systems (7.4) and innovation (4%).

Keywords: writing instructions, preparation of papers, proceedings, seminar.

Article Metrics:

Last update: 2021-03-07 08:29:41

No citation recorded.

Last update: 2021-03-07 08:29:41

No citation recorded.